Wednesday, February 7, 2024

Resep Terong Lada Hitam, Masak Gampang Anti Ribet, Sat Set Langsung Hap

February 07, 2024 0

Resep terong lada hitam sat-set

Semenjak Kakak nikah akhir tahun 2023 lalu. Memasak jadi kegiatan yang namanya kata “malas” sering mampir menggoda ke dalam diri. Kayaknya tuh males aja masak yang dimakan buat sendiri. Meski katanya resep terong itu gampang banget. 

Waktu masih tinggal serumah, kan, ada alasan kenapa harus masak. Ya, buat sarapan, bekal ke kantor, dan untuk makan malam. Jadi masaknya ada semangat. Tapi untuk terong memang jarang banget jadi pilihan untuk dimasak. Secara kakak nggak suka sama jenis sayuran ini. 

Kalau sekarang situasi aku tuh, kayak lagu dangdutnya Caca Handika yang dirilis tahun 1996, judulnya Angka Satu. 

Masak, masak sendiri
Makan, makan sendiri
Cuci baju sendiri
Tidur pun sendiri


Dah cukup nyanyinya jangan diterusin. Sisa lirik lima bait lagi nggak sinkron dengan keadaanku.


Masak Sebagai Tanggung Jawab Pada Diri Sendiri

Jujur, pengennya sih, beli makan jadi di warteg, warung makan, atau beli lewat aplikasi ojek online, atau marketplace yang ada jasa jual beli makanan gitu.

Tapi kan, gak mungkin ya. Bisa-bisa jebol dah, kantong. Kalau sesekali mungkin oke-oke aja kali, ya.

Ya sudahlah, demi tanggung jawab pada diri sendiri agar tidak merepotkan Kakak dan suaminya, termasuk tetangga kiri-kanan. Maka masak menjadi hal wajib meski si "Malas” gencar memberondong diri mencegah aku ke dapur.

Jika nanti ada apa-apa sama tubuh, kalau repotnya sendirian mungkin oke-oke aja. Tapi kalau orang-orang terdekat khawatir. Itu namanya aku telah mengganggu keamanan hati mereka.

Baca Juga: Nasi Goreng Strawberry Kecap Manis ABC, Buat #SuamiIstriMasak yang Nggak Pake Lama

Masakan Sat-Set Jadi Andalan Nggak Perlu Lama-lama Di Dapur

Memasak terong ungu

Masak yang ringkas, termasuk bahan-bahan yang digunakan dan lama waktu memasak. Membuatku mencari ide masakan yang simple dan anti ribet.

Tidak perlu mengulek, nge-blender, atau menggunakan bumbu yang banyak. Cukup bumbu standar aja. Seperti bawang putih dan merah, cabai, gula, garam, kaldu, dan bumbu pendukung lainnya. Tergantung masakan yang akan dibuat.

Alasan malas menjadikan seseorang kreatif karena dia akan mencari cara agar proses memasak menjadi lebih mudah dengan resep hasil uji coba sendiri.

Bosan dengan bahan sayuran seperti tauge, wortel, buncis, sawi putih, atau jamur. Kali ini terong menjadi sasaran untuk diolah.

Jarang-jarang beli terong yang biasa dimasak menjadi balado atau lodeh. Mungkin dibuat lada hitam ada sensasi rasa tersendiri.

Tengak-tengok bumbu di lemari dapur, kemudian didapatlah dua sachet bumbu instan lada hitam di antara bumbu-bumbu sachet lainnya, yang akhirnya terlintas di pikiranku untuk membuat terong lada hitam. 

Kan cukup iris bumbu pendukung, pastinya aku nggak perlu lama-lama berdiri di dapur. Ya, nggak?

Baca Juga: Resep Garang Asem Ayam Tanpa Daun

Olahan Terong Ungu (Solanum melongena)

Mengolah terong ungu jadi enak dan unik

Kalau terong bulat agak kecil warna hijau, enak buat dilalap. Tapi kalau terong ungu yang bentuknya agak panjang. Biasa diolah untuk tumisan atau sayur lodeh. Ada juga terong hijau agak keputihan yang bentuknya sama seperti terong ungu.

Waktu beli terong ungu dua buah ukuran sedang di tukang sayur yang masuk ke dalam komplek rumah. Nggak tahu tuh, mau dibuat apa.

Biasa sih, aku menggunakan mesin pencari atau YouTube untuk referensi jenis masakannya.

Pilihan olahan terong ungu ternyata lumayan banyak. Mulai dari terong sambal penyet, tumis tahu terong, terong panggang saus teriyaki, terong sambal bawang, terong goreng tepung, pasta terong pedas, salad terong Korea, tumis terong, terong balado, terong saus tiram, terong sambal kemangi, steak terong, pizza terong mozarella, tumis udang terong, terong kecap, terong orak-arik telur, sayur kuning terong, sayur lodeh terong, pecel tempe terong, atau semur terong dan kentang.

Dari semua pilihan aneka olahan terong di atas. Seperti yang aku sebut sebelumnya, aku punya stok dua sachet bumbu instan lada hitam. Jadi, aku memutuskan untuk membuatnya.

Baca Juga: Resep Ayam Kuah Kecap Pedas Manis Bawang Bombai

Resep Terong Lada Hitam Ala Desi’s Corner

Nggak bisa disebut yang pertama juga, sih. Bisa aja ada yang pernah membuat resep terong lada hitam ini. Mungkin akunya yang kurang jauh berselancar di mesin pencarian google.

Tapi, hampir semua masakan kan, bumbunya yang digunakan juga seputar bamer (bawang merah), baput (bawang putih), cabai, garam, dan bumbu lainnya yang dibutuhkan sesuai masakan yang dibuat.

Jadi, resep terong lada hitam ini dijamin Sahabat Desi’s Corner bisa membuatnya juga. Apalagi menggunakan bumbu sachet-an yang tinggal pakai.

Nih, kayak gini cara membuat dan resep terong ungu dengan Saori Lada Hitam.

Baca Juga: Resep Masak Tumis Bunga Genjer Minim Bumbu dan Rempah

Resep Terong Lada Hitam

Enaknya olahan terong ungu

Bahan yang digunakan:

  • 2 buah Terong Ungu ukuran sedang
  • 5 siung Bawang Merah iris tipis 
  • 2 siung Bawang Putih ukuran besar atau sedang iris tipis
  • 5 buah Cabai merah keriting atau sesuai selera kalau yang suka pedas diiris serong tipis
  • 3 buah Cabai hijau diiris serong
  • 1 sdt Kaldu jamur
  • Secukupnya gula pasir
  • 2 sachet Saori lada hitam
  • Secukupnya maizena (aku pakai 2-3 sdm)
  • Minyak sayur untuk menggoreng dan menumis

Cara membuat:

  • Iris serong terong ketebalan sedang
  • Cuci bersih terong lalu rendam beberapa menit dengan air garam untuk menghilangkan kelebihan air dari terong dan mengurangi penyerapan minyak saat digoreng
  • Tiriskan terong, lalu beri taburi maizena. Aduk rata. Ingat ya, bukan dilumuri tapi cuma dilapis tipis-tipis aja
  • Goreng terong lalu angkat dan tiriskan
  • Panaskan minyak sayur secukupnya
  • Tumis bawang putih sampai wangi, masukkan bawang merah dan cabai. Tumis sebentar
  • Masukkan terong yang tadi disisihkan,aduk rata
  • Tambahkan Saori lada hitam, aduk rata kembali
  • Kaldu jamur dan gula pasir adalah optional. Bumbu lada hitamnya sudah cukup membawa rasa ke terongnya

Tidak perlu lama-lama dimasak karena terongnya sendiri sudah matang. Setelah tercampur rata, terong bisa diangkat dan pindahkan ke wadah. Siap disantap dengan nasi hangat

Aku kan belum lama pasang pacemaker. Nah, salah satu untuk menjaga jantung tetap sehat, ya, mengonsumsi terong ungu ini, yang mengandung senyawa flavonoid.

Dan qodarulloh setelah dipasang alat pacu jantung ini. Tekanan darahku kalau malam itu jadi agak tinggi, bisa 135/86-90. Eeeh, Alhamdulillah, terong ungu yang mengandung kalium ini bisa menstabilkan tekanan darahku. Yaitu dengan menyembangkan kadar natrium dalam tubuh.

Selain murah, gampang didapat, masaknya sat-set, manfaat terong ungu buat kesehatan tubuh juga lumayan oke.

Hmm, enaknya resep terong ungu apalagi ya yang bakal dicoba?

Friday, March 17, 2023

Terima Kasih Blogspedia Untuk Writing Challenge 15 Harinya

March 17, 2023 0


15 hari tantangan menulis


Ini adalah kali kedua aku mengikuti writing challenge 15 days yang diadakan oleh Blogspedia.

Cuma tahun lalu aku hanya bertahan dengan empat tulisan saja. Itu pun nggak urutan. Alasannya sih, klise. Mood.

Alasan Mengikuti Blogspedia 15 Days Writing Challenge

1. Menantang Diri Sendiri

Buatku menulis setiap hari itu butuh effort. Mulai dari mood, menyeimbangkan waktu dengan tugas-tugas domestik, mengurus kucing-kucing, termasuk main game, nonton drakor, dan intip media sosial yang sering kebablasan.

Buat seseorang yang bahagia banget kalau rebahan. Menulis kalau hati sedang mengajak. Maka menulis setiap hari itu membutuhkan hati yang kuat dan tahan godaan atau mental yang kuat.

"Jadilah tangguh sampai kamu menyelesaikan tugas. Tantang dirimu dan jangan pernah membatasi diri. Tetap rendah hati, penuh harapan, sabar, tetapi jangan pernah berhenti!" - Campbell-Green -

2. Mengembalikan Konsisten

Sebenarnya kegiatan menulis itu sudah kulakukan setiap hari. Karena memang aku adalah kontributor tetap di salah satu media online urbanjabar.com.

Cuma kalau blog jarang-jarang menulisnya. Beruntung aku bergabung dengan grup wa alumni Blogspedia.

Grup yang mewajibkan anggotanya harus menyetor minimal empat tulisan per bulan dan melaporkannya di form khusus.

Kalau kurang dari empat tulisan, maka akan dikeluarkan dari grup. Untuk masuk kembali ke dalam grup. Anggota tersebut harus membuat dan menyetor tulisan sebanyak empat tulisan.

Nah, bulan kemarin, Februari. Aku cuma posting dua buah tulisan. Itu berarti aku harus keluar dari grup.

Beruntung ada tantangan menulis dari Blogspedia. Sehingga menjadi alat untuk mengembalikan konsisten yang mulai redup.

"Agar perubahan benar-benar bernilai, perubahan itu harus bertahan lama dan konsisten." - Anthony Robbins

3. Rajin Membaca

Salah satu modal menulis adalah membaca. Tema yang berbeda selama 15 hari. Tidak semua kusukai dan kuasai.

Tapi namanya tantangan menulis, pastinya aku bakal ketemu dengan sesuatu yang mengharuskan aku keluar dari zona nyaman, dong.

Biasa kan, menulis tentang pengalaman sendiri. Atau tema keseharian yang ringan tanpa perlu berlama-lama riset.

Ya, palingan referensi bacaannya nggak lebih dari dua atau tiga artikel pendukung. Tapi, dengan mengikuti writing challenge 15 days Blogspedia. Aku harus membaca lebih dari yang biasa aku lalukan.

Secara tema-tema yang diberikan, ada beberapa yang kurang familiar dengan kehidupan sehari-hari dalam menulis.

Mau tidak mau, aku pun harus riset atau membaca bahan referensi lebih dari tiga artikel. Bahkan YouTube pun aku jadikan bahan referensi.

"Hidup yang berkaki kuat adalah hidup yang menyejarah. Namun bagaimana kita bisa tahu sejarah, jika kita tidak membaca? Hidup yang berkaki kuat adalah hidup yang tidak sempit dan berani menjelajah. Namun bagaimana kita tahu akan yang luas, dan inspirasi untuk penjelajahan, jika kita tidak membaca?" - Sindhunata

4. Disiplin Waktu

Terima kasih kepada Blogspedia untuk tantangan menulisnya. Sekarang aku punya waktu yang sama untuk menulis di setiap harinya.

Lewat magrib, aku sudah mulai menulis sampai menjelang tengah malam. Iya, kecepatan menulisku speednya masih 10 km/jam kalau naik motor.

Banyak jeda karena aku belum bisa menulis lama. Rasa jenuh sering mampir. Terlebih, aku suka menulis tapi sambil nonton tv untuk mengurangi jenuh dan lelah karena menulis panjang.

"Disiplin diri dimulai dengan penguasaan pikiran Anda. Jika Anda tidak mengendalikan apa yang Anda pikirkan, Anda tidak bisa mengendalikan apa yang Anda lakukan. Sederhananya, disiplin diri memungkinkan Anda untuk berpikir dulu dan bertindak sesudahnya." - Napoleon Hill

5. Hadiah

Kalau poin terakhir alasan aku mengikuti Blogspedia Writing Challenge 15 days adalah hadiah.

Bagiku hadiah terbesar yang sesungguhnya adalah ketika dapat menaklukkan diri menyelesaikan tantangan.

Jujur, untuk sampai dapat menulis tantangan terakhir hari ke-16 ini. Rasanya belum bisa kupercaya kalau akutuh sudah sampai digaris akhir.

Kepuasan batin dan kesenangan hati rasanya cukup untuk menebus 15 hariku yang susah payah harus aku lalui.

Bagiku, aku sudah menang.

Suka Duka Mengikuti Blogspedia 15 Days Writing Challenge: 

1. Kucing-kucing Sakit

Aku mempunyai 10 ekor kucing di dalam rumah dan 4 ekor di luar rumah yang aku beri makan.

Sebelum mengikuti tantangan menulis, 1 ekor anak kucing sudah kuberikan pada adik laki-lakiku.

Sisa di rumah berarti 6 ekor anak kucing dan 3 3 ekor kucing dewasa. Dua hari sebelum tantangan menulis dimulai. Dua ekor kucingku terserang panleu. Bahkan satu ekor kucing abu-abuku akhirnya mati akibat virus menular tersebut.

Ketika tantangan menulis sudah dimulai. Dua ekor kucingku yang lain tertular panleu. Akhirnya diputuskan untuk dirawat inap di klinik hewan. Demi menjaga kucing-kucing yang ada di rumah agar tidak tertular.


2. Kakak jatuh dari motor

Menjelang akhir tantangan menulis. Kakak jatuh dari motor ketika sedang dalam perjalanan menuju tempat kerjanya.

Fokus terbagi dan aku berusaha untuk menyelesaikan tantangan yang sudah aku perjuangkan selama 15 hari.

3. Kamar bocor

Minggu kedua tantangan, setiap hari hujan tiada henti selama dua Minggu. Bahkan komplek rumah Bapak Mertua kebanjiran.

Alhamdulillah aku cuma mengalami bocor saja di kamar aku dan kakak. Sekarang aku sedang dalam antrian tukang untuk memperbaiki bocor di kamar aku itu.

Disela-sela was-was takut eternit jebol dan ambruk ke bawah. Aku tetap menulis sambil sesekali memperhatikan langit-langit kamar. Serem juga, kan, lagi tidur tiba-tiba eternit ambruk.

4. Ketiduran

Risiko menulis setelah magrib ya, gitu. Harus melawan ngantuk yang selalu menyerang setiap saat.

Pernah aku ketika sedang cek duplicate artikel aku memejamkan mata. Rencana sih, sebentar saja sambil menunggu hasil cek artikel ku itu.

Tapi apa daya, kebablasan tidur. Untungnya masih ada waktu setengah jam. Jadi masih keburu untuk posting tulisan di IG dan setoran.

Pesan Untuk Blogspedia

Nggak banyak kata, cuma ada bukti dan saksi. Yaitu diriku sendiri. Aku adalah peserta Blogspedia Batch 1. Aku merasakan dampak luar biasa menjadi salah satu anggota yang berada di grup wa para alumnus Blogspedia.

Aku sih, kepenginnya writing challenge ini ada terus tahun depan. Selain mengayakan tulisan dengan berbagai tema. Juga menjaga kekonsistenan dalam menulis.

Kalau bisa sih, buat challenge lainnya lagi selain 15 hari. Hadiahnya bukan kelas di Blogspedia juga gak apa. Kayak pra sebelum masuk kelas Blogspedia gitu.

Mungkin cuma itu pesannya. Soalnya tim Blogspedia sekarang udah keren.


Semoga Blogapedia semakin besar dan berdampak luas sehingga regenerasi blogger semakin banyak. Aamiiin.

Thursday, March 16, 2023

3 Hal Tentang Cinta Dalam Pernikahan yang Diajarkan Nabi Muhammad S.A.W.

March 16, 2023 0



Nabi Muhammad s.a.w mengajarkan kita tentang arti cinta, kasih sayang dan ketenangan

Adalah sifat bawaan pria dan wanita untuk mencintai. Cinta adalah salah satu anugerah terindah dalam hidup yang diberikan Allah s.w.t. kepada hamba-hamba-Nya.

Nabi Adam as dan istrinya dikaruniai cinta satu sama lain. Memang, cinta adalah bagian integral dari keberadaan manusia.

Utusan terakhir yang diutus untuk umat manusia, Nabi Muhammad s.a.w. menunjukkan kepada kita bahwa hubungan suami istri yang ideal adalah yang berbuah cinta (mawaddah), rahmat (rahmah) dan ketenangan (sakinah).

Melalui kisah-kisah indah hubungan Nabi Muhammad dengan Khadijah r.a. dan Aisyah r.a., berbagai poin pembelajaran yang dapat dikontekstualisasikan dengan pasangan suami istri milenial saat ini dapat kita petik.

Dalam mempelajari kehidupan pernikahan Nabi Muhammad, berikut adalah 3 hal tentang cinta yang diajarkan beliau

1. Ketenangan, Baik Fisik dan Emosi

Rasulullah s.a.w. mungkin pernah hidup di dunia di mana patriarki mungkin menjadi norma.

Namun, dalam hubungannya dengan istri tercinta Khadijah r.a, kita mengetahui bahwa Nabi Muhammad s.a.w jauh dari bias patriarki.

Rasulullah s.a.w menunjukkan kepada kita bahwa pernikahan adalah hubungan yang didasarkan pada saling mencintai, percaya dan menghormati.

Beliau mengajarkan kepada kita bahwa pernikahan bukanlah di tangan laki-laki saja sebagai penentu segalanya sedangkan perempuan hanya ada untuk tunduk kepada laki-lakinya.

Sebaliknya, kita belajar bagaimana sebagai istri Rasulullah s.a.w, Khadijah r.a. adalah wanita yang mandiri dan berprestasi. Pernikahannya dengan Rasulullah s.a.w tidak menyurutkan semangat wirausahanya.

Dalam rumah tangganya, Khadijah r.a tidak sekadar berperan sebagai penghias Nabi s.a.w, tetapi ia berperan besar sebagai pendamping yang setara di mana suami istri saling melengkapi.

Setelah Rasulullah s.a.w menerima wahyu pertama, dimana beliau bertemu dengan Malaikat Jibril a.s di Jabal Nur (Gunung Cahaya), beliau pulang dengan tubuh menggigil.

Ia mencari selimut untuk menutupi tubuhnya. Khadijah r.a memberikannya selimut dan berusaha menenangkan suami tercintanya.

Saat itu, dia berpikir jernih dan mencoba memahami apa yang sedang dialami suaminya.

Setelah mengetahui apa yang terjadi, Khadijah r.a menanggapi suaminya dengan mencoba menghiburnya dan mengatasi kekhawatirannya.

Khadijah r.a meyakinkan suaminya bahwa dia adalah orang baik yang menjaga orang lain, berbicara kebenaran, membantu orang miskin dan memperlakukan tamunya dengan murah hati.

Dia yakin bahwa suaminya tidak akan ditinggalkan oleh Tuhan. Dalam hadits disebutkan bahwa Khadijah r.a. menjawab Rasulullah s.a.w.:

كَلاَّ أَبشِر فَوَاللَّهِ لَا يُخْزِيكَ اللَّهُ أَبَدًا، وَاللهِ إِنَّكَ لَتَصِلُ الرَّحِمَ، وَتَصدُق الحَدِيثَ وَتَحْمِلُ الْكَلَّ، وَتَكْسِبُ الْمَعْدُومَ، وَتَقْرِي الضَّيْفَ، وَتُعِينُ عَلَى نَوَائِبِ الْحَقِّ

"Tidak pernah! Bersukacitalah! Demi Allah, Allah tidak akan pernah mempermalukanmu. Demi Allah, Anda menjaga hubungan baik dengan orang lain, Anda mengatakan kebenaran, Anda memikul beban orang miskin dan membantu orang miskin, Anda melayani tamu Anda dengan murah hati dan membantu mereka yang tertimpa musibah.”

(Hadits riwayat Imam Muslim)


Dari kisah diatas dengan jelas memperlihatkan bagaimana Khadijah r.a memberikan ketenangan batin bagi suami tercintanya, Nabi s.a.w.

Dia meyakinkannya dengan menonjolkan kebajikannya dan mengingatkannya bahwa Allah tidak akan meninggalkan orang baik seperti dia.


Khadijah r.a berdiri di samping Nabi s.a.w dan memberinya jaminan bahwa dia dipilih untuk melakukan tugas suci ini sebagaimana dia dimaksudkan untuk itu dan itu adalah sesuatu yang dia persiapkan.


Rasulullah s.a.w. turut mendengarkan Khadijah r.a. Dia mengatur agar Nabi s.a.w bertemu dengan pamannya yang berpengetahuan luas dalam kitab suci Ilahi.

Khadijah r.a adalah seorang wanita bijak yang sangat rasional dan tenang dalam menghadapi situasi seperti itu. Ia berusaha memastikan bahwa ia ada untuk suami tercintanya dan berusaha memecahkan masalah yang dihadapinya.

Di sisi lain, Rasulullah s.a.w mengapresiasi dan mendengarkannya saat menghadapi situasi ini bersama sebagai suami istri.

Kisah Rasulullah s.a.w. dan Khadijah r.a. menunjukkan hubungan yang didasarkan pada saling cinta, kepercayaan dan rasa hormat.

Rasulullah s.a.w menganggap istrinya sebagai pasangan yang setara, dan dia selalu curhat padanya.

Dia percaya padanya dan dia sangat mencintainya. Lingkungan rumah mereka adalah tempat tinggal yang penuh ketenangan dan belas kasihan.

Sejalan dengan tujuan pernikahan dalam Islam, Allah s.w.t menyebutkan dalam surat Ar-Rum ayat 60:

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan salah satu tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untukmu pasangan-pasangan dari jenismu sendiri agar kamu merasa nyaman dengan mereka. Dan Dia telah menempatkan di antara kamu kasih sayang dan belas kasihan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berpikir.”
(Surah Ar-Rum, 20:30)


2. Memahami Ekspresi Verbal dan Non-Verbal

Rasulullah s.a.w. mengajarkan kita bahwa komunikasi adalah kunci untuk membangun hubungan yang harmonis.

Dia menunjukkan bahwa komunikasi adalah jalan dua arah. Suami tidak memiliki otoritas mutlak dalam pernikahan. Nabi s.a.w. menunjukkan bahwa seorang istri memiliki hak untuk mengungkapkan perasaan dan pandangannya.

Rasulullah s.a.w. selalu menjadi seseorang yang sangat memahami istrinya. Dia mendengarkan Aisyah r.a. dan dapat memperhatikan kapanpun istrinya marah karena dia sangat memperhatikan sinyal verbal dan non-verbal istrinya.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a., Rasulullah s.a.w bersabda,


"إِنِّي لَأَعْرِفُ غَضَبَكِ وَرِضَاكِ" قَالَتْ قُلْتُ وَكَيْفَ تَعْرِفُ ذَاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ, قَالَ "إِنَّكِ إِذَا كُنْتِ رَاضِيَةً قُلْتِ بَلَى وَرَبِّ مُحَمَّدٍ وَإِذَا كُنْتِ سَاخِطَةً قُلْتِ لَا وَرَبِّ إِبْرَاهِيمَ" قَالَتْ قُلْتُ أَجَلْ لَسْتُ أُهَاجِرُ إِلَّا اسْمَكَ

“Memang, saya tahu kapan Anda marah atau senang dengan saya. Saya (Aisyah r.a) berkata, “Bagaimana Anda tahu itu ya Rasulullah?” Nabi berkata, “Sesungguhnya, ketika kamu senang, kamu berkata: Ya, demi Tuhan Muhammad! Tetapi ketika kamu marah, kamu berkata: Tidak, demi Tuhan Ibrahim!” Saya (Aisyah r.a) berkata, “Ya, saya tidak meninggalkan apapun selain namamu.” (Riwayat Imam Bukhari)

Sesungguhnya Rasulullah s.a.w. sangat mengerti perasaan Aisyah. Dia memiliki ruang untuk mengekspresikan emosinya, apakah dia bahagia atau tidak.

Untuk seorang istri Nabi, Aisyah r.a. kadang-kadang mengungkapkan kemarahan dan kegelisahannya. Lagipula, sudah menjadi sifat manusia untuk memiliki perasaan.


3. Bahasa Cinta Rasulullah s.a.w

Rasulullah s.a.w senang mengungkapkan rasa cintanya kepada istrinya dan hal itu dilakukan terus menerus sepanjang pernikahannya.

Dengan Aisyah r.a, dia memanggilnya dengan nama cantik Humayrah (yang Kemerahan) untuk memuji beberapa fitur wajahnya yang berwarna kemerahan, yang sangat disukainya.

Dia tidak pernah pelit dengan sikap cinta dan kelembutannya. Misalnya, dia akan minum dari tempat yang sama di cangkir tempat Aisyah r.a. meneguk air. Lalu Aisyah istri Nabi Muhammad minum dari cangkir yang sama

Rasulullah s.a.w. bersabda:

كنتُ أشربُ منَ القدَحِ وأنا حائضٌ فأناولُهُ النَّبيَّ فيضعُ فاهُ على موضعِ فيَّ فيشربُ منْهُ وأتعرَّقُ منَ العرقِ وأنا حائضٌ فأناولَهُ النَّبيَّ فيضعُ فاهُ على موضعِ فيَّ

Saya biasa meneguk dari cangkir, pada saat saya dalam keadaan haid. Saya kemudian memberikannya kepada Nabi di mana dia akan meletakkan bibirnya di tempat saya meletakkan bibir saya dan meminumnya. Saya juga akan menggigit tulang di mana masih ada daging yang tersisa. Saya kemudian memberikannya kepada Nabi s.a.w dan dia kembali akan meletakkan bibirnya di tempat saya meninggalkan bibir saya (Hadith by Imam An-Nasa’i)

Rasulullah s.a.w akan selalu mencari cara untuk menenangkan Aisyah r.a. dari cintanya yang mendalam terhadapnya.

Nabi s.a.w menunjukkan bahwa cinta perlu dipupuk dan terus bersemi di antara suami istri. Dibutuhkan dua orang untuk membuat pernikahan berhasil dan oleh karena itu, komitmen dan dedikasi antara suami dan istri adalah penting.

Nabi s.a.w. menunjukkan bahwa penting bagi sebuah hubungan pernikahan untuk memiliki keintiman, gairah dan komitmen.

Dalam membahas komitmen, Nabi Muhammad s.a.w tidak hanya mengandalkan Aisyah r.a. untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Kita tahu dari Sirah (Sejarah Nabi) bahwa Nabi Muhammad s.a.w akan memperbaiki sendiri barang-barangnya seperti menjahit pakaiannya.

Dia melakukan bagiannya dari tuntutan rumah tangga dan bukan suami yang menuntut. Aisyah r.a menjelaskan dalam sebuah hadits:

مَا كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم يَصْنَعُ فِي بَيْتِهِ قَالَتْ كَانَ يَكُونُ فِي مِهْنَةِ أَهْلِهِ ـ تَعْنِي خِدْمَةَ أَهْلِهِ ـ فَإِذَا حَضَرَتِ الصَّلاَةُ خَرَجَ إِلَى الصَّلاَةِ

"Apa yang biasa dilakukan Nabi s.a.w di rumahnya?" Wanita itu menjawab, "Dia biasa menyibukkan diri melayani keluarganya dan ketika tiba waktu sholat, dia akan melakukannya." (Hadith by Imam Bukhari)

Bagi pasangan milenial masa kini, banyak hal yang bisa dipelajari di sini. Memang, pekerjaan rumah tangga tidak secara default menjadi tugas atau peran perempuan.

Pembagian tugas rumah tangga tunduk pada kesepakatan antara suami dan istri.

Dari kisah Rasulullah s.a.w, kita belajar bahwa perempuan bukanlah pelindung dapur secara de facto. Mengidentifikasi kebutuhan dan menegosiasikan tugas penting dalam membuat hubungan berjalan berdasarkan konteks yang berbeda dari setiap pasangan.

Rasulullah s.a.w. membekali kami dengan keteladanan dalam membangun pernikahan atas dasar cinta, kasih sayang dan ketentraman.

Cintanya pada Aisyah r.a. kuat dan cintanya kepada Rasulullah s.a.w sangat dalam. Sebagai pecinta Rasulullah s.a.w sudah selayaknya kita meneladani sifat-sifat beliau yang indah. Rasulullah s.a.w. berkata:

“Yang terbaik di antara kamu adalah yang terbaik terhadap keluarganya, dan aku adalah yang terbaik dari kamu terhadap keluargaku.”

Hadits Imam Tirmidzi)

Semoga Allah s.w.t menempatkan kita di antara orang-orang yang akan dikaruniai cinta Rasulullah s.a.w. dan berada di antara mereka yang mengikuti jejaknya dalam memperlakukan pasangan kita dengan penuh cinta dan hormat.

Semoga Allah s.w.t menanamkan dalam hati kita cinta yang tulus dalam mencintai sesama, dan menjadikan kita termasuk orang-orang yang benar dalam ketundukan kita kepada Sang Penguasa Hati, Amin.

Wednesday, March 15, 2023

5 Cara Blogger Mendukung Sustainability

March 15, 2023 0


5 cara blogger mendukung suistainablity


Aku sih, jarang menggunakan kata sustainability. Tapi setelah baca beberapa artikel kayaknya aku ada mempraktikkan istilah sustainability ini, deh.

Apa sih, Sustainability?

Sustainability artinya keberlanjutan. Biasa digunakan untuk sebuah program, inisiatif, dan tindakan yang ditujukan untuk pelestarian sumber daya tertentu.

Namun, sebenarnya sustainability itu mengacu pada empat bidang yang berbeda: manusia, sosial, ekonomi dan lingkungan – atau dikenal sebagai empat pilar keberlanjutan.

Empat Pilar Sustainability:

1. Keberlanjutan manusia

Keberlanjutan manusia bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan modal manusia dalam masyarakat.

Investasi sistem kesehatan dan pendidikan, akses ke layanan, nutrisi, pengetahuan dan keterampilan merupakan semua program di bawah payung keberlanjutan manusia.

Sumber daya alam dan ruang yang tersedia terbatas dan ada kebutuhan untuk menyeimbangkan pertumbuhan berkelanjutan dengan peningkatan kesehatan dan pencapaian kesejahteraan ekonomi bagi semua orang.

Keberlanjutan manusia berfokus pada pentingnya siapa pun yang secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam pembuatan produk, atau penyediaan layanan atau pemangku kepentingan yang lebih luas (modal manusia organisasi) (Benn et al., 2014).

Keberlanjutan manusia mencakup pengembangan keterampilan dan kapasitas manusia untuk mendukung fungsi dan keberlanjutan organisasi dan untuk mempromosikan kesejahteraan komunitas dan masyarakat.

2. Keberlanjutan sosial

Keberlanjutan sosial bertujuan untuk melestarikan modal sosial dengan berinvestasi dan menciptakan layanan yang merupakan kerangka masyarakat kita.

Konsep ini mengakomodasi pandangan dunia yang lebih besar dalam kaitannya dengan komunitas, budaya, dan globalisasi.

Itu berarti melestarikan generasi mendatang dan mengakui bahwa apa yang kita lakukan dapat berdampak pada orang lain dan dunia.

Keberlanjutan sosial berfokus pada menjaga dan meningkatkan kualitas sosial dengan konsep-konsep seperti kohesi, timbal balik dan kejujuran serta pentingnya hubungan antar manusia.

Ini dapat didorong dan didukung oleh undang-undang, informasi, dan gagasan bersama tentang kesetaraan dan hak.

Keberlanjutan sosial menggabungkan gagasan pembangunan berkelanjutan sebagaimana didefinisikan oleh tujuan pembangunan berkelanjutan PBB.

Prinsip pembangunan berkelanjutan membahas peningkatan sosial dan ekonomi yang melindungi lingkungan dan mendukung kesetaraan, dan oleh karena itu ekonomi dan masyarakat serta sistem ekologi saling bergantung (Diesendorf, 2000).

3. Keberlanjutan ekonomi

Sustainability atau keberlanjutan ekonomi bertujuan untuk menjaga keutuhan modal. Jika keberlanjutan sosial berfokus pada peningkatan kesetaraan sosial, keberlanjutan ekonomi bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup. Dalam konteks bisnis, ini mengacu pada penggunaan aset yang efisien untuk mempertahankan profitabilitas perusahaan dari waktu ke waktu. Sebagaimana dinyatakan oleh Pemerintah Inggris (Laporan Tahunan 2000, Januari 2001):

“Mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan stabil merupakan salah satu tujuan utama pembangunan berkelanjutan. Meninggalkan pertumbuhan ekonomi bukanlah pilihan. Tetapi pembangunan berkelanjutan lebih dari sekedar pertumbuhan ekonomi. Kualitas pertumbuhan sama pentingnya dengan kuantitas.”

Kritik terhadap model ini mengakui bahwa kesenjangan besar dalam praktik akuntansi modern tidak termasuk biaya kerusakan bumi dalam harga pasar (Hawking, 2010).

Pendekatan ekonomi yang lebih baru mengakui penggabungan terbatas komponen ekologi dan sosial dalam model ini. Ekonomi baru mencakup modal alam (sistem ekologi) dan modal sosial (hubungan antar manusia) dan menantang mantra modal bahwa pertumbuhan berkelanjutan itu baik dan lebih besar lebih baik, jika berisiko menyebabkan kerusakan pada sistem ekologi dan manusia (Benn et al. ., 2014)

4. Ketahanan lingkungan

Kelestarian lingkungan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia melalui perlindungan modal alam (misalnya tanah, udara, air, mineral, dll.).

Inisiatif dan program didefinisikan berkelanjutan secara lingkungan ketika memastikan bahwa kebutuhan penduduk terpenuhi tanpa risiko mengorbankan kebutuhan generasi mendatang.

Kelestarian lingkungan, seperti yang dijelaskan oleh Dunphy, Benveniste, Griffiths dan Sutton (2000), menekankan pada bagaimana bisnis dapat mencapai hasil ekonomi yang positif tanpa merugikan, dalam jangka pendek atau jangka panjang, terhadap lingkungan.

Menurut Dunphy et al. (2000) bisnis yang ramah lingkungan berusaha untuk mengintegrasikan keempat pilar keberlanjutan, dan untuk mencapai tujuan ini masing-masing harus diperlakukan sama.

Cara Blogger Mendukung Sustainability

Aku sebagai blogger wannabe juga mempunyai cara menjaga keberlanjutan selama nafas dikandung badan.

Dengan mengacu kepada empat pilar sustainability yang telah disebutkan diatas.

Berikut adalah 3 Cara Blogger Mendukung Sustainability versi Desi's Corner:

1. Mengkampanyekan Sustainability

Menggaungkan, mengingatkan, atau memberi pemahaman tentang arti sustainability.

Bagaimana cara aku mengkampanyekan sustainability? Ya, lewat menulis di blog seperti sekarang ini, yang kemudian aku pasang di feed Instagram. Agar menjangkau lebih banyak orang yang mengerti betapa pentingnya perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

2. Memberi contoh

Pada 12 Maret 2023 lalu. Aku menghadiri arisan RT yang diadakan satu bulan sekali di setiap Minggu pertama atau kedua di awal bulan.

Bukan sekadar kocok arisan, makan Snack sore, atau haha-hihi. Tapi Ketua Penggerak Perempuanku komplek rumah. Selalu mendatangkan narasumber yang juga merupakan warga komplek.

Nah, di arisan Bulan Maret ini. Kami para peserta arisan yang berkumpul di Balai Warga. Kedatangan Narasumber yang bergerak di bidang recycle paper menjadi paper bag.

Dengan upah Rp 100/paper bag dan harga jual Rp 400/pcs. Aku pun minta bergabung untuk menjadi salah satu anggota yang bertugas melipat lembaran karton menjadi paper bag.

Ini bukan sembarang paper bag. Tapi bahannya memang dibuat dari kertas bekas. Lalu diolah kembali menjadi barang berguna ramah lingkungan karena bahannya mudah melebur di tanah.

3. Memberi Ide Kreatif Dan Memiliki Nilai Ekonomis

3R (Reduce, Reuse, Recycle) dengan barang-barang yang kita punya. Sustainability atas barang-barang tersebut ketika mereka tidak dapat digunakan kembali padahal masih berguna jika diolah kembali.

Membutuhkan kreativitas dan kesabaran dalam menemukan dan membuat sesuatu dari barang yang tidak terpakai lagi. Seperti karung beras yang berbahan plastik, kemudian aku jadikan tas belanja. Daster bolong selain dijadikan kesetan atau lap. Bisa juga dijadikan scrunchie.

4. Memanfaatkan Limbah Dapur Sebisa Mungkin

Sebagai seorang blogger, aku juga bisa menularkan apa yang kulakukan demi menjaga sustainability alam.

Seperti menampung air cucian beras yang lalu kugunakan untuk menyiram tanaman. Teh celup, cangkang telur, bisa dijadikan penyubur tanah. Minyak sayur yang kumpulkan kuserahkan pada komunitas yang mengolah limbah minyak goreng ini.

5. Mengajak Teman, Tetangga, Anak, Adik,

dan sekitar untuk melakukan sustainability dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari yang terkecil. Misalnya, membawa botol minum sendiri, belanja atau jajan dengan membawa tas belanja atau kotak makan. Jadi tidak perlu dibungkus plastik.


Itulah cara aku sebagai blogger dalam mendukung sustainability. Mungkin kalau dipikirkan lebih lama. Bisa melebihi lima poin diatas


Kalau Sahabat Desi's Corner, apa saja yang sudah dilakukan untuk menjaga sustainability? .







Tuesday, March 14, 2023

10 Cara Melestarikan Kehidupan Bawah Laut

March 14, 2023 0

10 cara melestarikan alam bawah laut

Sebagian besar bumi ditutupi oleh 71% air atau laut. Di laut banyak terdapat spesies dan ekosistem kunci yang membuat planet kita terus berjalan.

Setiap makhluk dan benda di bumi bergantung pada lautan untuk bertahan hidup. Sayangnya, lautan dalam bahaya akibat hal-hal seperti perubahan iklim, penangkapan ikan berlebihan, dan polusi.

Seram, kan seandainya kerusakan laut terus berlanjut? Padahal, kalau satu orang saja sadar dan melakukan aksi kecil. Pasti laut akan selamat.

Selama kita semua melakukan bagian kita untuk kelestarian laut, kita akan menuju laut dan planet yang lebih sehat.

Berikut adalah cara melestarikan alam bawah laut:

1. Kurangi Jejak Karbon

Tahu dong, 3 R (Reduce, Reuse, Recycle)? Dengan melakukan 3R, kita dapat membantu mengelola limbah dengan cara yang berkelanjutan.

Seperti tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai, atau produk kertas apa pun. Pilihlah produk yang memiliki kemasan yang dapat digunakan kembali.

Dengan begitu, akan ada lebih sedikit barang yang harus dibuang ke TPA, dan pada akhirnya berarti ada lebih sedikit sampah.

Jejak karbon disini termasuk menggunakan transportasi umum dibanding bawa kendaraan sendiri. Mematikan peralatan apapun saat tidak digunakan, menggunakan pengaturan termostat yang lebih rendah, dan menggunakan bola lampu neon yang ramah lingkungan di rumah.

2. Penggunaan Air Berkelanjutan

Air sangat berharga, dan kita harus mencoba menghindari penggunaan air secara berlebih alias gunakanlah seperlunya.

Kalau aku biasanya, akan mematikan keran kalau tidak dipakai. Bahkan, air cucian beras, sayuran, air bilasan mencuci, aku gunakan kembali untuk menyiram tanaman atau membersihkan lantai setelah mencuci.

3. Batasi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Mengurangi jumlah plastik sekali pakai yang kita gunakan adalah cara yang bagus untuk memulai hidup yang lebih berkelanjutan.

Pernah aku melihat berita, gimana seekor penyu besar hidungnya kemasukan sedotan plastik. Belum lagi sirip ikan yang tersangkut kantong plastik.

Lautan penuh dengan plastik, dan itu masalah nyata. Ribuan hewan mati setiap tahun karena plastik yang dibuang, entah itu karena mereka menelan plastik atau karena terjerat di dalamnya.

Dengan membawa botol air minum sendiri. Selain hemat, juga ikut andil dalam pelestarian alam bawah laut.

3. Beli Produk Ramah Laut

Jujur, aku belum memperhatikan saat membeli produk untuk memeriksa apakah produk tersebut dibuat ramah laut.

Seperti misalnya, tabir Surya tertentu yang mungkin mengandung bahan berbahaya yang tidak baik untuk kehidupan laut atau ekosistem laut.

Hal-hal seperti mikroplastik dari berbagai barang seperti sabun mandi, pakaian, dan pasta gigi dapat masuk ke laut melalui air limbah yang kita pakai.

4. Ingat Terumbu Karang

Pastikan saat kita mengunjungi terumbu karang bahwa kita bertanggung jawab dan aman saat snorkeling.

Pastikan kita tidak menyentuh karang apapun saat menyelam, dan pastikan juga kalau kita tidak melabuhkan perahu kita di karang.

Seandainya saja kita menyentuh karang, mungkin saja kita akan merusak hewan karang, dan jangkar dapat membunuh mereka.

Jika memungkinkan, parkirlah perahu menggunakan dasar berpasir atau gunakan tambatan jika memungkinkan.

5. Pertimbangkan Metode Perjalanan

Kalau Sahabat merencanakan perjalanan lalu menggunakan jasa perjalanan yang berkomitmen untuk melindungi satwa liar di lautan. Selamat, itu tandanya Sahabat sudah ikut andil dalam pelestarian laut.

6. Jadilah Pemilik Hewan Peliharaan yang Bertanggung Jawab

Aku mempunyai peliharaan beberapa ekor kucing. Dan aku tidak membuang kotorannya di toilet. Tapi membungkusnya menggunakan plastik bekas makanannya.

Jika kotoran kucing dibuang ke toilet. Maka kotoran itu dapat masuk ke laut bersama sisa air limbah tersebut.


7. Konsumsi Kehidupan Laut yang Berkelanjutan

Memahami cara mengonsumsi kehidupan laut secara berkelanjutan adalah langkah pertama untuk memastikan bahwa kita melindungi makhluk di laut.

Itu sering dimulai dengan penangkapan ikan yang berkelanjutan dan pemilihan produk dari nelayan yang mempraktikkan penangkapan ikan yang berkelanjutan.

Penangkapan ikan yang berkelanjutan dirancang untuk memastikan bahwa akan ada banyak satwa liar laut yang masih tersisa di masa depan.

Penangkapan ikan berkelanjutan memiliki sejumlah keunggulan. Keuntungan yang paling jelas adalah penangkapan ikan yang berkelanjutan membantu melindungi kehidupan laut dengan mencegah penangkapan ikan berlebihan.

Penangkapan ikan yang berkelanjutan memiliki metode khusus untuk memastikan tidak ada hewan yang dirugikan, dan juga tidak ada limbah. Ini juga menghasilkan lebih sedikit limbah.

8. Buang Sampah di Dekat Pantai

Buat Sahabat yang suka pergi ke pantai. Buanglah sampah pada tempatnya bukan ke pantai. Bahkan kalau bisa, seandainya dijumpai sampah. Ambil lalu buat pada tempatnya.

9. Bergabunglah dengan Para Relawan Pembersihan Pantai

Berpartisipasi dalam pembersihan pantai atau sungai dapat sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa lautan kita tetap bagus dan bersih.

Banyak sekarang aku lihat anak-anak milenial menjadikan kegiatan membersihkan sungai dan lingkungan sekitar dijadikan konten media sosial.

Nah, Sahabat bisa ikut bergabung dengan komunitas pembersihan pantai. Dan itu berarti Sahabat sudah ikut andil dalam pelestarian alam bawah laut.

10. Menambah Ilmu Pengetahuan Tentang Pelestarian Laut

Semakin banyak informasi yang kita ketahui tentang lautan, semakin banyak perubahan yang dapat kita lakukan.

Kita hidup di era informasi, jadi ada banyak pilihan bagaimana mendidik diri sendiri tentang kehidupan laut dan lautan atau pelestarian laut.

Misalnya, melihat situs web dokumenter dan konservasi satwa liar, buku, pameran seni, museum, dan banyak lagi.

Kalau aku suka nonton channel geographic atau wild animal untuk mengedukasi diri.

Kesimpulan

Sebagai manusia yang hidup dan menikmati keajaiban bumi, kita memiliki kewajiban untuk melindunginya.

Bukan hanya untuk diri kita hari ini, tetapi juga untuk generasi mendatang, dan untuk makhluk lain yang ada di sekitar kita.

Seperti yang telah dibahas atas bahwa lautan bertanggung jawab atas sebagian besar kehidupan kita sehari-hari, kita harus melindunginya.

Dengan cara seperti apa? Sahabat bisa memulainya dengan mengambil tindakan kecil, seperti mengubah cara menggunakan utilitas, menggunakan lebih sedikit plastik sekali pakai jika memungkinkan, dan umumnya menggunakan lebih sedikit sumber daya yang sudah terbatas.

Pada skala yang lebih besar dan lebih langsung, Sahabat juga dapat membantu upaya penyelamatan laut secara langsung.

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal seperti membeli hasil laut yang berasal dari sumber yang berkelanjutan, menghindari spesies yang terancam punah, mengadakan pembersihan pantai atau sekadar mendukung organisasi penyelamatan laut.

Dengan bekal pengetahuan yang benar dan upaya bersama yang besar, kita semua mampu membuat planet kita menjadi tempat yang lebih baik untuk masa depan. Satu kebiasaan atau tindakan benar-benar dapat membuat perbedaan.

Monday, March 13, 2023

Apa Itu Diabetes Tipe 1 yang Diidap Pada Anak-anak?

March 13, 2023 0



Diabetes-anak-Ibu


Diabetes adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat membuat cukup insulin, atau tidak dapat menggunakan insulin secara normal.

Diabetes tipe 1 adalah gangguan autoimun. Sistem kekebalan tubuh merusak sel-sel di pankreas yang membuat insulin.

Insulin adalah hormon yang membantu gula (glukosa) dalam darah masuk ke sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai bahan bakar.

Ketika glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel, maka akan menumpuk di dalam darah. Ini disebut gula darah tinggi (hiperglikemia).

Gula darah tinggi dapat menyebabkan masalah pada tubuh. Seperti merusak pembuluh darah dan saraf. Juga bisa membahayakan mata, ginjal, dan jantung.

Anak yang Bagaimana yang Berisiko Mengidap Diabetes Tipe 1

Anak dikatakan berisiko mengidap diabetes tipe 1 jika anak mempunyai beberapa faktor berikut:

  • Keturunan/faktor genetik
  • Faktor geografi seperti berasal dari Finlandia atau Sardinia
  • Terdeteksi ketika anak berusia 4-6 tahun atau 10-14 tahun

Apa Gejala Diabetes Tipe 1 Pada Anak?

Diabetes tipe 1 sering muncul secara tiba-tiba. Pada anak-anak, gejala diabetes tipe 1 mungkin seperti gejala flu. Gejala dapat terjadi sedikit berbeda pada setiap anak. Seperti:

  • Tingginya kadar glukosa dalam darah dan urin saat diuji
  • Rasa haus yang tidak biasa
  • Dehidrasi
  • Sering buang air kecil (bayi mungkin perlu lebih banyak mengganti popok, atau anak yang sudah terbiasa ke toilet mungkin mulai mengompol 
  • Kelaparan ekstrim tapi berat badan turun
  • Kehilangan nafsu makan pada anak kecil
  • Penglihatan kabur
  • Mual dan munta
  • Sakit perut (perut)
  • Lemah dan kelelahan
  • Iritabilitas dan perubahan suasana hati
  • Ruam popok serius yang membaik dengan pengobatan
  • Napas cepat 
  • Infeksi jamur pada anak perempuan
Selain diatas, gejala diabetes tipe 1 bisa dilihat oleh orang tua jika mendapati gejala penyakit yang tidak biasa terjadi pada anak.

Lebih baik orang tua pastikan kondisi anak untuk menemui tenaga kesehatan seperti di Puskesmas, klinik, atau rumah sakit

Bagaimana Anak Didiagnosa Mengidap Diabetes Tipe?

Penyedia layanan kesehatan akan bertanya tentang gejala dan riwayat kesehatan anak. Dia mungkin juga bertanya tentang riwayat kesehatan keluarga.

Layanan kesehatan akan melakukan pemeriksaan fisik. Seperti tes darah:

Glukosa plasma puasa. Darah diuji setelah setidaknya 8 jam tidak makan.

Glukosa plasma acak. Darah diuji bila ada gejala peningkatan rasa haus, buang air kecil, dan lapar.

Bagaimana Cara Merawat Anak yang Mengidap Diabetes Tipe 1?

Anak-anak dengan diabetes tipe 1 harus mendapat suntikan insulin setiap hari untuk menjaga kadar glukosa darah dalam kisaran normal.

Insulin diberikan baik melalui suntikan atau pompa insulin. Penyedia layanan kesehatan anak akan menunjukkan cara memberikan insulin kepada anak dengan kedua metode tersebut.

Perawatan juga akan mencakup:

  • Makan makanan yang tepat untuk mengelola kadar glukosa darah. Ini termasuk mengatur waktu makan dan menghitung karbohidrat.
  • Olahraga, untuk menurunkan gula darah
  • Tes darah rutin untuk memeriksa kadar glukosa darah
  • Tes urin rutin untuk memeriksa kadar keto

Apa Kemungkinan Komplikasi yang Dialami Pada Anak Diabetes tipe 1?


Diabetes tipe 1 dapat menyebabkan:
  • Ketoasidosis
Yaitu saat kadar gula darah sangat tinggi dan tubuh mulai membuat keton. Ini adalah kondisi yang sangat serius yang perlu segera dirawat di rumah sakit, bahkan terkadang dirawat di ruangan intensif. Jika anak tidak segera diobati, mereka berisiko mengalami koma diabetes.

Seorang anak dengan koma diabetes kehilangan kesadaran karena pembengkakan otak. Otak membengkak karena kadar gula darah yang sangat tinggi.
  • Gula darah rendah (hipoglikemia)
Ini juga terkadang disebut reaksi insulin. Ini terjadi ketika glukosa darah turun terlalu rendah. Penyedia layanan kesehatan anak akan memberitahu orang tua cara menghindari masalah ini.

Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah. Menyeimbangkan insulin, pola makan, dan aktivitas dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran target dan membantu mencegah komplikasi seperti:

Masalah mata
Penyakit ginjal
Kerusakan saraf
Masalah gigi dan gusi
Masalah kulit dan kaki
Penyakit jantung dan pembuluh darah

Bagaimana Cara Orang Tua Membantu Anak yang hidup Dengan Diabetes Tipe 1?

Diagnosis diabetes tipe 1 bisa membuat anak stres. Termasuk orang tua. Anak-anak yang mengidap diabetes tipe 1 mungkin tidak memahami adanya perubahan gaya dan pola hidup. Seperti pemantauan glukosa dan suntikan insulin. Seorang anak mungkin merasa:

  • Seolah-olah dia sedang dihukum
  • Bersalah
  • Takut akan kematian
  • Marah terhadap orang tua

Pada kondisi ini orang tua dapat membantu anak dengan memperlakukannya sebagai anak normal biasa. Tapi tetap memperhatikan diabetes yang diidap anak.

Atau bisa juga ikut komunitas orang tua yang mempunyai anak diabetes. Sehingga bisa bertukar pikiran selain dengan pihak kesehatan.

Kapan Orang Tua Harus Menghubungi Penyedia Layanan Kesehatan Terkait Anak Pengidap Diabetes?

Hubungi tim kesehatan jika anak memerlukan bantuan. Hubungi juga tim kesehatan jika anak mempunyai tanda berikut:

  • Memiliki gejala baru
  • Sering memiliki kadar glukosa darah yang tinggi
  • Sering mengalami hipoglikemia

Poin Kunci Tentang Diabetes Tipe 1 Pada Anak

Diabetes tipe 1 adalah kondisi jangka panjang (kronis). Itu bisa dimulai pada usia berapa pun. Hanya 5% penderita diabetes yang memiliki tipe 1.

Diabetes tipe 1 adalah suatu kondisi di mana kadar glukosa darah tinggi secara tidak normal.

Hal ini paling sering disebabkan oleh gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin.

Anak-anak dengan diabetes tipe 1 harus mendapat suntikan insulin setiap hari untuk menjaga kadar glukosa darah dalam kisaran normal. Tanpa insulin, kadar glukosa darah terus meningkat dan kematian akan terjadi.

Dengan pemberian insulin, dan aktivitas manajemen lainnya, anak-anak dengan diabetes tipe 1 dapat hidup aktif dan sehat.

Sunday, March 12, 2023

Sejarah Transportasi Di Indonesia Dimulai Pada Tahun 1893

March 12, 2023 0




Kalau sejarah transportasi dunia mungkin terlalu luas untuk dibahas. Sedangkan aku penasaran dengan sejarah transportasi di Indonesia, negara kita.

Duh, nggak pernah terbayang deh, kalau kita tidak mempunyai kendaraan seperti sekarang yang bertebaran di jalan raya?

Meski itu hanya sepeda yang dikayuh. Tetap saja mempermudah kita untuk mencapai suatu tempat atau tujuan.

Sejarah Transportasi di Indonesia

1. Kendaraan bermotor

Pada zaman negara kita dijajah Belanda. Kita bangsa Indonesia dapat melihat dan mengenal adanya kendaraan bermotor untuk pertama kalinya pada tahun 1893.

Adalah John C Potter orang berkebangsaan Inggris yang pertama dan satu-satunya orang yang memiliki serta menggunakan kendaraan bermotor di Indonesia.

John C Potter bekerja sebagai Masinis Pertama di Pabrik Gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur.

Waktu itu dia memesan langsung sepeda motornya ke pabriknya, Hildebrand und Wolfmuller, di Muenchen, Jerman.

Sedangkan industri otomotif Indonesia sendiri dimulai tahun 1920 ketika General Motors (GM) mendirikan pabrik perakitan Chevrolet di Tanjoeng Priok.

Ketika Konferensi Asia-Afrika dilaksanakan di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat pada 18-24 April 1955.

Untuk mendukung pelaksanaan KAA tersebut. Pemerintah Indonesia mendatangkan mobil-mobil dari luar negeri. Seperti Plymouth Belvedere, Opel Kapitan, dan Opel Kadett.

Pada tahun 1975, Toyota Kijang bak terbuka dipamerkan di paviliun Toyota di arena Jakarta Fair. Lalu generasi pertama Toyota Kijang diluncurkan tahun 1977. Tapi hanya bertahan empat tahun yang kemudian pada tahun 1981 barulah lahir Toyota Kijang generasi kedua.

Sedangkan Toyota Kijang generasi ketiga hadir pada tahun 1986. Sepuluh tahun kemudian yaitu tahun 1996, Toyota Kijang generasi keempat muncul.

2. Sepeda motor

Sepeda motor pertama yang ada di dunia (Reitwagen) lahir di Jerman pada 1885 oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach tetapi belum dijual untuk umum.

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama di atas, di Tahun 1893 lah sepeda motor pertama dijual untuk umum yang dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Lalu dibeli oleh John C Potter dan dibawa ke Indonesia.

Tahu Astra, dong? Nah, ternyata PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia.

Astra didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor, yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT Astra International.

Awalnya PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).

Pabrik sepeda motor Yamaha mulai beroperasi di Indonesia sekitar tahun 1969, sebagai suatu usaha perakitan saja, semua komponen didatangkan dari Jepang.

Nah, barulah pada tanggal 6 Juli tahun 1974 PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi berdiri.

3. Pelayaran/kapal laut

Sebelum perusahaan pelayaran pertama didirikan di Indonesia pada tahun 1890 oleh pemerintah kolonial Belanda yaitu perusahan pelayaran KPM (Koninkelijitke Paketvaart Maatschappij).

Indonesia sendiri telah menggunakan kapal kayu pinisi yang diperkirakan sudah ada sebelum tahun 1500-an. Yaitu pada zaman Kerajaan Luwu.

Indonesia akhirnya mempunyai perusahaan pelayaran sendiri, PT Pelni pada 28 Februari 1952 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor M.2/1/2 tanggal 28 Februari 1952 dan No. A.2/1/2 tanggal 19 April 1952, serta Berita Negara Republik Indonesia No. 50 tanggal 20 Juni 1952. Sebagai Presiden Direktur Pertamanya diangkatlah R. Ma'moen Soemadipraja (1952-1955).

4. Kereta api

Kereta api sudah ada sejak zaman Indonesia dijajah Belanda yaitu pada 1840-1942. Kemudian dilanjutkan pada masa penjajahan Jepang (1942- 1945) dan setelah merdeka, barulah dijalankan oleh Pemerintah Indonesia (1945 – sekarang).

Transportasi kereta api dikuasai oleh negara karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Maka berdasarkan PP No. 61 Tahun 1971 terjadi pengalihan bentuk usaha Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA) menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA).

Kemudian pada tahun 1990 berdasarkan PP No. 57 tahun 1990, PJKA beralih bentuk menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka), dan terakhir pada tahun 1998 berdasarkan PP No. 12 Tahun 1998, Perumka beralih bentuk menjadi PT.KA (Persero).


5. Pesawat terbang


Pesawat terbang jenis Antoinette diangkut ke Surabaya menggunakan kapal laut. 18 Maret 1911 Gijs Kuller (orang Belanda) mendemonstrasikan pesawat terbang di Pasar Turi Surabaya, menjadi penerbangan pesawat bermotor pertama di Indonesia. Demonstrasinya dilanjutkan ke Semarang, Yogya dan Medan. Beberapa waktu kemudian Batavia dan Solo menyusul.

Nama Garuda yang merupakan perusahaan penerbangan milik pemerintah dinamai oleh Presiden Soekarno.

Yaitu ketika pada tanggal 25 Desember 1949, Dr. Konijnenburg, mewakili KLM menghadap dan melapor kepada Presiden Soekarno di Yogyakarta bahwa KLM Interinsulair Bedrijf akan diserahkan kepada pemerintah sesuai dengan hasil Konferensi Meja Bundar (KMB) dan meminta presiden memberi nama bagi perusahaan tersebut karena pesawat yang akan membawanya dari Yogyakarta ke Jakarta nanti akan dicat sesuai nama itu.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Soekarno menjawab dengan mengutip satu baris dari sebuah sajak bahasa Belanda gubahan pujangga terkenal, Raden Mas Noto Soeroto di zaman kolonial, Ik ben Garuda, Vishnoe's vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog boven uw eilanden ("Aku adalah Garuda, burung milik Wisnu yang membentangkan sayapnya menjulang tinggi diatas kepulauanmu").

Maka pada tanggal 28 Desember 1949, terjadi penerbangan bersejarah pesawat DC-3 dengan registrasi PK-DPD milik KLM Interinsulair yang membawa Presiden Soekarno dari Yogyakarta ke Kemayoran, Jakarta untuk pelantikan sebagai Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS) dengan logo dan nama baru, Garuda Indonesian Airways, pemberian Presiden Soekarno kepada perusahaan penerbangan pertama ini.

Itulah sejarah transportasi di Indonesia yang mungkin menjadi informasi penting bagi Sahabat Desi's Corner.

Saturday, March 11, 2023

Review iPhone 14 Pro Max, Layar Lebar Pas Buat Menulis

March 11, 2023 0

iPhone 14 Pro Max 2l


Tahun lalu aku ada mampir ke booth iBox di Summarecon Mall Bekasi (SMB). Itu juga ngumpulin PD, soalnya sadar diri belum bisa beli.

Saat itu aku menyentuh dan melihat secara langsung IPad. Duh, asli mupeng. Mulai ngayal seandainya menulis menggunakan IPad yang harganya saat itu kurang lebih 15 juta rupiah.

Mengkalkulasi berapa jumlah tulisan yang dihasilkan per bulan untuk bisa membeli IPad. Tapi, sayang mungkin hampir lima bulan. Target menulis dan pendapatan tidak tercapai.

Tidak lama, pada tahun yang sama aku melihat IPad. IPhone 14 keluar pada November 2022, yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp 15,999-30,999 juta tergantung tipe dan model.

Model iPhone yang dimaksud adalah:

iPhone 14
128GB = 15,999 juta Rupiah
256GB = 18,999 juta Rupiah
512GB = 22,999 juta Rupiah

iPhone 14 Plus
128GB = 17,999 juta Rupiah
256GB = 20,999 juta Rupiah
512GB = 24,999 juta Rupiah

iPhone 14 Pro
128GB = 19,999 juta Rupiah
256GB = 22,999 juta Rupiah
512GB = 26,999 juta Rupiah
1TB = 30,999 juta Rupiah

iPhone 14 Pro Max
128GB = 21,999 juta Rupiah
256GB = 24,999 juta Rupiah
512GB = 28,999 juta Rupiah
1TB = 32,999 juta Rupiah

Setelah kupikir-pikir, apa mungkin sebaiknya aku minta sama Alloh nya iPhone saja, ya? Kayaknya kalau buat nulis yang model kayak aku mobile terus, cocok, nih.

Mobile versi aku, tuh, dapur, ruang tamu, kamar, teras, rebahan. Jadi bisa menulis kapan saja dan dimana saja aku berada.

Kalau pakai iPhone, rasanya kan, pas tuh. Bantu Aamiiin kan ya, Sahabat Desi's Corner.

Kenapa Harus iPhone 14 Max?

Jadi, IPhone 14 itu ada IPhone plus, IPhone 14 Pro, IPhone 14 Pro Max, dan IPhone 14 sendiri. Dan aku naksir IPhone 14 Pro Max.

Karena IPhone 14 Pro Max tidak diragukan lagi merupakan karya terbaik dari teknologi Apple dengan fitur-fitur seperti Dynamic Island dan teknologi tampilan selalu Apple.

Memang harganya mahal. Tapi buat Sahabat yang tertarik mau memiliki iPhone 14 Pro Max tapi budgetnya kurang. Maka, iPhone 14 Plus bisa menjadi alternatif karena layarnya sama-sama lebar.

Menurut review dari techadvisor.com bahwa iPhone 14 Pro Max mungkin tidak terlihat jauh berbeda dengan pendahulunya, ada banyak hal yang membuat para pembeli bersemangat untuk membelinya.

Dengan fitur utama termasuk kamera belakang 48Mp, layar selalu aktif, A16 Bionic Apple akan menjadikan para penggunanya menikmati pengalaman iOS ini.


Desain Dan Bangun iPhone Pro Max

Desain iPhone Pro Max sama dengan pendahulunya. IPhone 14 Pro Max memiliki apa yang beberapa orang mungkin gambarkan sebagai desain berulang, maksudnya adalah praktis tidak ada yang berubah dibandingkan dengan iPhone 13 Pro Max.

iPhone 14 Pro Max memang agak berat dengan dimensi 160,7 x 77,6 x 7,9 mm dan berat 240g. Kalau mau main hape tangan sebelah, ini mah berat banget. Secara beratnya hampir ¼ kg.

Buat yang belum tahu, ponsel iPhone ini menggunakan rangka baja tahan karat dan kaca belakang, menawarkan peningkatan bahan dibandingkan dengan iPhone 14 berbingkai aluminium, meski hasilnya, bobotnya bertambah.

Kalau Sahabat Desi's Corner mau yang beratnya lebih ringan dan tidak memerlukan fitur-fitur seperti yang ada di iPhone 14 Pro Max.

Maka iPhone 14 Plus 6,7 inci, 203g bisa menjadi alternatif selain iPhone 14 Pro Max. Karena sama-sama memiliki layar lebar tapi beratnya lebih ringan.

Tampilan Dan Audio

Pengalaman audio yang mengesankan
IPhone 14 Pro Max menampilkan layar Super Retina XDR 6,7 inci yang sama seperti pendahulunya, lengkap dengan dukungan untuk konten Dolby Vision HDR dan pengalaman visual yang sangat mendetail.

Lebarnya layar iPhone (meskipun ada juga iPhone 14 Plus non-Pro untuk dipertimbangkan) iPhone Pro Max yang dimensinya cukupbesar sangat cocok untuk menonton film TikToks dan Netflix.

Perubahan yang paling jelas terlihat dibandingkan dengan pendahulunya adalah notch yang didesain ulang, yang sekarang dijuluki 'Dynamic Island' oleh Apple. Eksklusif untuk model Pro, potongan berbentuk lonjong sebenarnya menambah pengalaman iOS daripada menguranginya seperti kebanyakan kamera cut-out yang bersaing.

Layar Kunci iPhone 14 Pro Max

Tidak seperti smartphone Android yang menampilkan layar hitam dengan waktu dasar dan informasi notifikasi, Apple memberi kepada kita seluruh pengalaman layar kunci lengkap dengan widget, notifikasi, dan bahkan wallpaper yang kita pilih sendiri

Seperti yang sebelumnya disampaikan diatas bahwa iPhone Pro Max berkapasitas penyimpanan sebanyak 1TB. Tetapi juga tersedia dalam 128GB, 256GB, dan 512GB jika Anda tidak membutuhkan sebanyak itu.

Dolby Vision HDR

Kemampuan kamera dan fotografi iPhone 14 Pro juga berlaku untuk iPhone 14 Pro Max, karena keduanya mempunyai sistem kamera yang sama.

Buat aku yang suka foto-foto produk atau foto spontan ketika melihat sesuatu yang menarik ketika sedang berada diluar rumah.

Maka, selamat datang iPhone Pro Max yang mempunyai kamera belakang sebesar 48Mp, dengan aperture f/1.8 dan OIS yang oke punya.

Dengan menggunakan teknologi pixel binning untuk mengolah gambar menjadi ukuran yang lebih mudah diatur – sekitar resolusi yang sama dengan sensor 12Mp standar – yang menghasilkan lebih banyak detail dan cahaya.

Untuk kamera depan yang TrueDepth sebesar 12Mp akan memberikan selfie yang lebih baik terlepas dari apakah yang memotret dalam mode Potret atau tidak.

Alhasil buat yang suka pepotoan kayak aku jadi lebih diuntungkan. Yaitu, semua objek yang diinginkan di foto akan terbawa semua.

Apple sangat yakin dengan kemampuannya, juga memungkinkan kita memotret dalam format ProRAW Apple untuk pasca-pemrosesan tingkat profesional.

Performa video juga jangan diragukan lagi. iPhone 14 Pro Max dapat merekam pada 4K@60fps dalam Dolby Vision HDR, lebih tinggi 30fps dari pendahulunya.

Ada juga Mode Aksi baru yang selanjutnya akan membantu menstabilkan rekaman video, dan seperti biasa, fitur ini juga memiliki Mode Sinema Apple yang memungkinkan kita untuk menghasilkan video seperti film-film Hollywood.

Kemampuan pengisian daya iPhone 14 Pro Max terbilang cepat. Yaitu mampu mengisi daya 22% dalam waktu 15 menit, 52% dalam setengah jam, dan daya penuh dalam waktu sekitar 90 menit.

Memang sih, standar pengisian cepat iPhone ini bukan standarnya Android, tapi untuk iPhone, ini sudah terbilang cepat.

Selain itu juga mendapatkan opsi pengisian nirkabel 7,5W Qi dan pengisian nirkabel 15W oleh sistem MagSafe Apple.

Pembaruan Perangkat Lunak iPhone 14 Pro Max


iOS 16 memberikan pengalaman yang menarik sebagai bagian dari ekosistem Apple yang lebih besar.

Verdict

IPhone 14 Pro Max adalah teknologi terbaru dan terhebat Apple, menawarkan pengalaman visual premium dengan layar Super Retina XDR 6,7 inci, teknologi Dynamic Islands, dan teknologi ProMotion yang memungkinkan kita akan mempunyai pengalaman pertama untuk iPhone dimana layar akan selalu aktif, juga kamera belakang sebesar 48Mp yang telah disempurnakan dan fitur-fitur seperti Car Crash Detection.

Layar yang besar sangat cocok untuk aku yang suka nonton TikTok untuk mencari berita, atau nonton serial TV di Netflix, bisa juga untuk bermain game di Apple Arkade, dan A16 Bionic, yang dijamin mulus dan lancar. Nggak pakai acara nge-hank atau nge-lag.

Spesifikasi iPhone 14 Max

160,7 x 77,6 x 7,9 mm
240g
Layar Super Retina XDR 6,7 inci
Layar selalu aktif
IP68 tahan debu dan air
A16 Bionik
Kamera utama 48Mp, f/1.78, sensor-shift OIS
120 derajat 12Mp ultrawide, f/2.2
Telefoto 12Mp 2x, f/2.8
4K@60fps dengan dukungan Dolby Vision HDR
Kamera depan 12Mp f/1.9 dengan fokus otomatis
Bluetooth 5.3
Wi-Fi 6 dengan 2xMIMO
NFC
Konektivitas satelit
Deteksi Tabrakan Mobil


Semoga yang lagi mengincar iPhone 14 Pro Max cepat terealisasi. Aku juga berharap punya. Semoga kesampaian, ya.





Friday, March 10, 2023

Penyebab dan Solusi Deforestasi

March 10, 2023 0

Penyebab dan solusi deforestasi

Ini pertama kalinya aku tahu kata deforestasi. Kiper, cupu, nggak update, atau ada kata lainnya? Aku mah, terima aja, deh.

Deforestasi kalau diambil satu kata berarti forest, artinya hutan. Sedang untuk istilah yang menyangkut hutan. Aku tahunya dari zaman SD cuma reboisasi dan erosi.


Perbedaan Deforestasi dan Reboisasi

Sebelum masuk ke bahasan hubungan antara Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan deforestasi. Aku harus tahu perbedaan di antara keduanya.

Soalnya menurut yang dibaca dari beberapa artikel. Istilah keduanya berlawanan kata. Reboisasi, penanaman kembali hutan yang gundul agar tidak terjadi erosi. Sedangkan deforestasi adalah penebangan hutan.

Sekarang, yuk, kita cari bareng arti kedua kata diatas.

KBBI: Deforestasi adalah penebangan hutan.

Lindungihutan.com: Deforestasi adalah perubahan tutupan suatu wilayah dari berhutan menjadi tidak berhutan, dari suatu wilayah yang sebelumnya memiliki bertajuk berupa hutan (vegetasi pohon dengan kerapatan tertentu) menjadi bukan hutan (bukan vegetasi pohon atau bahkan tidak bervegetasi.

Wikipedia: Deforestasi, penggundulan hutan, atau penebangan hutan, adalah kegiatan menebang hutan atau tegakan pohon sehingga lahannya dapat dialihgunakan untuk penggunaan nonhutan, seperti pertanian dan perkebunan, peternakan, atau permukiman.

Sebab-sebab Terjadinya Deforestasi

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, angka deforestasi di Indonesia pada 2019-2020 adalah sebesar 115.459 hektare (ha).

Angka tersebut turun drastis 75,03% dari periode sebelumnya yang sebesar 462.458 ha. Secara rinci, sebanyak 66.995 ha deforestasi merupakan area kawasan hutan.

Sementara, 48.464 ha merupakan areal penggunaan lain (APL) atau bukan kawasan hutan.

Tren deforestasi cenderung turun sejak 2015-2020. Pada 2015-2016, angka deforestasi tercatat sebesar 1.092.181 ha. Jumlah itu kemudian menurun hingga mencapai 439.439 ha pada 2017-2018. Angka deforestasi sempat kembali meningkat 5,24% menjadi 462.458 ha pada 2018-2019. Namun, jumlahnya kembali anjlok pada 2019-2020.

Meski Indonesia berhasil menstabilkan angka deforestasi. Tetap saja, penebangan hutan masih berlangsung hingga sekarang.

5 Penyebab Deforestasi:

1. Kebakaran Hutan

Sering kan, lihat berita tentang kebakaran hutan? Biasa terjadi saat kemarau.

Melihat data historis kebakaran hutan dan lahan di Indonesia dalam periode 5 tahun (2015-2019)1, kebakaran paling besar terjadi pada tahun 2015 dan tahun 2019 yang membakar sekitar 2,6 juta dan 1,6 juta hektare hutan dan lahan yang ada di Indonesia.

Dua kebakaran hebat yang terjadi di periode tahun tersebut juga didukung oleh kondisi musim kemarau berkepanjangan dan El Nino yang terjadi di Indonesia. Dari dua kebakaran hebat tersebut, sekitar 29% nya terjadi di lahan gambut.

Kebakaran membuat angka deforestasi menjadi semakin parah dibandingkan kehilangan lahan yang disebabkan oleh kegiatan konversi lainnya. Kerugian akibat kebakaran hutan juga berpotensi menghilangkan plasma nutfah.

Fenomena kebakaran hutan di Indonesia telah menjadi tradisi yang terus-menerus terjadi.

2. Pembukaan Lahan Perkebunan

Pembukaan lahan perkebunan seperti kelapa sawit secara ekologis berdampak langsung terhadap angka penyusutan hutan.

Pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit menjadi salah satu faktor dominan penyebab kehilangan tutupan dan lahan hutan di Indonesia.

Kondisi ini disebabkan karena perkebunan kelapa sawit dan tanaman perkebunan lainnya umumnya diperoleh dengan dua metode, yaitu pengalihan fungsi lahan hutan dan pengalihan fungsi lahan perkebunan.

Pengalihan fungsi lahan perkebunan adalah metode yang dilakukan dengan mengganti tanaman pokok perkebunan dengan tanaman baru (kelapa sawit).

3. Perambahan Hutan untuk Memenuhi Keinginan Manusia

Salah satu penyebab deforestasi adalah adanya perambahan hutan. Masalah perambahan hutan ini sudah menjadi masalah nasional.

Beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat melakukan perambahan hutan yaitu faktor ekonomi, ketidaktahuan masyarakat sekitar hutan tentang dampak buruk perambahan hutan, adanya sponsor, keterbatasan petugas pengawas hutan, dan lemahnya sanksi hukum.

4. Program Transmigrasi

Kawasan permukiman transmigrasi terus bertambah dan akan terus berkembang yang membutuhkan areal untuk mewadahi aktivitas tersebut. Di satu sisi telah terjadi perubahan tutupan lahan hutan ke tutupan lahan non hutan khususnya kawasan hutan yang bersentuhan langsung dengan kawasan permukiman transmigrasi.

5. Pertambangan dan Pengeboran Sumber Daya Alam

Kegiatan pertambangan dan pengeboran minyak menyebabkan adanya bekas pertambangan di kawasan hutan yang kondisi tanahnya sudah berlubang-lubang. Jika tidak dilakukan penutupan kembali maka kawasan tersebut akan menyebabkan dampak buruk pada kualitas dan perubahan fungsi lahan lingkungan di area sekitarnya.

Bagaimana Solusi Deforestasi?

Solusi untuk deforestasi tergantung dengan jenis lahan dan tingkat keparahannya. Tidak semua solusi akan cocok tetapi beberapa langkah berikut bisa diterapkan untuk menurunkan dampak deforestasi yang parah.

6 solusi mengatasi deforestasi:

1. Melakukan rehabilitasi dan penanaman kembali pada lahan yang sudah terdegradasi.
2. Mencari alternatif untuk pembukaan lahan khususnya yang berhubungan dengan pertanian dan perkebunan.
3. Melakukan pengawasan dengan baik.
4. Melakukan pengelolaan lahan secara tepat dan menghindari kerusakan.
5. Lakukan audit secara rutin untuk melihat apa saja kesalahan yang sudah terjadi sehingga bisa segera dievaluasi dan diperbaiki.
6. Pengelola Kawasan hutan harus memiliki sertifikasi. Salah satunya adalah sertifikasi PHPL atau Pengelolaan Hutan Produksi Lestari.
Sertifikasi ini bisa dilakukan di lembaga terpercaya seperti Mutu Institute. Sertifikasi yang dilakukan di sini akan memberikan pengetahuan tentang lengkap terkait dengan pengelolaan hutan yang sesuai dengan standar.

Populasi yang terus bertambah menjadi dilema penanggulangan deforestasi. Tapi semoga saja, hutan tetap terjaga. Demi keberlangsungan kehidupan manusia di bumi. 


Referensi: 

https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/deforestasi-hutan-indonesia-turun-drastis-pada-20192020

https://pantaugambut.id/publikasi/waspada-kerentanan-kebakaran-hutan-dan-lahan-tahun-2022

https://lindungihutan.com/blog/pengertian-deforestasi-penyebab-dan-dampak/

https://mutuinstitute.com/post/mengenal-apa-itu-deforestasi/