Tuesday, January 31, 2023

Resep Dessert Pisang Raja Berendam Vla Keju

January 31, 2023 0





Nah, ini dia resep pisang yang aku bahas kemarin waktu cerita tentang resep puding pisang santan roti tawar.

Resep dessert pisang berendam vla keju hasil boleh hunting buat jualan di kantor kakak juga. Tapi sayangnya nggak lanjut.

Sekali lagi, hasil praktik dari YouTube tidak sesuai dengan yang aku lihat. Kenapa bisa begitu, ya? Padahal petunjuk detail resep sudah diikuti dengan seksama dan tanpa melenceng sedikit pun.

Apa jangan-jangan ukuran pisangnya yang nggak sama?

Waktu tempo hari ke pasar. Pisang raja yang didapat kecil banget. Kalau dibandingkan dengan resep. Maka satu buah pisang raja yang kudapat dari pasar harus aku gunakan 2-3 buah untuk satu porsi.

Ya, ngebet kepengin coba resep dan jualan. Akhirnya dibeli juga tuh, pisang imut.


Kenapa Harus Pisang Raja?

Di resep dessert pisang berendam nggak disebut wajib menggunakan pisang raja. Tapi, memang lebih enak pisang jenis ini kalau untuk dipanggang.

Selain tentunya pisang uli, kepok, tanduk, atau kapas. Pisang-pisang ini juga kemarin aku cari. Demi mendapat ukuran pisang yang agak besaran.

Sayangnya tidak ada. Ada pisang kepok tapi ukurannya kecil juga, sama dengan pisang raja yang aku beli.

Ujung-ujungnya kemarin pisang berendam ga buat dibagikan ke teman-teman kakak. Secara nggak pede baik dari segi penampilan dan rasa.

Padahal setelah dicoba, rasanya enak dan layak jual. Terlalu cepat merendahkan diri kemarin itu.


Resep Pisang Raja Berendam Vla Keju


Nah, ini dia resep dan cara membuat dessert box dengan bahan pisang raja. Asli buatnya gampang banget.

Saran aku sih, coba pakai bahan-bahan yang berkualitas bagus supaya hasilnya maksimal. Kemarin tuh, karena tanggung bulan. Jadi pakai kejunya yang paling murah gitu. Rasanya kurang ngeju.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 9 buah Pisang raja karena aku pisangnya kecil-kecil. Jadi dikali tiga
  2. 3 sdm Margarin
  3. 2 sdm Margarin untuk memanggang
  4. 1 sdm Margarin untuk Vla
  5. 500 ml Susu UHT
  6. 125 g SKM (aku pakai tiga sapi)
  7. 60 g Gula pasir (menurutku takaran gulanya bisa dikurangi kalau pisangnya sudah manis)
  8. 20 g Maizena
  9. ½ sdt Pasta vanila (aku pakai vanili bubuk)
  10. Kismis dan keju sebagai topping (aku cuma pakai keju parut)
  11. Thinwall 500 ml (aku pakai thinwall 300ml)
  12. Bagusnya sih tambahkan garam sedikit

Cara membuat pisang berendam:

  1. Pertama kupas pisangnya terlebih dahulu. Kemudian belah memanjang menjadi dua
  2. Panaskan margarin lalu panggang sampai kecoklatan. Jangan terlalu lama dipanggangnya agar tidak lembek dan benyek. Maklum pisang rajanya kan, sudah masak
  3. Aduk rata gula pasir, maizena, susu UHT, kental manis, dan pasta vanila/vanili bubuk
  4. Setelah diaduk rata, baru deh, nyalakan kompor dengan api sedang. Sambil diaduk lalu tambahkan margarin. Lanjut masak vla sampai mengental. Matikan kompor. Sisihkan agar dingin
  5. Pertama tuang vla ke dalam wadah (thinwall). Lalu susun pisang. Siram lagi dengan vla. Tidak perlu tertutup rata pisangnya
  6. Beri kismis sesuai selera lalu taburi dengan keju parut
  7. Simpan dalam lemari es beberapa jam atau sampai dingin
  8. Siap disajikan

Satu resep ini bisa menjadi 3 box dengan isian pisang dalam box masing-masing 6 potong. Tapi kalau aku jadinya 6 box karena wadah yang dipakai berukuran 300 ml.

Pisang raja berendam keju vla ini bisa tahan satu sampai dua hari di dalam kulkas. Kalau aku mah, cukup sehari langsung habis. Rasanya kalau sudah dingin ternyata lebih enak. Cuma kurang ngeju aja.

Nanti kalau bikin lagi, kejunya pakai yang agak mahalan dikit, ah. Biar makannya puas.

Rasa manis tapi creamy, perpaduan rasa yang memang selera aku banget. Pastinya dessert pisang ini asli bikin kenyang. Gizi dalam pisang juga nggak main-main.

Dari mulai mengontrol diabetes, meningkatkan imun tubuh, menurunkan tekanan darah, baik untuk jantung, dan pastinya sumber energi setelah berolahraga.

Sekarang sudah tahu dong, kalau punya pisang raja mau diapain?

Monday, January 30, 2023

Resep Puding Santan Roti Tawar Sat Set Sat Set

January 30, 2023 0

Resep puding roti tawar anti ribet dan sat set sat set

Masih dalam usaha mencari uang tambahan. Ceritanya aku coba buat puding santan roti tawar.

Pasar untuk puding santan roti tawar ini masih ke kantor Kakak. Karyawannya memang cuma sedikit meski saingan dagangannya banyak.

Tapi, nggak apa. Kalau bikin banyak juga akunya nggak sanggup (geer duluan).

Cemilan puding santan roti tawar ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya aku juga pernah buat cemilan yang lain. Tapi kurang sukses.

Nggak tahu kenapa, meski sudah sesuai resep. Tapi kenyataannya, kenapa nggak seperti bentuk asli yang di YouTube, ya. 

Padahal resep yang dipilih itu gampang. Mau bahan dan cara membuatnya asli gampang banget. Untung kakak selalu bilang enak sama hasil karya ibunya. Jadi semangat terus buat trial and errornya.

Baca juga: Resep Puding Pisang Kepok Simple

Resep Puding Santan Roti Tawar Anti Lama Dan Ribet

Ternyata resep puding roti model begini banyak banget di YouTube. Bedanya palingan cuma takaran atau warna agar-agar. Cara membuatnya hampir sama.

Sempat terlintas dipikiran, apa nggak coba nge-YouTube aja, ya. Duh, asli akutuh banyak kepenginnya doang. Tapi actionnya nggak.

Ya, sudah. Yuk, kita simak bareng resep yang sudah aku coba ini. Aku mah, percaya Kakak kalau rasa puding buatan Ibunya lumayan.

Menggunakan cup 300ml, satu resep puding roti jadinya enam cup. Kalau cup-nya kecil-kecil mungkin hasilnya bisa lebih yang banyak.

Baca juga: Resep Camilan Bola Susu Kelapa Dua Bahan

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 bungkus Agar-agar warna hijau: Rp 4.500 (aku belinya di agen. Kalau di minimarket sekitar Rp 5.000-Rp 5.500
  • 7 lembar Roti tawar: Rp 5.000 (aku beli di toko roti dekat rumah. Nggak tahu kenapa harganya bisa murah banget. Tapi rasanya lumayan, kok. Cuma memang teksturnya lebih lembek dan seratnya nggak terlalu padat) 
  • 120 gram Gula pasir: Rp 1.500
  • 900 ml Santan kelapa: Rp 9.000 (aku pakai 200 ml Santan instan ditambah air 700ml)
  • Sejumput garam
  • Cup puding 300ml: lupa harganya karena ada stok di rumah. Tempo hari mau jualan bubur mutiara atau apa gitu. Lupa.

Cara membuat:

  • Pertama yang aku lakukan adalah menyiapkan roti tawarnya terlebih dahulu. Potong roti bentuk dadu. Lalu masukkan ke cup sampai hampir penuh. Kira-kira aja, kalau ditutup masih ada ruang sedikit di bagian atasnya
  • Tuang agar-agar, gula pasir, garam, santan kedalam panci. Aduk rata
  • Masak agar-agar dengan api sedang sambil diaduk sampai mendidih. Aturan masak santan agar tidak pecah. Mengaduknya jangan pakai berhenti
  • Setelah mendidih. Diamkan selama dua menit sebelum kompor dimatikan
  • Aduk-aduk larutan puding sampai uap panasnya berkurang
  • Tuang ke dalam cup yang sudah diisi potongan roti tawar tadi
  • Biarkan dingin dan set. Setelah puding mengeras. Masukkan ke dalam kulkas
  • Siap dimakan, deh

Seriusan resep puding ini bikinnya beneran sat set sat set. Nggak sampai satu jam, kelar. Pas banget dengan jam keberangkatan Kakak kerja.

Masih hangat sedikit, waktu dimasukkan ke tas tentengan Kakak. Tapi dipesenin sih, kalau udah sampai kantor. Langsung masuk kulkas. Biar dingin dan nggak basi.

Aku jual Rp 7.000/cup. Habis, sih puding rotinya. Cuma sayang aja, teman-teman Kakak kurang cocok sama cemilan itu.

Jadi nggak lama kemudian, hunting resep lagi. Didapatlah resep pisang berendam. Bahannya yang jelas pisang tapi disiram dengan vla keju.

Sayangnya, aku nggak sempat foto karena buatnya pagi-pagi sebelum Kakak kerja. Jadi adu cepat sama waktu.

Tapi tetap, aku bakal tulis resep dan cara membuatnya di tulisan lain kali.

Tapi aku yakin, resep puding santan roti tawar ini kalau Sahabat Desi's Corner yang bikin hasilnya pasti lebih baik dari hasil buatanku. 

Jadi aku mau ucapkan selamat mencoba dan semoga suka.

Saturday, January 28, 2023

Resep Capcay Ala Desi Dari Bahan Sayur Sop

January 28, 2023 0

Resep capcay ala desi

Kalau bahan buat capcay biasa kan, pakai wortel dan teman-temannya tanpa kol, kentang, bawang daun, atau daun seledri

Nah, ini atas permintaan Kakak yang nggak biasa. Kakak minta dibuatin capcay tapi stok sayur di kulkas adanya bahan sayur sop.

Tapi Kakak bilang, "biarin aja dah, Mah, dari sayur sop juga. Bosen Kakak bekel makan siangnya sayur sop terus."

Langsung bingung, dong. Secara meski capcay dan sayur sop bahannya nggak jauh beda. Tapi tetap nanti ada bahan yang nggak terpakai. Seperti daun bawang dan seledri atau kentang. 

Sedangkan bahan bahan pendukung sayur sop seperti sosis dan telur puyuh sudah siap. Judulnya tinggal masak dan cemplang-cemplung.

Dengan berbekal pengetahuan masak ala kadarnya. Trial and error adalah kesukaanku. Ya sudah, mari penuhi permintaan Kakak.

Baca juga: Resep Garang Asem Ayam Tanpa Daun Pisang

Resep Capcay Ala Desi's Corner Menggunakan Bahan Sayur Sop

Beli di tukang sayur bahan sop-sopan (biasa aku menyebutnya). Satu bungkus harganya Rp 6.000.

Isinya komplit meski serba minimalis. Sedikit kol, tiga buah wortel kecil banget, satu buah kentang ukuran kecil juga, 4-5 buah buncis, sebatang daun bawang dan seledri. Tidak ada tomat karena lagi mahal.

Bumbunya juga gampang banget, yang diiris cuma bawang putih. Bumbu pelengkap lainnya pakai yang ada di dapur.

Resep Capcay Bahan Sayur Sop

Bahan:
  • Satu bungkus bahan sop-sopan (kentang, wortel, kol, buncis, daun bawang, daun seledri)
  • 10 butir Telur puyuh
  • 2 siung Bawang putih (aku pakai satu siung, soalnya bawang putihnya lumayan besar)
  • Kecap asin
  • Saus teriyaki
  • Kaldu jamur
  • Cabai bubuk
  • Garam
  • Sedikit air
  • 1 sdt maizena dilarutkan dengan sedikit air
  • Note: nggak pakai cabai karena stoknya habis.

Cara membuat:
  • Potong semua bahan capcay. Untuk kentang dan wortel dipotongnya agak tipis. Biar pas dimasak, cepat empuk
  • Jangan lupa telur puyuhnya juga dikupas, ya
  • Bawang putih juga dicincang
  • Lanjut tumis bawang putih sampai harum
  • Tambahkan sedikit air, dikira-kira aja. Mungkin sekitar 150-200 ml
  • Lalu masukkan wortel dan kentang. Diamkan sampai mereka sedikit empuk
  • Masukkan sisa bahan capcay, aduk sebentar
  • Masukkan bumbu pelengkap. Dikira-kira aja seberapa bumbunya. Disesuaikan dengan berapa banyak tumisannya. Aduk rata
  • Terakhir masukkan telur puyuh. Kenapa terakhir? Soalnya kalau dibarengi dengan sayuran lain. Pas diaduk, kuning telurnya pada lepas keluar dari putihnya
  • Tuang larutan maizena. Aduk rata. Tes rasa

Masaknya nggak pakai lama, agar sayuran tetap segar dan tidak terlalu layu

Meski bumbunya campur-campur, tapi soal rasa tetap cocok di lidah. Kira-kira seperti itulah yang Kakak bilang.

Belum pernah kan, capcay pakai kentang dan buncis? Rasanya nggak aneh, kok. Cuma nggak biasa aja. Padahal lumayan hasilnya.

Akhirnya pagi itu, Kakak bawa bekal makan siangnya pakai capcay ala-ala tadi. Nggak pakai pendamping lauk yang lain.

Kan, di capcaynya ada banyak telur puyuh. Jadi, proteinnya dari situ aja.

Baca juga: Resep Ayam Lada Hitam Paprika

Kandungan Kolesterol Telur Puyuh

Resep capcay anti ribet

Aku mah, sudah membatasi mengonsumsi telur puyuh. Secara kandungan kolesterolnya tinggi banget. Palingan berani makan cuma satu butir doang. Biar nggak penasaran.

Kata klikdokter, dalam 100 gram telur puyuh mengandung 844 miligram kolesterol. Sedangkan di 100 gram telur ayam cuma terdapat 372 miligram kolesterol.

Buat gambaran Sahabat Desi's Corner. Berat rata-rata satu butir telur puyuh adalah 10-15 gram. Kalau kita makan sate telur puyuh di bubur ayam, biasa kan ada lima butir, tuh. Tinggal dikalikan aja. Tetap kandungan kolesterolnya masih lebih tinggi dibanding telur ayam, kan?

Sebenarnya sih, jumlah kolesterol pada telur puyuh jauh lebih kecil, yaitu hanya 75,96 miligram dibanding telur ayam yang mengandung kolesterol sebanyak 210 miligram.

Cuma ya itu tadi, makan telur puyuh pastinya nggak mungkin satu, kan? Padahal batasan asupan kolesterol harian untuk tubuh kita adalah 300 miligram.

Jadi, aman lah ya, kalau aku makan telur puyuh di capcaynya satu biji doang.

Duh, maaf ya, judulnya resep capcay tapi telur puyuh ikut dibahas.

Semoga resep ala-ala ini menginspirasi Sahabat Desi's Corner semua ya. Mungkin bukan capcaynya tapi bagaimana memanfaatkan apa yang ada di kulkas jadi sesuatu yang beda.


Monday, January 23, 2023

Kebiasaan Mengucap Kata Seandainya Dan Takdir Allah

January 23, 2023 0

Dilarang ucap kata seandainya dalam islam
Kata seandainya pada takdir Allah, sering kita dengar pada satu pengalaman yang tidak mengenakan. Atau pada suatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan kita.
Seperti yang kualami baru-baru ini, berkunjung ke rumah duka dari adik Papap di Karawang. Setelah malam harinya pihak keluarga memberi kabar kalau adik Papap sudah tidak ada.

Keesokannya, 18 Januari 2023, aku pun pergi ke kota kelahiranku. Tempat yang juga dimana Papap berasal dan semua adik-adik Papap tinggal.

Uwa biasa aku memanggilnya. Beliau berpulang setelah kurang lebih dua tahunan sakit. Beliau pun berpulang di hari ketiga perawatan di rumah sakit.

Tidak ada yang tahu takdir Allah. Terakhir aku bertemu dengannya pada Idul Fitri 2022 lalu, di salah satu rumah adik Papap yang tinggal di Karawang Timur.

Saat itu Mamah bilang, jika beliau dipasang selang berupa 'kantong penampungan' di bagian sekitar ususnya.

Kantong penampungan untuk buang kotoran itu tergantung di balik bajunya.

Mamah mengingatkan kembali sekitar dua tahun-an yang lalu. Di grup keluarga besar Karawang ada pemberitahuan memohon doa pada kami. Agar operasi yang akan dilakukan Uwa diberi kemudahan, kelancaran, dan diberi kesehatan seperti sedia kala.

Operasi dilakukan dikarenakan Uwa tidak bisa buang angin dan BAB. Saat itu operasi dilakukan di RSUD Kota Karawang. Menurut cerita salah satu adik Papap yang perempuan. Kontrol berlanjut di RS Hasan Sadikin, Bandung.

Baca Juga: Selembar surat untuk sahabat sejati

Kata Seandainya, Kalau, Jika, dan Semacamnya

Disini tidak akan dibahas tentang penyakitnya. Selain kurang tahu banyak, juga takut salah informasi.

Hukum menguncap seandainya dalam Islam

Apa yang akan dibagikan dalam tulisan ini adalah, hikmah yang aku ambil dari hasil mendengar obrolan adik bungsu perempuanku dengan adik bungsu Papap yang perempuan juga. Tentang kata 'seandainya'.

Tidak terlalu ingat persisnya kalimat yang mereka ucapkan. Tapi sepemahaman dan apa yang aku tangkap dari pembicaraan mereka berdua, bahwa mereka berandai-andai dan lontaran kata 'seandainya', 'kalau aja', dan kata yang yang berkonotasi seperti itu di awal cerita. 
Jika saja Uwa beserta keluarganya melakukan pengobatan dengan segala spekulasi yang mereka buat.
Kurang lebih maksudnya seperti itu kalimatnya. 

Bibi, adik bungsu perempuan Papap juga menyayangkan sikap tertutup Kakak laki-lakinya yang tidak memberitahunya akan penyakit yang dideritanya.

Sehingga Bibi tidak dapat memberi sumbang saran atau paling tidak bisa menjadi pendengar setia akan sakit yang diderita Kakaknya.

Tidak ada kata 'seandainya' dalam dua kalimat diatas. Tapi maksudnya ada mengarah ke 'jika saja' yang berarti masuk kedalam kalimat berandai-andai. 

Lalu Bibi dan keponakannya itu masih berlanjut tentang berandai-andai akan Kakak atau Uwa versi mereka.

Rasulullah SAW pernah bersabda yang diriwayatkan oleh Muslim:

Semangatlah dalam menggapai apa yang manfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah dan jangan bersikap lemah. Jangan pula mengatakan: Andaikan aku berbuat demikian tentu tidak akan terjadi demikian namun katakanlah: Ini takdir Allah, dan apapun yang Allah kehendaki pasti Allah wujudkan karena berandai-andai membuka tipuan setan. (HR Muslim 2664).
Dapat dimengerti kalau mereka berdua tidak ada maksud seperti dalam sabda Rasulullah SAW yang telah disebutkan diatas.

Kata seandainya memang sudah menjadi kebiasaan dan spontan terucap ketika menghadapi suatu hal yang tidak diharapkan.

Sayangnya, aku hanya menjadi pendengar ketika mereka berbicara tentang kata seandainya itu. Semua dikarenakan kekurangan ilmu pengetahuan aku tentang hal ini.

Setelah aku tahu dan mengerti penerapan kata 'seandainya'. Semoga aku dapat mengamalkan ilmu ini untuk aku dan orang-orang yang ada di sekitar aku.

Seperti itulah manusia, mengeluh, bahkan terkadang marah pada Allah dan untuk sesaat menolak takdir. Sebelum akhirnya tersadar dengan firman Allah SWT yang menjelaskan dalam ayat berikut:

Mereka (orang-orang munafik) berkata: Apakah ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini? Katakanlah: “Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah”. Mereka menyembunyikan dalam hati mereka apa yang tidak mereka terangkan kepadamu; mereka berkata: “Sekiranya ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini, niscaya kita tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini”.

Katakanlah: “Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh”. Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati.” (QS Ali Imran: 154).

Naudzubillah Summa naudzubillah. Jangan sampai aku masuk ke dalam perangkap setan.

Aku pernah diposisi ini. Sedih, marah, hati berontak, menolak semua kenyataan. Bahkan terlintas dipikiran, "buat apa hidup?"

Baca juga: Saat ikhtiar dan doa berbeda-dengan takdir

Berdamai dengan hati

Jangan melawan takdir
Berdamai dengan hati bukan perkara mudah. Waktu tidak dapat menghapus semua ingatan dan kenangan.

Hidup berdampingan dengan masa lalu adalah yang terbaik buatku. Bukan untuk menengok ke belakang. Tapi saling senyum dan mengingatkan.

Kata 'seandainya' kubuat untuk masa depan. Dan ternyata, semua ini adalah yang terbaik buat hidupku.

Terima kasih kepada sang Maha Pencipta yang telah membuatku seperti batu karang dan yang telah membuatku tidak membenci angin.

Semoga aku dan Sahabat Desi's Corner masuk ke dalam golongan orang-orang yang selalu mendapat petunjuk-Mu ketika sedang dalam kesulitan. Aamiiin.


Wednesday, December 28, 2022

Prakiraan Cuaca 28 Desember BMKG Dan BRIN yang Bikin Hati Was-was

December 28, 2022 0

BMKG vs BRIN

Perbedaan pendapat mengenai cuaca antara BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) dan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) lumayan bikin hati was-was dan deg-degan.

Pasalnya, prakiraan cuaca pada 28 Desember, bikin Pj Gubernur DKI, Heru Budi mengimbau perkantoran di wilayahnya diminta untuk WFH (Work from Home).

Sampai-sampai aku intip di IG nya Pak Heru Budi, kalau kemarin dia berkunjung ke BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Bapak Gubernur bertemu kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto untuk berdiskusi mengenai pemantauan titik-titik rawan banjir dan kesigapan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bakal terjadi.

Tahu dong, kalau ibu kota Indonesia kita ini daerah rawan banjir. Belum lagi kalau disertai angin kencang. Pohon tumbang termasuk baliho lumayan sering terjadi.

Musim hujan, khususnya bulan Desember curah hujan memang biasa lagi tinggi-tingginya. Banjir juga bukan berita baru. Tapi peringatan cuaca ekstrim kali ini lain dari yang biasanya, asli bikin hati was-was.

Baca Juga: 5 tips ibu bahagia selama pandemi

Prakiraan Cuaca BRIN

Lewat cuitan di Twitternya pada, 26 Desember pukul 18.20 WIB. Peneliti BRIN, Dr. Erma Yulihastin bilang kalau warga Jabodetabek di mohon bersiap dengan hujan ekstrem yang akan terjadi pada, 28 Desember.

Ditambah lagi dalam cuitannya itu, seperti pada gambar Twitter dibawah ini: 

Badai dahsyat menurut BRIN

Maka Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022.

Kenapa bisa terjadi badai dahsyat? 

Kata Dr. Erma sih, masih dalam cuitan Twitternya kalau badai dahsyat dari laut bakal dipindahkan ke darat melalui dua jalur: dari barat melalui angin baratan yang membawa hujan badai dari laut (westerly burst) dan dari utara melalui angin permukaan yg kuat (northerly, CENS).

Duh, asli tambah ketar-ketir. Kata-katanya itu lho, BADAI DAHSYAT.

Meski ada rasa syukur karena kemarin sudah cuci baju dan alhamdulilah kering semua. Maklum, jadwal cuci memang dua hari sekali (OOT dikit). 

Belum lama ini saja, hujan angin sudah bikin aku takut. Bukan apa-apa, atap bagian dapur belakang, kan, pakai fiberglass.

Kalau ada angin kencang, suaranya bikin takut. Apalagi tempo dulu pernah bagian pojoknya itu terbang terbawa angin. Terpotong begitu saja.

Alhasil aku dan suami (almarhum) malam-malam, meletakan tutupan mobil di atas lemari makan dan tangga. Agar kalau hujan turun, air yang masuk tidak terlalu parah membanjiri dapur. Tapi, untungnya malam itu nggak hujan.

Baca Juga: 10 tips menjemur pakaian di musim hujan

Prakiraan Cuaca BMKG


BMKG dengan hujan esktrem

Lain BMKG yang menggunakan istilah hujan ringan, sedang, lebat, dan esktrem, yang pada, 27 Desember kemarin mengadakan konferensi pers tentang cuaca yang akan terjadi hari ini, 28 Desember.

Dan melanjuti tentang adanya BADAI DAHSYAT versi prakiraan cuaca versi BRIN. Dwikorita Karnawati kepala BMKG dalam siaran langsungnya dengan Metro TV pagi ini. Istilah badai yang digunakan oleh BRIN kurang/tidak tepat.

Menurut Ibu dengan jilbab khasnya. Badai itu tidak sekonyong-konyong terjadi dalam satu hari. Badai itu terbentuk beberapa hari sebelumnya.

Nah, sampai tadi malam, bibit badai tidak terlihat. Tapi badai itu termasuk kedalam definisi hujan lebat/ekstrem.

Kalau yang aku tangkap sih, pembentukan badai itu dimulai dari bibit – bibit siklon – siklon.

Tapi tetap saja, cuaca ekstrem harus benar-benar diwaspadai. Soalnya angin kencang sampai 40 knot kemungkinan bakal terjadi.

Kalau Sahabat Desi's Corner kehujanan, jadi baiknya jangan berteduh dibawah pohon. Pertama takut tersambar petir. Kedua, takut pohonnya tumbang. Secara 40 knot cukup bisa bikin pohon roboh.

Baca Juga: Pelembut pakaian molto korean strawberry

Kesimpulan

Kalau hasil baca-baca komentar tentang dua pendapat prakiraan cuaca dari BMKG dan BRIN di medsos. Banyak yang takut dan was-was dengan istilah BADAI.

Aku juga beneran takut juga, sih. Badai itu kesannya guede buanget. Ditambah ada kata dahsyatnya. Semakin hati nggak karuan.

Sampai pesan ke Kakak sebelum berangkat kerja. Nanti pulangnya langsung ke rumah. Jangan mampir-mampir. Diingetin hati-hati bawa motornya karena jalanan licin dan banyak lubang di daerah Kalimalang.

Tetangga sebelah yang mau ajak jalan tiga orang anaknya meski cuma ke mall dikirim wa abis subuhan. Diingetin kalau nanti cuaca siang nggak mendukung, diundur aja jalan-jalannya.

Pas tadi pantau IG BMKG, ternyata tadi malam sekitar kurang lebih pukul 20.00. Di feed nya kasih info yang bikin hati lebih tenang sedikit. Tapi tetap peringatan prakiraan cuaca dari BRIN jangan diabaikan.

Dengan judul besar: BUKAN BADAI, BEGINI POTENSI CUACA YANG AKAN TERJADI ESOK HARI INI DI JABODETABEK MENURUT BMKG.

Terlepas dari pro dan kontra pendapat yang beredar di masyarakat mengenai prakiraan cuaca dari BMKG dan BRIN. Dan siapa yang harus dipercaya dan dipegang pendapatnya.

Buatku mah, tetap waspada aja. Soalnya mulai dari 24 Desember Minggu lalu. Setiap hari hujan angin terus. Baru kemarin Selasa terang berangin.

Tapi memang terminologi bahasa itu penting banget karena bisa berdampak pada psikologis seseorang yang membacanya.

Tidak semua ketahanan psikis orang itu sama. Semoga kita semua yang membaca dan mengetahui informasi baik dari BRIN dan BMKG melalu media sosial dapat bijak dalam menyikapinya.

Jujur sih, aku jadi follow berita dan perkembangan prakiraan cuaca BMKG di IG-nya setiap hari. Meski cuma duduk manis di rumah setiap hari dan nggak kemana-mana. Tapi nasib cucian kan, tergantung cuaca (tetep OOT).

Baca Juga: Tetap produktif meski diam di rumah

Semoga aja musim hujan tahun ini nggak ada banjir. Semua yang berlibur bisa senang-senang tanpa harus becek-becekan. Aamiiin.

Yuk, follow akun medsos BMKG. Biar update dengan berita cuaca terkini dan nggak terhasut dengan berita yang sukanya ditambah-tambahi, yang akhirnya membuat takut.

Akhir kata, tetap jaga kesehatan dan selalu waspada ya, Sahabat. Selamat beraktivitas.

  











Tuesday, December 6, 2022

Nasi Goreng Strawberry Kecap Manis ABC, Buat #SuamiIstriMasak yang Nggak Pake Lama

December 06, 2022 0

Suami berkolaborasi di dapur

Aku baru merasakan menjadi ibu rumah tangga penuh lima tahun yang lalu. Biasa ada asisten rumah tangga yang mengurus rumah. Mulai dari berbenah dan masak. Pada tahun tersebut, aku mengurus semuanya sendiri.

Sebenarnya masak bukan hal baru. Cuma karena bertahun-tahun jarang ke dapur. Jadi semuanya kayak baru lagi.

Masak itu mudah, cuma rasa yang jadi masalah. Meski sudah mengikuti resep dan cara membuat yang sama persis dengan YouTube. Hasil akhir kenapa nggak sama, ya?

Selama empat tahun itu, aku mencoba berbagai macam resep untuk satu jenis masakan. Suami (alm) dan anak pastinya yang menjadi penilai. Sampai dimana kemampuan memasakku itu.

Sebut saja, ayam panggang kecap manis. Mungkin lebih dari tiga resep aku coba untuk menemukan rasa yang pas di lidahku, lidah suami dan kakak.

Baca Juga: Jangan pakai 6 alasan ini buat menikah

Suami-suami Tetangga

Masak menjadi kegiatan mengasyikan, meski tidak jarang aku juga seperti stuck gitu sama rutinitas dapur.

Mandek bukan karena masalah proses memasaknya. Tapi bingung apalagi yang mau dimasak. Secara suami makannya tuh, banyak pantangan karena ada jantung yang harus dijaga.

Kalau tanya suami mau dimasaki apa. Dia simple aja, cukup tempe goreng dan sambal juga jadi. Kalau gitu, kemampuan memasakku nggak akan bertambah, dong.

Masa iya, kalah sama suami tetangga kiri-kanan rumah. Mereka itu lebih jago masak dari aku yang perempuan. Kalau ditanya kenapa mereka jago masak. 
Para istrinya bilang, kalau suami-suami mereka doyan makan. Jadi, kalau para suami mau makan masakan yang disukainya. Mereka belanja dan masak sendiri.
Baca Juga: Resep oseng tempe kacang panjang pedas manis  

Aku pernah lho, dikirim sayur lodeh buatan suami yang tinggal di sebelah kiri rumah. Dan pie susu dari suami yang tinggal di sebelah kanan rumah. Tapi yang antar bukan para suaminya, ya. Wkwk.

Beberapa saat kemudian, seperti biasa kalau mereka sudah mengirim makanan. Notifikasi gawaiku berbunyi dari istrinya tetanggaku itu. Dengan pesan yang berbunyi, "Bude, itu yang masak ayahnya. Kalau aku sih, cocok sama masakan ayahnya. Semoga suka, ya."

Tidak berbeda dengan tetangga yang mengirim kue pie. Istrinya mengirim pesan yang bunyinya, "Bude, itu yang bikin ayahnya anak-anak. Ternyata bikinan ayahnya lebih enak dan bagus penampilannya dibanding kalau aku yang bikin."

Wah, aku sampai terharu. Mereka #suamiIstriMasak bersama untuk makan keluarga. 

Tapi, aku juga pernah kok, di dapur bersama suami. Ya, nggak bantu masak seratus persen, sih. Tapi, momen di dapur itu yang paling berkesan. 

Kalau lagi pulang cepat dari kantor dan menemui aku masih di dapur. Dia biasa akan menemani aku selagi masak. Diajak ngobrol seputar masakan yang sedang dibuat. Tanya-tanya bumbu dapur. Kadang kalau lagi iseng, dia suka peluk aku dari belakang pas lagi cuci-cuci wadah bekas masak. 
Dia juga bisa bantu-bantu goreng. Nggak sempurna tapi niat membantunya sudah buat aku bahagia. 
Baca Juga: Tetangga masa gitu?

Manfaat Suami Dan Istri Memasak Bersama

Menurut aku sih, dampak positif #suamiIstrimasak yang aku dapat dari pengalaman sendiri meski nggak full itu. Jadi tambah akrab aja hubungan aku dan suami. 

Kalau boleh berpendapat. Ini adalah hasil yang aku rasa, ya. Kalau Sahabat memang sudah melakukannya terlebih dahulu. Boleh dong berbagi. Kan, aku jadi bisa menambah poin dari manfaat masak bersama antara suami dan istri ini.

Manfaat SuamiIstriMasak bersama

Manfaat #SuamiIstriMasak bersama: 

1. Menambah kemesraan

Gimana nggak tambah mesra. Secara kita berdua di dapur itu saling lempar canda dan tertawa lepas. Sesaat gawai dilupakan. Istilah kata, tidak ada gawai di antara kami. 

Aku dan suami sama-sama fokus dengan aktivitas di dapur yang dilakukan bareng-bareng. 

2. Semakin tahu selera pasangan

Meski dia selalu terima masakan aku dan makan tanpa banyak tanya. Nah, pas kita ada di dapur bareng-bareng, saat aku akan menambah salah satu bumbu dapur. Dia minta untuk dikurangi, katanya biar rasanya pas (kritikan halus ini sih, berarti selama ini masakan aku…)

3. Ngobrol dari hati ke hati

Meski di dapur, obrolan juga bisa dalam lho. Dari mulai tentang tulisan aku di blog sampai rencana hari tua ketika dia pensiun nanti. 

Dia adalah pembaca setia blog aku. Dia adalah orang pertama yang baca, memberi saran dan kritik membangun. 

Bahkan sesekali di juga membagikan tulisanku kepada teman-temannya. Menurut aku sih, dapur itu seperti kamar tidur kedua. 

Hubungan intim kan, tidak hanya sebatas fisik saja. Ikatan batin yang semakin kuat juga tercipta lewat obrolan dari hati ke hati. 

4. Menghargai 

Mengerti dan memahami kalau masak itu nggak segampang makan yang cuma sekejap. Suami menjadi lebih tahu seluk beluk dapur dan cara memasak yang butuh proses. Apalagi kalau masak, nggak cukup satu macam. 

Judulnya, para suami menjadi lebih menghargai istrinya. Seandainya dia mau makan bersama sepulang kerja karena ada acara kumpul-kumpul. Maka, dia akan memberitahu istrinya. 

Nah, aku sebagai istrinya bisa menyesuaikan jumlah masakan. Dan aku juga nggak sedih-sedih amat kalau sudah masak, terus nggak di makan sama dia. 

Tahu dong, para istri yang sudah masak tapi nggak ada yang makan itu, sakitnya disini.

5. Saling membantu

Suami jago cuci piring meski nggak cepat tapi bersih. Dari pekerjaan kecil akhirnya berkelanjutan membantu pekerjaan rumah tangga lainnya. Seperti menyapu, menyiram tanaman, membereskan tempat tidur. 

Menyadari bahwa tugas seorang ibu rumah tangga tidaklah ringan dan mudah seperti namanya, yang kata orang di luar sana, status IRT itu nggak ada kerjaan dan pengangguran. 

Baca Juga: 9 ciri suami mencintai kita sampai saat ini

Nasi Goreng Strawberry Kecap Manis ABC

Seandainya suami masih ada. Ini adalah resep nasi goreng yang akan aku masak untuknya. Dan dari semua bahan yang aku gunakan. Mungkin pas momen #suamiIstriMasak ini dia akan memotong sosis.

Resep nasi goreng ini belum pernah aku buat sebelumnya. Bahan yang aku gunakan juga menyesuaikan dengan yang ada di dapur.

Berhubung aku malas ngulek, maka bumbu yang digunakan juga serba bubuk yang sudah jadi dan memang aku selalu stok.

Seperti ini lengkapnya nasi goreng ala-ala Desi's Corner yang menggunakan kecap manis ABC.

Baca Juga: Resep ayam kuah kecap bawang bombay

Resep Nasi Goreng Strawberry Kecap Manis ABC

Nasi goreng strawberry kecap manis ABC

Bahan:

  • Sepiring nasi sisa semalam, lalu aku masukkan ke kulkas 1-2 jam
  • 1 buah Sosis sapi dipotong ketebalan sedang
  • Sepotong ayam ungkep disuwir
  • Kecap manis ABC secukupnya
  • Kecap asin ABC secukupnya 
  • Secukupnya garam
  • 1 sdm Minyak wijen
  • Bawang putih bubuk secukupnya
  • Cabai bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Topping:

  • Bawang goreng
  • Cabai merah iris
  • Timun diiris tipis
  • 2 buah Strawberry

Cara membuat:

  • Panaskan minyak, masak sosis dan ayam sampai setengah matang
  • Tambahkan nasi, aduk agar tercampur rata
  • Masukkan kecap manis dan asin ABC, minyak wijen, bawang putih, dan cabai. Aduk hingga tercampur rata dan nasi matang
  • Matikan api kompor, tambahkan sedikit garam. Aduk rata kembali lalu tes rasa
  • Pindahkan ke piring saji lalu beri topping atau garnish gitu
Kalau mau ditambah telur, baik itu ceplok, dadar, atau jadi satu diaduk dengan nasi goreng. Itu optional ya, Sahabat.

Aku nggak pakai telur, soalnya stok di kulkas tinggal 4 butir dan itu untuk bekal kakak makan siang. Tapi soal rasa, menurut aku sih, tetap enak.

Baca Juga: Resep ayam lada hitam paprika

Rasa Sayang Itu Dari Perut Turun Ke Hati

Sudah sering dengar dong, kalau orang makin sayang dan jatuh cinta bukan dari kepribadiannya saja. Tapi bisa menaklukan indra perasa dan pengecap suami juga termasuk.

Buat yang baru berumah tangga, menurutku sih ya, coba deh, banyak-banyak membuat quality time bersama suami.

Nggak perlu modal banyak buat pelesiran. Cukup ajak suami masak di dapur. Belajar bareng masak makanan kesukaan masing-masing.

Quote suami istri ala Desi Corner

Tahu nggak, kalau ternyata kegiatan #SuamiIstriMasak itu sudah di kampanyekan sejak tahun 2018 oleh ABC.

Nggak sangka aja, ABC khususnya kecap, benar-benar mengajak agar kita yang sudah berumah tangga. Dapat merasakan manfaat dari memasak bersama suami.

Sudah empat tahun berlalu semenjak kampanye #SuamiIstriMasak diinisiasi, yang kemudian setiap tahun selalu diingatkan kembali.

Seperti di tahun 2019 kecap ABC menginisiasi kampanye selama Hari Kesetaraan Perempuan. Juga pada 2020: Kolaborasi dengan platform edukasi untuk melibatkan anak-anak dalam kampanye Hari Kesetaraan Perempuan. Dan tahun 2021 lalu: Kolaborasi dengan Titi Kamal dan Christian Sugiono untuk menekankan pentingnya kolaborasi suami dan istri di dapur.

Baca Juga: 

Suamiku memang bukan seperti suami-suami tetangga yang jago masak. Tapi dengan menemaniku saat di dapur dan membantu hal kecil yang dia bisa. Rasa masakan yang dibuat dapat memenuhi seleranya.

Kalau nggak nonton video #SuamiIstriMasak dari Kecap ABC di https://www.youtube.com/watch?v=NWaFeHSab0o. Kenangan bersama almarhum suami tentu nggak akan ditulis seperti ini. 

Buat para istri, coba deh, sesekali ajak suami masak bareng. Dan rasakan jatuh cinta kembali dari para suami lewat masakan yang dibuat bersama.

Semoga rumah tangga Sahabat Desi's Corner semua selalu langgeng, ya.

Selamat memasak.











Wednesday, November 30, 2022

6 Hal Merugikan Menjadi Seorang Introvert

November 30, 2022 0
Menjadi introvert berarti menghindari diri dari kerumitan yang terjadi di dunia ini dalam arti luas.

Mungkin sekilas terdengarnya asik karena itu berarti orang introvert tidak ingin menambah dan menjadi masalah di dalam 'dunia' ini.

Padahal menjadi introvert pun sebenarnya adalah tantangan sekaligus juga menjadi kerugian untuk diri sendiri.

Kerugian menjadi introvert salah satunya adalah, kamu akan kehilangan kesempatan atau kalah bersaing dengan orang lain.

Dan berikut adalah enam hal yang merugikan kalau menjadi introvert di era sekarang ini:

1. Orang memandang kalau menjadi introvert itu aneh

Lingkungan dimana kamu bersosialisasi tentu merasa kecewa karena kamu menjauhkan diri dari mereka.

Kamu bilang, kalau kamu suka dan cinta bekerja di perusahaan kamu. Tapi nyatanya kamu malah menjauh dan lebih memilih menyendiri. Bukankah ini aneh namanya?

Alih-alih asik dengan diri sendiri. Orang introvert seperti ini malah akan dicurigai atau diremehkan lalu malah dikucilkan.


2. Orang memilih untuk tidak berjejaring dengan kamu

Berjejaring adalah hal penting yang harus dilakukan di dunia kerja. semakin luas jaringan, maka semakin banyak orang yang akan kamu temui dari berbagai bidang yang mungkin membantu kamu dalam beberapa cara.

Tetapi ketika kamu diam dan tidak banyak berbicara atau kamu lebih suka menjadi introvert. Maka kamu akan kehilangan kesempatan untuk bekerja sama dengan orang-orang yang berkompeten.

3. Keahlianmu sering diabaikan

Tidak peduli seberapa ahli atau jagonya kamu dalam suatu hal dan kamu pun mempunyai peluang besar akan hal tersebut.

Sisi introvert kamu akan menutup kesempatan itu. Jika kamu mau maju, tunjukkan pada mereka kalau kamu mampu. Jangan diam saja.

4. Susah dapat pasangan

Introvert kebanyakan sengsara dalam kehidupan kencan karena mereka tidak memiliki kepercayaan diri untuk bergaul dengan orang lain atau mereka tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk berbicara dengan calon pasangan. Introvert benar-benar kalah untuk soal perkencanan ini.

5. Dimanfaatkan orang lain (dalam hal pekerjaan)

Orang-orang memanfaatkan sisi introvert kamu dengan mengklaim pekerjaan kamu sebagai milik mereka.

Dikarenakan seseorang yang introvert biasanya menghindari situasi konfrontasi. Sehingga mereka lebih memilih tetap diam ketika pekerjaan mereka dibayangi atau dimanfaatkan oleh orang lain.

Dan ini adalah salah satu hal terburuk yang bisa dihadapi seorang introvert.

6. Sering terjadi miskomunikasi dan salah penilaian

Orang akan banyak salah paham tentang introvert. Beberapa bahkan tidak mencoba untuk memperbaiki kesalahan mereka.

Orang-orang mengira bahwa kamu tidak menyenangkan, antisosial, tidak aman, atau sombong. Bahkan banyak juga yang salah menilai tentang introvert meskipun semua orang tidak sama.

Tidak ada pribadi yang sempurna. Semua mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dan hal diatas adalah hanya penggambaran bahwa menjadi introvert pun bisa merugikan diri sendiri.

5 Alasan Hubungan Kamu Dan Pasangan Tidak Bertahan Lama

November 30, 2022 0

Mengapa hubungan tidak bertahan lama?

Bukan buat yang masih dalam tahap perkenalan atau sudah menikah. Alasan-alasan hubungan kamu dan pasangan yang akan dibahas ini bisa jadi adalah, penyebab hubungan kamu dan pasangan tidak bertahan lama.

Minggu lalu waktu ngobrol sama mamah. Mamah bilang gini, "Dulu kirain yang namanya jodoh itu, kalau udah nikah. Artinya emang udah jodoh. Nggak tahunya salah. Banyak pasangan yang udah nikah sampai usia perak. Akhirnya pisah juga. Kayak, Lydia Kandou atau Dewi Yul."

Dipikir-pikir iya juga, sih. Terus kita banyak yang tanya pada diri sendiri. Kenapa hubungan mereka yang bukan seumur jagung tidak bisa dipertahankan? Kan, asam garamnya sudah menggunung.

Setelah dengar banyak cerita dan pengalaman orang yang akhirnya mereka memutuskan untuk menyudahi hubungan. Kita pun jadi instospeksi diri pada hubungan yang sedang dijalani sekarang. 

Jujur deh, pastinya kita sering bertanya-tanya pada diri sendiri, kan? Sebenarnya apa sih, yang salah dengan hubungan yang dijalani? Kok, bisa sampai akhirnya harus putus atau selesai begitu saja. Padahal saat itu, hubungan yang dijalani dengan pasangan baik-baik saja.

Mungkin ya, mungkin, kita tidak menyadari bahwa sebenarnya ada hal-hal kecil yang bisa saja terlewat atau tidak masuk hitungan ketika sedang menjalani sebuah hubungan. Istilah kata ngge 'ngeh gitu.

Sehingga akibatnya, kita dan pasangan harus mengakhiri hubungan.

Baca Juga: Jangan pakai 6 alasan ini buat menikah

5 alasan mengapa sebuah hubungan akhirnya tidak bertahan lama bersama pasangan: 

1. Kamu tidak minta apa yang kamu inginkan

Ketika bersama pasangan, pernah nggak kamu tuh, sebenernya kepengin banget dia berbuat sesuatu untuk kamu. Tapi, kamu nggak pernah mengomunikasikan atau mengutarakan pada pasangan.

Kamu tuh, merasa malu atau takut dengan reaksi pasangan kamu. Akhirnya semua keinginan kamu cuma disimpan sendiri.

Ketika kamu berdiam diri dan berpikir bahwa mungkin segala sesuatunya akan berubah. Dan juga mungkin suatu hari pasangan akan mengerti maksud kamu dengan segala sinyal yang kamu berikan.

Please, deh! Memangnya pasanganmu harus selalu mengerti sinyal yang nggak jelas maksudnya itu?

Kalau tidak bicara dan disampaikan apa maksud dan keinginan kamu. Mana bisa dia nyambung dan memenuhi segala keinginan kamu?

Nah, inilah salah satu alasan yang bisa jadi sebuah hubungan tidak bertahan lama.

Baca Juga: 7 cara meluluhkan hati pria ala Desi's Corner

2. Berani mengatakan TIDAK

Tahu kan, people pleaser? Selalu ingin menyenangkan orang lain atau selalu merasa tidak enak kalau menolak dan tidak berani mengatakan 'tidak'.

Padahal mengatakan TIDAK adalah hal penting dalam menjalin sebuah hubungan. Bukan saja sebatas fisik tetapi juga untuk kesehatan mental kamu.

Selalu mengatakan 'ya' untuk menyenangkan pasangan sepanjang waktu dan tidak melakukan apa yang kamu suka karena kamu tidak bisa mengatakan TIDAK.

Hal tersebut bisa membuat kamu jatuh ke dalam lubang yang terlihat semakin dalam dan bahkan dapat membuat depresi karena hubungan yang kamu jalani itu.

Kamu berhak atas diri kamu sendiri. Kalau kamu nggak suka diajak ke pesta karena kamu disana cuma jadi pajangan. Kamu harus berani mengatakan 'tidak' kepada pasangan kamu.

Dan ketika kamu tidak ingin disentuh pada titik tertentu. Kamu juga berhak mengatakan 'tidak'. Meski sudah menjadi pasangan yang sah.

Sentuhan atau hubungan intim pun bisa dikomunikasikan dimana kedua-duanya merasa senang ketika melakukannya. Bukan sepihak.

Seandainya pasangan kamu ingin bekerja lembur hingga larut malam dan itu terjadi bukan sekali atau dua kali. Maka kamu berhak juga mengatakan tidak. Kamu juga perlu diperhatikan. Bukan saja kebutuhan fisik tapi juga lahiriah.

Jika kamu tidak dapat mengatakan ini dalam suatu hubungan. Itu berarti kamu memiliki ikatan yang hampa dan tidak heran kalau pada satu hari tertentu hubungan kamu dan pasangan tidak dapat bertahan lama alias bubar jalan.

Baca Juga: Selembar surat untuk sahabat sejati

3. Tidak menentukan batasan

Penting bagi satu pasangan untuk menentukan batasan dalam sebuah hubungan yang sehat. Ingat, batasan yang dibuat harus dijalankan. Kalau tidak, buat apa membuat batasan?

Kalau kamu membuat batasan lalu tidak melaksanakannya, itu artinya kamu membiarkan pasangan kamu berpikir bahwa keinginan kamu itu tidak serius.

Seperti apa batasan yang harus ditentukan? Ya, kembali lagi kepada kamu dan pasangan. Batasan apa yang perlu disepakati.

Misalnya, batasan meluangkan waktu untuk diri sendiri, meminta bantuan jika dibutuhkan, menyeimbangkan kekuatan agar hubungan tetap erat, berhenti merasa bersalah untuk yang hal yang tidak seharusnya, dan lainnya.

Baca Juga: Romantisme suami pada istri

4. Dunia kamu bukan hanya dengan pasangan kamu saja

Kamu menjadi kuat ketika bersama pasangan. Ini adalah hal yang seharusnya terjadi. Tapi lain hal ketika kamu justru merasa tidak aman ketika bersamanya. 

Kamu merasa kehilangan jati diri kamu. Kamu menjadi pribadi yang berbeda ketika bersamanya. Bukan ke arah positif tapi kebalikannya.

Sebaiknya kamu menyadari hal tersebut. Semua itu adalah pertanda bahwa kamu berada dalam lingkungan yang sangat tidak sehat.

Jika tidak dihentikan, itu artinya kamu membiarkan pasangan mengendalikan hidup kamu yang bahkan mungkin dapat menghancurkan kamu.

Tidak hanya itu, akibat sikap pasangan kamu itu, bisa berdampak pada orang lain di sekitar kamu.

Padahal kesejahteraan emosional kamu adalah tanggung jawab kamu sendiri, bukan tanggung jawab pasangan kamu. Siapa lagi yang lebih mengenal dan menyayangi diri selain diri kita sendiri?

Baca Juga: 9 ciri suami mencintai kita-sampai saat ini

5. Usia tidak menentukan kematangan emosional seseorang

Tingkat kedewasaan dalam diri seseorang merupakan salah satu fondasi dalam menjaga agar hubungan tetap terjalin sehat.

Entah dia sukses, pandai, cakap, dan terampil. Jika sisi emosionalnya tidak dewasa. Hubungan yang harmonis akan susah didapat.

Itulah lima alasan secara psikologis mengapa sebuah hubungan tidak bertahan lama. Apakah Sahabat Desi's Corner mempunyai pengalaman dari salah satu poin diatas?

Atau barangkali mempunyai cerita tentang alasan mengapa salah satu dari pasangan memutuskan untuk mengakhiri hubungan?












Please, Jangan Jadikan 6 Alasan Ini Untuk Menikah Dengan Pasangan

November 30, 2022 7

Alasan menikah harus dianalisis

Mau kilas balik sedikit tentang alasan menikahnya aku. Dan juga berbagi cerita dari para Sahabat Desi's Corner semua. Apa sih, alasan para Sahabat Desi's Corner menikah dengan pasangan? 

Siapa tahu nanti ada yang galau. Dan sedang mencari alasan untuk menikah dengan pasangannya. 

Menikah kan, cukup satu kali. Menurutku alasan menikah bukan hanya karena cinta saja. Meski kalau balik lagi ke agama. Menikah itu karena Alloh dan yang pasti untuk memenuhi perintahnya.

Sebagai pengingat, tulisan tentang alasan menikah dengan pasangan ini, tidak membahas tentang materi, ya.

Baca Juga: 4 kesalahan karir di usia 30-an

Gelisah Tak Kunjung Menikah

Tidak perempuan atau laki-laki, urusan menikah bukan saja menjadi masalah pribadi. Tapi keluarga juga, mau tidak mau mereka ikut terlibat didalamnya.

Buat yang belum dan yang akan mau menikah. Jangan sampai alasan-alasan yang akan dibahas dalam artikel ini, menjadi keputusan untuk menikah. 

Mending nge-jomlo dulu aja, deh, daripada menggunakan alasan-alasan ini. Jangan sampai pernikahan cuma sebatas umur jagung.

Wajar sih, kalau umur sudah masuk usia menikah belum juga naik pelaminan. Lalu kegelisahan dan kegalauan menghantui di setiap mata ingin terpejam.

Apalagi terima undangan pernikahan teman tiap minggu. Atau mengunjungi teman yang baru melahirkan anak. Ditambah sapaan mereka, "Kamu kapan?"

Tinggal ke laut aja deh, yang ada. Senyam-senyum sambil garuk kepala.
Tenang, definisi pasrah jodoh ditangan Tuhan itu. Kalau usaha tetap jalan, doa nggak putus, menaikkan kualitas diri digeber terus. Yakin aja kalau Tuhan sedang mempersiapkan jodoh terindah dan terbaik.
Jadi, sikap yang wajar kalau merasa risih ketika mendengar kabar sahabat, teman, atau kerabat yang akan menikah dengan pasangannya. Kan, Sahabat juga masih usaha. Cuma belum waktunya saja.

Baca juga: Selembar surat untuk sahabat sejati

Apa Alasan Menikah Dengan Pasangan?

6 alasan menikah dengan pasangan yang seharusnya tidak digunakan

Aku menikah dengan almarhum suami tahun 1999. Dengan masa pacaran di SMA selama kurang lebih satu tahun, empat tahun LDR, sisanya tiga tahun lebih sedikit bareng-bareng cari kerja, menabung, dan diapeli seminggu sekali.

Mengenal selama hampir sembilan tahun. Kami rasa cukup untuk melangkah lebih jauh. Cuma itu alasannya agar kami bisa bersama. Cinta.

Tapi, zaman sekarang, semuanya yang makin kesini makin kesana aja. Setiap orang mempunyai kekuatan mental yang berbeda-beda.

Demi menyelamatkan diri dari rasa minder dan desas desus tidak laku karena usia yang kian bertambah. Akhirnya diputuskanlah menikah karena alasan desakan sosial.

Padahal keputusan menikah itu harus dianalisis, di introspeksi, dan dipikirkan dengan cermat oleh kedua pasangan.

Baca juga: Saat ikhtiar dan doa berbeda dengan takdir

Tapi sayangnya, masih banyak orang menikah dengan 6 alasan berikut ini:

1. Tekanan sosial

Ketika semua orang di sekitar Sahabat akan menikah, mau tidak mau pastinya Sahabat akan merasakan banyak tekanan sosial diminta untuk segera menikah.
Buat yang mentalnya kurang kokoh. Perundungan verbal mungkin akan membuat keputusan tergesa-gesa dan tanpa pertimbangan yang matang.
Mencari pasangan itu bukan perkara mudah. Target memang bisa dibuat. Tapi kalau usaha belum membuahkan hasil? Ya, lebih baik tetap menjomlo.

Maka sebaiknya, abaikan saja tekanan sosial yang menghampiri Sahabat. Coba alihkan segala yang menggelisahkan hati dengan hal positif. Atau membuat prestasi yang membuat orang di sekitar Sahabat teralihkan.

2. Desakan keluarga

Selain masyarakat, tekanan dari dalam yaitu keluarga adalah salah satu alasan terbesar mengapa orang menikah dengan seseorang atau orang lain tanpa perhitungan yang masak.

Anggota keluarga mungkin terus-menerus mengejar Sahabat untuk bertemu seseorang. Dan diminta untuk menikah agar mereka dapat hidup tenang dan tidak ada beban lagi.

Mereka tidak bisa melihat santainya Sahabat dengan status jomlo. Sedangkan di sekeliling mereka. Orang-orang seusia Sahabat, rata-rata sudah menikah.

Keluarga ingin Sahabat segera mendapatkan pasangan lalu melepas masa lajang. Sehingga beban mereka dari status Sahabat pun lepas.


3. Pernikahan akan menyelesaikan masalah

Alasan menikah untuk melepas status

Orang yang menikahi pasangannya dengan mentalitas bahwa menikah akan menyelesaikan semua masalah yang ada karena soal status. Ini  adalah salah total.

Pernikahan bukanlah sekedar melepas masa jomlo. Nama yang tercatat resmi, baik dalam agama maupun negara.

Pernikahan adalah menyatukan dua insan yang berbeda karena Allah. Cinta lahir dan batin. Menyelami suka dan duka kehidupan bersama.

Bukan ajang perbaikan yang akan menyelesaikan masalah status kejombloan Sahabat.

Solusi masalah jomblo dengan menikahi seseorang tanpa hati tulus. Justru akan menjadi masalah baru ketika Sahabat Desi's Corner dan pasangan sudah menikah. Karena pondasi awal yang tercipta tidak kuat menopang kehidupan berumah tangga.

Baca juga: Merayakan cinta dengan sahabat sejati

4. Pasangan memberikan ultimatum untuk segera menikah

Kalau pasangan mengajak menikah dan memberi ultimatum, jika tidak menyetujui pernikahan tersebut, lalu pasangan mengancam akan meninggalkan Sahabat. Ini bisa jadi pertanda akan adanya bahaya besar.

Alasan menikah dengan pasangan itu bukan karena paksaan, dipaksa, atau didesak. Sehingga Sahabat merasa tertekan mengiyakan untuk menikah.

Terlebih itu semua datangnya dari pasangan Sahabat sendiri. Kecuali, kalau memang sudah siap secara mental, tidak masalah untuk menerima ajakan tersebut.

5. Menikah menjadi ajang pembuktian diri akan sebuah hubungan

Pernikahan adalah fondasi dasar untuk menciptakan kehidupan sosial dalam lingkup kecil yaitu membangun sebuah keluarga.

Namun untuk mengarah kesana, tidak harus dengan menikah yang bertujuan hanya ingin membuktikan keseriusan hubungan Sahabat dengan pasangan.

Pertama, Sahabat tidak harus membuktikan apa-apa kepada siapa pun. Percaya atau tidak, hidup di zaman sekarang ini. Beberapa orang melihat bahwa pernikahan itu hanya sebagai simbol status.

Dan beberapa lainnya melihat bahwa menikah itu dijadikan sebagai cara untuk berjejaring. Sementara yang lain hanya melihat untuk memvalidasi keberadaan mereka melalui pernikahan.
Landasan menikah sebagai pembuktian sebuah hubungan, sebaiknya tidak dilakukan.
Baca Juga: Lebaran 50:50

6. Menikah agar tidak kesepian

Alasan menikah karena Allah

Alasan macam apa ini? Tapi, memang benar ada, sih. Suka dengar aja alasan menikah dengan pasangan katanya, biar hidup nggak sepi.

Padahal alasan menikah dengan seseorang atau pasangan agar hidup tidak pernah kesepian bukanlah alasan yang baik.

Sikap yang wajar dan normal kalau menjadi jomlo terlalu lama jadi hal menakutkan. Tapi berkomitmen pada seseorang yang tidak terlalu dikenal atau tidak yakin, adalah keputusan yang sangat buruk.

Bagaimana bisa membahagiakan pasangan, kalau diri sendiri saja tidak bahagia?

Kalau Sahabat Desi's Corner, alasan menikah dengan pasangan dulu apa?

Atau mau menambahkan alasan yang tidak boleh digunakan untuk menikah? Barangkali bisa menjadi tambahan buat para pasangan yang akan menikah. Yuk, sharing!