Sunday, March 3, 2024

Mau Belajar Bahasa Inggris Daring? Di TBI Pondok Indah Aja


Belajar Bahasa Inggris di TBI Pondok Indah

Beberapa hari yang lalu, aku berkesempatan belajar bahasa Inggris secara daring dari TBI (The British Institute) Cabang Pondok Indah, Jakarta selama tiga hari.

Aku mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris dari TBI ini melalui komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) yang aku ikuti.

Pikir aku tuh, belajar bahasa Inggris conversation sehari-hari gitu. Nggak sangka aja bakal belajar menulis artikel dalam bahasa Inggris. Asli, seneng banget lah.

Ilmunya daging banget. Meski dasar menulis hampir sama dengan menulis artikel dalam bahasa Indonesia. Tapi untuk praktinya, cukup berjuanglah ya. Secara aku kan, belum pernah menulis artikel dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: Begini Ceritaku dari Workshop Detox Emosi Jelang Ramadhan

Untungnya Belajar Bahasa Inggris Secara Daring Bersama TBI

Zaman sekarang, mencari ilmu bisa dari mana dan kapan saja. Cukup duduk manis depan laptop, komputer, gawai, tablet, atau sarana lainnya. Sahabat Desi’s Corner sudah bisa belajar dari tutor yang kompeten.

Gampang, kan? Ya jelas gampang, dong. Secara salah satu keunggulan belajar bahasa Inggris di TBI Pondok Indah memang sistem pembelajarannya yang beragam. Yaitu selain Offline learning, bisa juga dengan Online learning.

Judulnya, TBI Pondok Indah kepengin para peserta kursus bahasa Inggris nya, bisa belajar di mana dan dari mana saja. Hal ini dikarenakan TBI memiliki kelas yang dapat diakses secara daring dan aplikatif.

Untuk waktu kursusnya sendiri fleksibel dan variatif. Sahabat Desi’s Corner bisa pilih sesuai waktu kosong yang dipunya. Mau weekend atau weekday juga bisa kecuali hari Minggu ya. Jam nya juga pilih sendiri, mulai dari pukul 09.00 - 20.30 WIB.

Baca Juga: Mengekspresikan Diri Lewat Tulisan dengan Teknik Doodle Art

Tutor yang Interaktif, Komunikatif, dan Berkualitas

Kursus bahasa Inggris daring di TBI


Selama tiga hari kemarin itu, kami para peserta diberi materi menulis artikel yang memang sesuai dengan kebutuhan kami sebagai seorang blogger.

Kelas yang berlangsung selama dua jam penuh dari pukul 10.00 - 12.00 WIB melalui zoom meeting dan google classroom sebagai media peserta melihat materi dan latihan. Berlangsung seru dan dirasa cukup pendek karena memang seasyik itu belajarnya.

Mr. Bertram nama tutor yang mendampingi kami, begitu interaktif dan komunikatif. Membuat kami ber-10 bisa mengeluarkan suara dan berbicara dalam bahasa Inggris meski terbata-bata.

TBI memang menerapkan metode pengajaran eklektik (eclectic approach), yang menitikberatkan pelajaran di kelas pada kebutuhan siswa (student-centered learning), yang relevan dan praktikal.

Jadi, kami para blogger yang kerjaannya menulis artikel banyak terbantukan. Gak salah waktu dulu zaman kuliah tahun 90-an, aku kepengin banget kursus di TBI. Bukannya apa-apa, karena TBI itu tenaga pengajarnya ada yang asing (native) juga lokal (non-native) pastinya. Kesemuanya jelas lah berpengalaman dan berstandar kualifikasi internasional.

Bikin aku salut tuh, dengan waktu yang cuma dua jam selama tiga hari itu. Kami para peserta kebagian jatah dikoreksi untuk setiap tugas yang diberikan oleh tutornya.

Nah, aku kebagian di hari pertama dan kedua. Untuk hari ketiga, aku gagal total eung. Aku nulisnya jadi kayak cerita drakor gitu.

Tugas hari pertama itu, tentang review film. Hari kedua review tempat makan atau minum. Dan hari ketiga, membuat artikel berita.

Ya, lumayan banyak lah koreksinya. Maklum artikel pertama yang ditulis dalam bahasa Inggris. Kata tutor nya sih, “pretty good for the beginner.”

Kapan sih, TBI Berdiri?

Waktu aku kuliah di Bandung tahun 1992. Kalau nggak salah dulu tuh, di Jalan Riau. Aku kepengin banget kursus di sini. Cuma belum kesampaian secara budget dan lokasi yang cukup jauh dari kampus di Taman Sari. Ditambah kendaraan ke arah sana juga lumayan gonta-ganti.

Kalau tahun segitu aja udah berdiri, berarti kualitas TBI nggak perlu diragukan lagi. Baik dari segi SDM (Sumber Daya Manusia) pengajar, metode pembelajaran, ataupun materi.

Ternyata memang TBI (The British Institute), sudah berdiri sejak 18 Februari 1984. TBI menjadi salah satu institusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran atau pelatihan bahasa Inggris.

Lebih kerennya lagi, TBI didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre) yang menjadikan satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

Baca Juga: Blogger Wajib Tahu Menulis Sesuai Kaidah SEO

Kenapa Kursus Bahasa Inggris di TBI Pondok Indah?

Kursus online di TBI Pondok Indah

Kalau Sahabat Desi’s Corner masih mencari tempat kursus bahasa Inggris. Entah itu buat diri sendiri, anak, keponakan, kerabat, atau lainnya. TBI harus dicoba, nih.

Selain keuntungan waktu yang fleksibel dan bisa belajar secara daring. 

Ada tiga lainnya yang cuma bisa didapat di TBI Pondok Indah, seperti:

1. Kualitas

Sebagaimana TBI yang lain, kualitas TBI Pondok Indah tidak perlu diragukan lagi dari segi metode pengajaran, atmosfer kelas, tenaga pendidik, kurikulum, serta modul atau panduan yang digunakan.

2. Lokasi strategis

TBI Pondok Indah berada di lokasi strategis yang dekat dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah, dan sebagainya.

3. Biaya kursus bahasa Inggris terjangkau

Biaya yang terjangkau jadi nilai tambah tersendiri. Apalagi hasil yang didapatkan juga sepadan. Oleh karenanya, TBI dipercaya perusahaan-perusahaan besar untuk memberikan pelatihan bahasa Inggris.

Baca Juga: Terima Kasih Blogspedia Untuk Writing Challenge 15 Harinya

Program-program yang Tersedia di TBI

Selain kelas untuk publik, TBI Pondok Indah juga dapat memfasilitasi kebutuhan perusahaan atau institusi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris karyawan.

Nah, kamu bisa mengajukan proposal nih, ke perusahaan untuk mendapatkan program pelatihan bahasa Inggris dari TBI.

Dengan tutor yang berpengalaman dan bersertifikasi internasional. Kebutuhan industri perusahaan akan bahasa Inggris dapat terpenuhi.

Kalau karyawan maju, perusahaan juga diuntungkan karena karyawan akan mendapat kesempatan mengembangkan karir ke arah manajerial atau peran internasional.

Baca Juga: Nasi Goreng Strawberry Kecap Manis ABC, Buat #SuamiIstriMasak yang Nggak Pake Lama

Nah, ini dia program-program yang tersedia di TBI:

1. Core Programmes

• Young Learner English
• Global English
• Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)
• Professional English
• Corporate Training

2. Customized Programmes

• Workshop for Professionals
• Private Classes
• International Exam Prediction Test

3. Powered by UTC

• ICAS
• Teacher Training
• CELTA
• Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools)
• Digital Learning

Baca Juga: Yuk! Gabung Di Komunitas Penulis Dan Raih Peluang Ngeblog Bersama IIDN

Bagaimana, udah nggak bingung lagi kan mau belajar bahasa Inggris dimana? 

Cuzz lah, daftar ke TBI. Ini alamatnya buat kamu yang pengin tahu lebih banyak tentang TBI Pondok Indah: 

TBI Pondok Indah
T: 021 751 0020 / 0852 8006 8450
E: info.pondokindah@tbi.co.id
Website : www.tbi.co.id
YouTube : The British Institute
Instagram : @tbipondokindah_
Facebook : TBI Pondok Indah

Buat penambah semangat belajar bahasa Inggris.  Quote dari Marketing Communication Manager TBI, Mbak Diah Pratiwi Soehendro ini, wajib disimak.
Jangan biarkan kurangnya kemampuan berbahasa Inggris menghalangi kita untuk meraih impian dan tujuan kedepan. Tingkatkan aktualisasi diri sehingga kita lebih percaya diri dengan segala pekerjaan yang kita tekuni. Kemampuan bahasa Inggris akan mendukung pengembangan interpersonal skill untuk berkomunikasi dan berinteraksi baik secara lisan maupun tulisan.

 Good luck buat Sahabat semuua. Semangat!








No comments:

Post a Comment