Friday, June 18, 2021

Tumis Bunga Genjer Minim Bumbu dan Rempah


Masak tumis bunga genjer

Sore ini aku masak tumis bunga genjer minim bumbu dan rempah. Bukannya pelit bumbu, tapi memang stok bumbu dapurnya nggak komplit. Meski menggunakan bumbu seadanya, soal rasa tetap oke.

Genjer dan Kandungan Gizi Didalamnya

Hari Minggu kemarin pas belanja, aku membeli tiga ikat bunga genjer dengan harga lima ribu rupiah. Di pasar dekat rumah, nggak semua kios jual jenis sayuran ini. Apalagi di supermarket, dijamin nggak bakal nemu jenis sayuran ini.

Maklum, genjer nggak terlalu terkenal seperti kangkung, bayam, atau jenis sayuran hijau lainnya. Mungkin karena kastanya beda. Secara tanaman genjer ini tumbuhnya di sawah.

Malah sebenarnya genjer itu hama padi yang kalau dibiarkan tumbuh bakal menghambat pertumbuhan padi itu sendiri. Konon katanya sih, genjer dijadikan sebagai bahan makanan karena rakyat kita dulu itu miskin dan hidupnya sangat memprihatinkan. 

Aku juga baru tahu sayuran genjer ini belum lama. Aku tahunya kalau genjer itu sebuah lagu di film sejarah tentang pembunuhan tujuh jenderal. Eeh, nggak tahunya bahan tumisan enak.

Baca Juga: Oseng Tempe Kacang Panjang Pedas Manis

Kandungan Gizi

Kandungan gizi genjer yang memiliki nama keren limnocharis flava ini tidak kalah dengan sayuran hijau lainnya.

Dalam 100 gr genjer kita bakal mendapatkan:

- Energi 39 kkal
- Protein 1,7 gr
- Lemak 0,2 gr
- Karbohidrat 7,7 gr
- Serat 0,95 gr
- Mineral: kalsium 62 mg, fosfor 33 mg, zat besi 17.97 mg, kalium 300,46 mg, natrium 3,13 mg, magnesium 2,81 mg, zn 1,28 mg dan tembaga 0,613 mg.

Nggak sangka, kan, kandungan gizi sebanyak ini bisa aku dapat dengan harga yang nggak sampai sepuluh ribu rupiah? Mengolahnya pun mudah. Buat yang jarang atau baru menyentuh dapur pun, tumisan ini gampang banget dibikinnya. Rasanya juga bakalan oke. 

Gizi yang dimiliki genjer

Resep Tumis Bunga Genjer Minim Bumbu dan Rempah

Bumbu tumisan biasanya sih, standar aja. Bawang putih dan cabai jadi pemeran bumbu utama. Cuma karena ingin hasil yang istimewa. Aku cari-cari resep tumis genjer biar hasilnya makyus gitu. Tapi sayang, stok bumbu di dapur nggak mendukung. Jadi bumbu yang dipakai, ya, seadanya.

Bahan yang disiapkan:

1. Genjer - 1 petik bunga dan batang secukupnya.
2. Bawang putih - 2 siung 
3. Cabai merah - 3 buah
4. Cabai rawit merah - 3 buah (karena suami suka pedas jadi pakai cabai rawit setan juga)
5. Kecap manis - 1 sdm (sesuai selera)
6. Garam - secukupnya
7. Gula - secukupnya
8. Kaldu jamur - secukupnya
9. Air - secukupnya
10. Minyak untuk menumis

Kalau resep versi komplit, tumisannya ditambah daun salam, tomat, terasi, ada juga jahe, tapi tanpa kecap.

Cara membuat:

1. Tumis bawang putih yang sudah dicincang sebentar lalu masukkan cabai iris serong. Tumis sampai mengeluarkan aroma.
2. Masukkan air dan tunggu sampai mendidih. 
3. Masukkan genjer. Aduk rata dengan bumbu tumisan.
4. Masukkan kecap, gula, kaldu jamur, aduk rata. Masak bunga genjer sampai tingkat kematangan yang diinginkan. Kalau aku cuma sebentar aja.
5. Matikan kompor. Tambahkan garam secukupnya. Aduk kembali tumis genjer hingga rata lalu tes rasa.
6. Sajikan hangat bersama nasi dan tempe goreng tepung 😜. Di rumah bikin tumis ini sampai tiga kali dalam waktu dua hari.

Tips:

Pilih bunga genjer yang empuk dan belum mekar. Agar ketika dimakan tidak alot. Atau bisa juga sebelum dimasak direbus dulu dengan ditambah garam agar warnanya tidak berubah. Setelah itu baru deh, ditumis.

Baca Juga : Review Usaha Masakan Rumahan Dapoerasatoe

Manfaat Genjer

Selain kandungan gizi dari genjer yang dimasak sangat mudah dan nggak pakai lama ini. Ternyata ada beberapa manfaat yang akan kita dapat bila mengonsumsinya.

Berikut manfaat genjer bagi tubuh:

1. Meremajakan sel-sel tubuh

Menurut perkiraan ilmiah, sel dalam tubuh kita setiap hari mati sebanyak 432 milyar. Dan sel yang mati tersebut akan beregenerasi atau berganti dengan sel baru. Nah, kandungan protein dalam bunga genjer akan membantu memproduksi sel-sel baru tersebut.

2. Cadangan Energi dalam Tubuh

Aktivitas kita sehari-hari nggak bakal lancar kalau kita kekurangan karbohidrat dan lemak. Asupan genjer yang masuk ke dalam tubuh akan memenuhi kebutuhan energi selain protein yang kita konsumsi.


3. Mencegah Osteoporosis

Kalsium dalam genjer akan membantu pembentukan tulang bagi anak-anak. Sedangkan untuk orang dewasa dapat mencegah osteoporosis dan menghilangkan rasa ngilu pada persendian.

4. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pada genjer yang cukup tinggi, dapat membantu kita yang mempunyai masalah pencernaan atau sembelit.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Kanker

Dengan mengonsumsi genjer, penyakit jantung dan kanker dapat dicegah. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol dalam genjer yang bersifat antioksidan.

Begitu pula dengan kandungan mineral lainnya yang ada dalam genjer. Seperti zat besi sebagai penambah darah, kalsium yang berfungsi menjaga kesehatan tulang, kalium sebagai penyeimbang kadar air dan pengendali aktivitas otot, dan mineral lainnya yang mempunyai peran penting untuk mendukung kesehatan tubuh.

Manfaat mengonsumsi genjer bagi tubuh

Bagaimana Sahabat Desi's Corner, apakah di tempatmu mudah menemukan tanaman bunga genjer ini? Atau mungkin sahabat mempunyai resep tumis bunga genjer lainnya? Boleh dong, bagi-bagi resepnya. 




Sumber bacaan pendukung:


No comments:

Post a Comment