Thursday, September 1, 2022

Blibli, Punya Toko Bukan Impian Lagi, Gampang Dan Nggak Ribet!



Blibli, buka toko online nggak pakai ribet


Siapa, sih, yang nggak kepengin punya toko sendiri? Kayak aku yang punya mimpi dan cita-cita punya toko untuk produk-produk yang aku jual.

Usaha yang dijalani sekarang, sebetulnya sudah lumayan lama. Kurang lebih kalau dihitung dengan pasang-surutnya usaha, sudah berjalan hampir lima tahun.

Baca Juga: Review Usaha Masakan Rumahan Dapoerasatoe

Kenapa disebut pasang surut usaha? Ini alasannya:

1. 2017 - aku mulai usaha berjualan yoghurt dengan brand Yo'Qta. Semua berjalan lancar karena didukung oleh reseller.

2. 2018 - keuntungan tiap botol dari harga jual Yo'Qta yang Rp 2.000-3000 memang receh. Tapi banyaknya penjualan, membuat omset yang didapat pun lumayan. Bisa buat biaya umroh satu orang pada tahun tersebut.

3. 2019 - adanya kenaikan transportasi ojek online, membuat usahaku lumayan terganggu. Ditambah, kantor tempat reseller aku bekerja, tidak memperbolehkan lagi karyawannya untuk berjualan.

4. 2020-2021 - COVID-19 melumpuhkan usahaku, karena reseller diwajibkan WFH. Ditambah akupun tertimpa musibah harus kehilangan suami, Ibu mertua, dan Adik ipar hanya dalam waktu satu minggu karena virus Corona.

5. 2022 - mental down. Dan aku baru saja bangkit untuk mulai jualan lagi.

Baca Juga: Usaha Batik Tak Lekang Oleh Waktu

Up And Down Usaha, Tapi Banyakan Down-nya

Jujur, aku belum memperoleh peningkatan yang signifikan untuk angka penjualan. Bulan Februari, 2022, saat aku bergerilya ke teman-teman lama, juga reseller. Respon mereka lumayan baik. Bahkan, ada beberapa pelanggan baru yang mau mencoba Yo'Qta.

Omset perlahan mulai naik, meski jumlahnya tidak seperti tahun 2017. Tapi, sebagai awal, menurutku sudah lumayan bagus karena aku harus membuat para pelanggan tahu bahwa Yo'Qta masih ada.

Perlahan asa yang tenggelam mulai tumbuh. Selama tiga bulan, penawaran pada penggemar Yo'Qta termasuk penggemar baru mulai datang.

Aku pun rajin menulis di toko online ku saat itu, My Google Business. Seminggu bisa beberapa kali upload foto dan tulisan yang cukup panjang, untuk mengenalkan produk yoghurt, Yo'Qta.

Tidak lupa, pembeli yang banyaknya adalah teman. Aku minta untuk memberi ulasan di toko online-ku itu. Sayang, putus asa nggak pernah absen datang menghampiri.

Sampai akhirnya, aku pun kalah. Lelah dengan usaha yang seharusnya aku jalani terus. Kalimat motivasi, 
Bisa jadi kesuksesan sedang menunggu di ujung jalan ketika kamu menyerah
sepertinya huruf-huruf kalimat itu terbang acak kayak asa yang melayang untuk kesekian kalinya.

Memasuki Ramadhan, usahaku benar-benar berada di titik nadir. Hanya kerabat dekat dan 1-2 orang yang memang benar-benar penggemar Yo'Qta yang masih bertahan. Selebihnya tidak terdengar kabar lagi.

Dan ini yang membuat usahaku lemah, lesu, tak bergairah:

1. Mental melempem
2. Iklan kurang
3. Tidak mengikuti perkembangan marketing digital saat ini
4. Tidak bergabung dengan komunitas olshopper
5. Tidak membuka toko e-commerce atau marketplace

Baca Juga: Ini 5 Sebab Kalau Nekat Mencoba YoQta

Mulai Perbaiki Diri Dan Membuka Toko di e-Commerce, Blibli

Keuntungan seller di Blibli
Salah satu dari sekian banyak keuntungan bergabung di Blibli Seller Center adalah banyaknya pelatihan atau Webinar gratis yang didapat untuk meningkatkan penjualan sebagai seller di Blibli

Rezeki tidak melulu berbentuk materi. Informasi juga bisa menjadi pembuka rezeki. Seperti akhirnya aku mendapat kesempatan membuka toko online di e-commerce, Blibli.

Nggak tahu kenapa, aku tuh mikirnya kalau buka lapak di e-commerce itu ribet pakai banget. Alhasil pikiranku tuh, jadi pendek dan tidak mau mencoba karena diri sudah dimasukkan kata 'ribet' di otak.

Padahal punya toko di e-commerce atau marketplace kepenginnya aku dari dulu. Ragu-ragunya kelamaan. Beruntung kesempatan itu masih lewat di saat aku memang menginginkannya.

Cara membuka toko online di Blibli memang betulan gampang dan nggak ribet. Cukup buka website Blibli Center Seller, klik Daftar Sekarang, lalu ikuti langkah-langkah yang harus diisi.

Biar waktu pengisian data Toko di Blibli Center Seller nggak pakai lama, baiknya KTP sudah disiapkan.

Memang di laman Blibli Center Seller tertera tiga hari kerja untuk peninjauan toko online kita. Tapi, selama produk atau barang yang tidak memerlukan verifikasi detail, seperti aku yang masuk kategori minuman.

Hanya dalam waktu hitungan jam, toko online ku yang ada di e-commerce atau marketplace sudah mejeng di antara banyak toko lainnya yang ada di Blibli. Wah, asli bahagia banget, akhirnya bisa punya toko di Blibli.

Nggak toko saja yang aku punya. Tapi keuntungan yang didapat sebagai seller di Blibli saat membuka toko dan menyelesaikan tugas juga masih ada beberapa keuntungan yang didapat. 


Ini dia keuntungan yang didapat saat membuka toko di Blibli: 

Untung setelah membuka toko di Blibli

1. Daftar sebagai seller Blibli akan mendapat saldo Rp 20.000.

Jadi, setelah kita melakukan registrasi di Blibli Sales Center Dan menyelesaikan proses tersebut, kita akan mendapat saldo sejumlah itu.

2. Mengaktifkan instant dan same day akan mendapat saldo Rp 50.000

Setelah mengisi jasa ekspedisi pada saat melengkapi data sebagai seller Blibli. Misal, ojek online, JNE, Paxel, dan lainnya akan mendapat saldo juga.

3. Info legal dan pembayaran akan mendapat saldo Rp 50.000

Seperti mengisi nama bank, no rekening untuk proses transaksi jual beli.

4. Info alamat pengambilan, mendapat saldo Rp 30.000

Pengisian alamat pengambilan toko pun kita mendapat saldo. Enak, kan?

5. Upload lebih dari 4 produk akan mendapat saldo Rp 300.000

Masih ada beberapa proses lagi seperti, ketika mendapat pesanan pertama, akan diberikan saldo sebesar Rp 100.000.

Aku? Aku baru sampai tahap poin 5. Jadi, aku punya total saldo Bliklan adalah sebesar Rp 470.000 yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk jualan aku alias Yo'Qta.

Semoga orderan cepat masuk, ya. Jadi aku bisa melanjutkan cerita lagi tentang pengalamanku di Blibli sebagai seller.

Buat Sahabat Desi's Corner yang sudah punya usaha atau baru punya ide jualan. Buka Blibli sebagai seller cocok banget, nih, buat mengembangkan usaha alias melebarkan sayap atau memperluas jangkauan dan target pasar.

Kalau mau tahu lebih banyak dulu sebelum gabung di Blibli Seller juga boleh intip dan follow media sosialnya Blibli, supaya nggak ketinggalan informasi di IG @blibliseller dan tiktok @blibliseller juga. 

Apa jangan-jangan Sahabat Desi's Corner udah punya toko di Blibli lagi?

#PastiUntungPastiBlibli#BlibliSeller#BlibliBlogCompetition#PastiMer11ah




No comments:

Post a Comment