Tuesday, March 19, 2024

Berlaku di 2024! Begini Cara Berobat Menggunakan BPJS Di RSCM Pasca Kemoterapi Cukup Sekali Datang


Cara berobat menggunakan BPJS pasca kemoterapi

RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) atau RSUPN (Rumah Sakit Umum Nasional) Dr. Cipto Mangunkusumo yang berada di wilayah Jakarta Pusat terus berbenah diri agar pelayanan menjadi lebih cepat, praktis, hemat kertas atau go green, dengan meng-upgrade sistem melalui aplikasi RSCMKu.

Berlakunya cara daftar berobat lanjutan pasca kemoterapi (kemo), baru aku ketahui ketika mengantar Papap kontrol setelah menjalani kemoterapi limfoma non-hodgkin ke-5.

Waktu sebelum pulang kemo rawat inap, di resume medisnya Papap memang diberi catatan kecil dan paraf di bagian bawah, “Acc Bu Een tgl 5/3.”

Begitu juga dengan pendaftaran online untuk kontrol setelah kemoterapi sudah dilakukan pihak RSCM. Papap dijadwalkan kontrol pada 6 Maret 2024.

Aturan sebelumnya kalau pasien mau pulang, selain membawa resume medis. Juga diberi lembar pengantar laboratorium (lab) untuk tes darah sebelum kontrol ke poli hematologi dan onkologi.

Tapi diakhir kemo ke-5 ini, tidak diberi lagi pengantar untuk ke laboratorium. Melainkan langsung paraf acc Ibu Een (kepala ruangan poli Hematologi dan onkologi) di bagian lembar kedua resume medis Papap.

Baca Juga: Cara Daftar di RSCM Online Menggunakan Jamkesda ke Poli Jantung

Tata Cara Daftar Berobat Di RSCM Setelah Kemoterapi

Jadwal lab tanpa puasa sebelum kontrol adalah tanggal 5 Maret 2024. Kami bertiga, aku, Papap, dan adikku berangkat pukul 06.00. Harusnya sih, lebih pagi lagi. Secara ada penutupan sebagian jalan di Jl Pramuka untuk pengerjaan Proyek pembangunan kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta fase 1B rute Velodrome-Manggarai. Jadinya macet banget. 

Kontrol pasca kemoterapi di RSCM
Hari itu, adikku cuma bisa nge-drop di RSCM karena dia ada pekerjaan yang tidak dapat ditinggal. Alhamdulillah, Papap bisa berjalan tanpa kursi roda.

Biasa, setelah kurang lebih 4 hari kemo. Tubuhnya lumayan lemas dan membutuhkan kursi roda untuk wara-wiri di Cipto. Tapi kondisi jantungku yang tidak dapat mendorong, mengangkat, atau membawa beban berat. Maka dengan berat hati, Papap harus berjalan dengan kakinya sendiri selama wara-wiri di RSCM.

Biasa kalau berdua adikku bisa berbagi tugas untuk antri agar proses kontrol menjadi cepat. Pada hari itu, aku sendiri. Mau tidak mau, tega atau tidak tega, Papap harus ada yang antri sendiri. Agar aku bisa antri di tempat lain.

Baca Juga: Alur Pelayanan Rawat Inap Kemoterapi di RSCM Selama Pandemi

Cara Daftar Tes Laboratorium 2024 Menggunakan RSCMKu

Nah, di sini aku dan Papap beda antrian. Aku ke admisi, Papap ke mesin APM (Anjungan Pendaftaran Mandiri) untuk sidik jari. Sebenernya sih, bisa aja Papap sidik jari di admisi. Tapi untuk proses daftar, lebih cepat kalau melakukan sidik jarinya terpisah.

Peraturan yang mulai berlaku pada 5 Februari 2024. Pasien pasca kemo rawat inap akan di tes lab di Klinik Madya atau Poli Geriatri, biasa kan, di lt. 3.

Nah, kali ini karena setelah tes lab langsung kontrol. Makanya diarahkan di kedua poli tersebut. Dengan maksud hasil keluar langsung bisa diperlihatkan ke dokter seberapa pengaruhnya efek kemo terhadap darah si pasien.

Kalau tes lab di lt. 3 hasilnya harus tunggu maksimal 2 hari. Secara pasien yang tes lab di sini banyaknya ampun-ampunan, dah.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Trauma Psikologis Ala Desi's Corner

Berlaku Februari 2024 berobat menggunakan BPJS di RSCM

Berikut cara daftar tes lab sekaligus kontrol ke Poli Hematologi dan Onkologi (Hemato) RSCM menggunakan BPJS:

1. Sidik jari di mesin APM
2. Daftar di loket khusus untuk yang sudah di acc Ibu Een
3. Setelah daftar, lihat di aplikasi RSCMKu untuk nomor antrian poli
4. Langsung naik ke lt. 2 untuk menunggu panggilan
5. Setelah dipanggil, pasien akan di tensi lalu perawat meng-online-kan permintaan tes darah ke bagian lab
6. Perawat akan mengarahkan untuk tes lab di Klinik Madya atau Poli Geriatri di lt.1
7. Setelah tes lab, kembali ke poli Hemato untuk konsultasi dokter
8. Tunggu panggilan edukasi untuk pengarahan kemoterapi
9. Pihak edukasi akan memberikan berkas untuk pasien tindak lanjuti ke bagian satelit farmasi, case manager, atau pendukung pemeriksaan lainnya. Dalam hal ini Papap diberi rekomendasi untuk melakukan CT Scan pasca kemoterapi ke-5

Baca Juga: 10 Makanan yang Dapat Membantu Melawan Depresi

Tes Laboratorium Pasca Kemoterapi Sebelum Peraturan 2024 Berlaku

Di sini aku mau memberikan gambaran bagaimana alur tes lab pasca kemo sebelum peraturan baru yang berlaku pada 5 Februari 2024 di RSCM.

Jika sebelumnya, Papap akan dibekali surat pengantar tes lab yang diserahkan pada waktu kepulangan setelah kemo rawat inap.

Dengan berlakunya aturan baru, seperti yang telah disebutkan diatas yaitu hanya lembar resume medis yang dibubuhi paraf acc Bu Een. Maka Papap otomatis sudah terjadwal oleh poli Hemato untuk dilanjutkan tes lab.

Baca Juga: 7 Tips Sebelum Pergi ke RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo

Begini alur atau cara tes lab pasca kemoterapi sebelum aturan baru berlaku:

Aturan baru berobat di RSCM dengan BPJS

1. Dibekali lembar rujukan laboratorium sebelum pulang kemo. Biasa tes lab 6-7 hari setelah kemoterapi.
2. Datang pagi sebelum pukul 7.30 WIB agar mendapat antrian awal. Sebelumnya pastikan sudah sidik jari dulu ya pasiennya
3. Letakkan kartu berobat dan lembar pengantar laboratorium di loket poli Hemato (letaknya di sebelah ruangan kepala perawat)
4. Tunggu panggilan Bu Een untuk dibubuhi paraf acc-nya di lembar surat pengantar laboratorium
5. Serahkan surat pengantar lab tersebut ke admisi di lt. 1 melalui Bapak security yang ada di sana
6. Tunggu panggilan dari Bapak Security karena dia yang akan memberikan berkas yang kita serahkan tadi. Dikarenakan tanpa nomor antrian, biasa mulai dipanggil sekitar pukul 09.00 atau 09.30 WIB
7. Kembali ke poli Hemato dan minta perawat di dalam poli untuk meng-online-kan permintaan tes lab ke laboratorium
8. Setelah di online-kan, pergi ke laboratorium yang ada di lt.3
9. Ambil no antrian. Jika loket agak kosong alias nggak antri. Kita bisa langsung serahkan kartu berobat pasien dan langsung menerima no antrian untuk pengambilan darah
10. Hasil lab dapat diambil keesokan harinya sebelum konsultasi ke poli Hemato.

Baca Juga: Lakukan Ini Ketika Ikhtiar dan Doa Tidak Sejalan dengan Takdir

Gimana? Cara berobat yang baru berlaku 5 Februari 2024 ini lebih ringkas, kan?

Aku sih, bersyukur banget karena nggak perlu bolak-balik lagi dari lt. 1 ke lt. 2. Lumayan makan waktu dan melelahkan karena lift juga antri. Jadi kadang suka naik turun tangga.

Buat yang sedang atau mengantar kerabat yang berobat di RSCM, semangat, ya. Semoga lancar selalu. Aamiiin. Kalau ada info baru atau koreksi untuk tata cara daftar berobat menggunakan BPJS di RSCM selain yang sudah dijabarkan di atas. Boleh sharing nya ya Sahabat Desi's Corner. 

No comments:

Post a Comment