Wednesday, March 8, 2023

Daerah Dingin (Ciwidey) Adalah Tempat Liburan Favoritku



Ciwidey tempat liburan favorit aku


Tempat liburan favoritku bersama keluarga biasanya cari yang daerah tinggi. Seperti Garut, Lembang, Ciwidey, atau puncak.

Selain jauh dari kebisingan kota, hawanya juga sejuk dingin, udaranya bersih dengan pemandangan yang bikin mata adem dan hati tenang.

Terakhir aku, orang tua, dan dua keluarga adikku berlibur bersama ke daerah Ciwidey. Meski cuma semalam, tapi kebersamaan yang jarang banget dilakukan, serasa lebih dari satu hari. Mungkin ini yang namanya quality time.

Dimanakah Ciwidey Itu?

Ciwidey itu termasuk ke wilayah Kabupaten Bandung. Tepatnya Ciwidey adalah sebuah kecamatan yang terletak 35 km di sebelah selatan Kota Bandung, atau sekitar 15 km dari Soreang, ibukota Kabupaten Bandung.

Ciwidey sebelum pemekaran berada di wilayah kecamatan Rancabali dan memiliki wilayah yang cukup luas sampai ke perbatasan Kabupaten Cianjur.

Setelah pemekaran Kecamatan Ciwidey kini berperan sebagai daerah penunjang objek wisata yang berada di kecamatan Rancabali.


Objek Wisata Ciwidey


Ciwidey mempunyai daya tarik yang membuat aku dan wisatawan lainnya mendatangi tempat ini. Udaranya yang sejuk dan pemandangan alamnya yang indah. Siapa sih, yang nggak jatuh cinta dengan suasananya?

Kalau Sahabat Desi's Corner mau ke Ciwidey. Berikut adalah tempat wisata yang dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Siapa tahu bisa menjadi tempat liburan favorit Sahabat semua.


8 Destinasi Wisata Ciwidey:

1. Ranca Upas

Tempat wisata di Ciwidey yang pertama yaitu Ranca Upas. Di tempat ini Sahabat dapat melihat rusa dan pemandian air panas yang mempesona.

Buat yang suka foto-foto, tempat ini banyak spot foto dengan pemandangan alam terbuka. Kondisi alam yang sangat indah dan menenangkan membuat banyak pengunjung membuka tenda dan camping di tempat disini.

2. Taman Kelinci Ciwidey

Selain melihat rusa yang berada di Ranca Upas, Sahabat juga dapat berkunjung sekalian ke Taman Kelinci Ciwidey.

Wah, anak-anak pasti suka, nih, melihat kelinci yang lucu-lucu. Apalagi sambil kasih makan dan bermain loncat-loncat seperti kelinci. Dijamin tempat ini akan menjadi tempat liburan favorit anak-anak.

3. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali juga bisa menjadi tempat berlibur yang menyenangkan. Perkebunan teh ini memang bukan tempat wisata Ciwidey terbaru, akan tetapi masih menjadi tempat wisata favorit wisatawan dari berbagai daerah.

Di tempat ini, Sahabat dapat melihat hamparan teh hijau yang menyejukkan mata. Selain itu, udaranya juga sangat segar dan kalau berfoto ria disini pasti hasilnya bakal bagus dengan latar belakang kebun teh yang sangat luas.

4. Kawah Putih

Belum afdol kalau ke Ciwidey nggak mampir ke kawah putih. Menariknya tempat wisata ini adalah Sahabat dapat melihat indahnya kawah putih yang merupakan bekas letusan Gunung Patuha.

Dan hingga kini, aktivitas kawah masih aktif lho, karena aroma belerangnyq tercium sangat kuat.

Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Banyak yang tertarik untuk datang hanya sekadar berfoto atau untuk menikmati pemandangan yang tak biasa.

5. Situ Patenggang

Pemandangan indah dan menawan juga ada di Situ Patenggang. Perpaduan suasana sejuk, alam yang indah, dan pegunungan cantik. Pastinya menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

6. Barusen Hills Ciwidey

Tempat wisata Ciwidey lainnya yaitu Barusen Hills Ciwidey. Di tempat ini terdapat camping area, playground, dan beragam spot foto yang menarik.

Saat berlibur ke Barusen Hills Ciwidey, tersedia wahana perahu yang akan diajak berkeliling di sekitar danau yang ada di Barusen Hills Ciwidey ini.

Pepohonan yang hijau, kontras dengan warna air danau. Siapa sih, yang nggak betah lama-lama di tempat wisata yang satu ini? .

7. D’riam Riverside

Untuk anak-anak, D'riam Riverside sangat cocok dijadikan destinasi liburan. Tempat ini menyediakan kolam renang yang luas dan permainan air lainnya, yang bakal disukai anak-anak.

8. Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley Resort sebenarnya sebuah hotel di daerah Ciwidey. Akan tetapi, di tempat ini terdapat waterpark yang dapat melepas penat pengunjungnya.

Perpaduan antara pemandangan alam yang indah dengan nuansa modern adalah konsep yang diusung resort ini.

Villa Deba Tenjolaya Ciwidey


Sayangnya ketika aku dan keluarga di Ciwidey. Tidak satupun destinasi wisata diatas aku sambangi.

Kami ke Ciwidey memang niatnya hanya untuk menghabiskan waktu dengan berkumpul bersama. Jadi, kami pun tiba di villa menjelang magrib dari check in seharusnya yaitu pukul 14.00 WIB

Adik laki-lakiku yang membooking Villa Deba Tenjolaya satu bulan sebelumnya. Dengan tiga jam perjalanan dari Bekasi. Kami sudah bisa menikmati weekend dengan suasana baru dan pemandangan yang indah memikat.

Villa Deba hanya berdiri satu villa saja. Maksudnya adalah, kami memiliki satu villa utuh tanpa ada orang lain mengganggu.

Banyak keuntungan didapat dengan menginap di Villa Deba, Ciwidey ini. Kapasitas villa yang bisa diisi maksimal sampai 15 orang termasuk bayi dan anak-anak. Dengan total jumlah 2 kamar utama dan 3 kamar standar ditambah extra bed.

Di villa ini kami serasa tinggal di rumah sendiri dengan fasilitas komplit. Mulai dapur dan perlengkapan elektroniknya. Seperti rice cooker, toaster, microwave, dua buah kulkas, dan dispenser.

Kami dapat memasak makanan favorit keluarga atau mungkin mau pesta barbeque. Alat panggang dan arangnya pun sudah disediakan.

Tapi buat Sahabat yang mau weekendnya bebas masak alias mau benar-benar santai dan tidak mau berkutat di dapur. Maka pihak villa pun menyediakan jasa layanan masak atau katering. Tentu harga diluar sewa villa, ya.

Bangunan dua lantai dengan empat kamar tidur di lantai dua. Aku dapat duduk santai menikmati weekend dengan pemandangan gunung, lembah, atau melihat keponakan-kepinakan yang bermain di lapangan badminton atau di kolam renang hanya dengan duduk di balkon.

Tenang, seandainya Sahabat menginap di Villa Deba dan cuma ingin berleha-leha di kamar atau berbincang dengan anggota keluarga lain di ruang tv lantai bawah.

Weekendnya tetap menyenangkan, kok. Dengan menonton serial atau film box office yang telah disediakan oleh pihak villa Ciwidey ini alias tv kabel.

Atau ingin nonton drakor ongoing kesayangan melalui gawai? Bisa, kok. WiFi lantai bawah dan atas terpisah. Jadi tarikannya kencang tanpa putus, 100 Mbps gitu, lho.

Keseruan weekend dengan menginap di villa Deba Ciwidey ini bisa dipesan satu bulan sebelumnya. Dengan tarif weekdays dan weekend yang berbeda. Tapi sangat terjangkau dan worth it banget.

Kayak aku, kalau patungan untuk 15 orang atau tiga keluarga. Harga Rp 4.000.000/malam saat weekend dan Rp 3.000.000/malam saat weekdays. Lumayan hemat dan terjangkau dibanding menginap di hotel, kan?

Aku sih, suka dengan Villa Deba Tenjolaya ini karena memang konsepnya private villa gitu. Tidak ada akses masuk atau orang lain yang bisa menikmati fasilitas villa selain aku dan keluarga sebagai penghuni.

Kalau ada rezeki, maunya sih, kesini lagi. Suasananya enak banget buat merenung, melamun, berimajinasi, dan menulis.

Kalau Sahabat Desi's Corner, tempat liburan favoritnya dimana?








No comments:

Post a Comment