Thursday, March 2, 2023

Skincare Favorit Ramah Kantong Dan Macam-macam Produk Perawatan Wajah


Skincare Favorit ramah kantong

Perawatan wajah aku mah, biasa banget. Mungkin skincare favorit ramah kantong aku paling sederhana dibanding yang suka digunakan oleh Sahabat Desi's Corner disini.

Kadang aku suka bertanya sendiri. Skincare yang aku pakai sekarang ini ngaruh ke kesehatan kulit wajah aku nggak, sih?

Apakah untuk mendapatkan kulit wajah glowing, skincare harus diganti dengan yang lebih mahal?

Tapi orang zaman dulu, seperti ibu bahkan nenekku, kulit wajahnya sehat. Malah awet muda. Seperti mamah yang sudah berusia 74 tahun tapi menurutku kulit wajahnya lebih muda dan tampak sehat.

Padahal mamah tidak pernah menggunakan facial foam setelah mandi. Kalau aku perhatikan, skincare mamah tuh, waktu zaman aku sekolah. Cuma pelembab 'Home Snow', toner, cleansing milk, bedak tabur, yang semuanya bermerek Viva.

Baca Juga: Ini Dia Serum Pencerah Wajah Terbaik

Apa Itu Dan Manfaat Skincare?

Skincare adalah serangkaian kegiatan perawatan kulit dengan tujuan agar kulit wajah sehat, terawat, dan cantik adalah bonusnya.

Dengan begitu manfaat skincare bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Sekaligus memperbaiki masalah kulit, seperti jerawat, bekas jerawat, bintik hitam, keriput, kantung mata, dan lainnya.

Skincare Itu Ada Apa Saja, sih?

Secara rangkaian skincare aku simple, sederhana, dan tidak neko-neko. Mungkin karena sekarang aku lebih sering diam di rumah. Jadi cukup foam wajah.

Kecuali kalau mau keluar rumah dan bertemu teman. Baru deh, menggunakan pelembab dan bedak tabur. Kalau cuma ke rumah mamah. Biasanya nggak pakai apa-apa. Kan, pakai masker. Jadi yang keliatan cuma mata aja.

Nah, ternyata skincare itu ada banyak. Beberapa item baru aku tahu setelah menulis artikel ini.

Baca Juga: 10 Makanan Untuk Melawan Depresi

Berikut macam-macam skincare yang perlu diketahui:

Skincare favorit ramah kantong anti jebol

1. Sabun pembersih wajah

Skincare favorit ramah kantong aku yang tidak pernah absen digunakan adalah sabun pembersih wajah.

Untuk pembersih wajah, saat ini aku menggunakan Wardah oil control. Meski usia hampir memasuki 50 tahun. Mukaku ini asli berminyak banget.

2. Toner wajah

Toner wajah yang aku gunakan sebelum mengaplikasikan pelembab sebelum pergi adalah air mawar dengan merk Viva.

Asli ini juga salah satu skincare favorit ramah kantong aku. Harga murah, cocok di kulit wajahku. Secara Viva sudah berdiri sejak tahun 1962 sebelum Sariayu, Mustika Ratu, atau Wardah yang telah dikenal sekarang.

Seharusnya toner wajah digunakan setelah membersihkan wajah dengan foam. Tapi karena aku banyak diam di rumah. Jadi, nggak aku pakai.

Padahal fungsi toner wajah juga dapat membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak yang masih menempel setelah kita membersihkan wajah.

Baca Juga: Ulasan Workshop Detox Emosi

3. Pelembap

Pelembap yang aku gunakan juga dari Wardah. Jujur sih, aku nebeng kakak buat pelembabnya. Kulit kami sama-sama berminyak. Jadi kalau nebeng kayaknya kakak juga nggak keberatan. Lagipula aku kan, jarang keluar rumah.

4. Sunscreen atau tabir surya

Aku nggak pakai sunscreen ini meski kakak sebetulnya punya. Mungkin aku harus mempertimbangkan untuk memakainya.

Terlebih menggunakan sunscreen yang mengandung SPF 30 dapat membantu melindungi wajah dari penuaan akibat paparan sinar matahari.

5. Serum wajah

Maaf banget, serum wajah aku lewat, nih. Kakak emang pakai tapi nggak ikut nebeng pakai juga. Harganya yang nggak ramah kantong versi aku.

Jadi aku memutuskan untuk nggak memakainya. Cukup kakak aja yang memotoran dan keluar rumah untuk bekerja.

Tapi aku pernah merasakan memakai serum, kok. Jadi nggak norak-norak banget. Tekstur serum yang berbentuk cairan dan bertekstur ringan dan mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi.

Pas dipakai waktu ditepuk-tepuk, rasanya enak banget. Kulit wajah jadi kenyal, mungkin karena serum diciptakan lebih efektif dibanding pelembap atau krim wajah yang memang lebih meresap.

Baca Juga: Mengatur Finansial Rumah Tangga Ala-ala

6. Essence

Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi yang bertujuan untuk melembapkan kulit dan membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit.

Perbedaannya dengan serum, essence biasanya memiliki tekstur yang lebih cair.

7. Ampoule

Aku baru tahu ampoule ini. Tapi menurut yang aku dapat dari sehatq.com. Cara bekerja ampoule lebih kuat dibanding serum dan essence yang sudah berat.

Ampoule berfungsi mengatasi masalah kulit yang spesifik dalam waktu lebih cepat dibandingkan serum dan essence.

8. Krim mata atau eye cream

Aku mah, kalau kantung mata sukanya pakai sendok dingin yang ditaruh di freezer. Belum pernah pakai krim mata.

9. Face oil

Ada lagi nih, face oil yang digunakan sebagai skincare rutin malam hari. Untungnya kulit wajahku berminyak. Jadi tidak disarankan karena nanti kulit wajah akan mudah atau rentan berjerawat.

Baca Juga: Vitamin E Dalam Kacang Bagi Ibu Hamil

Buat Sahabat Desi's Corner yang baru mau memulai menggunakan skincare untuk pertama kalinya. Cukup menggunakan sabun cuci muka, toner wajah, serum, pelembap, dan tabir surya.

Kalau hasil tes dari produk skincare yang dipilih cocok. Baru deh tahapan rangkaian skincare nya ditambah.

Bukan apa-apa sih, semua demi menghindari kalau seandainya kamu memiliki kulit sensitif. Jadi, rangkaian skincare awal tadi bertujuan untuk mengetahui reaksi alergi yang ditimbulkan.

Caranya bagaimana biar tahu alergi atau tidak? Yaitu dengan mengoleskan sedikit produk skincare yang digunakan pada kulit di pergelangan tangan atau lengan bagian dalam.

Tunggu sampai 48 jam untuk melihat reaksinya. Jika muncul reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, benjolan kecil, atau rasa gatal. Ya, sebaiknya jangan menggunakannya pada wajah kamu.

Nah, kalau kulit wajah Sahabat cocok dan sudah dapat beradaptasi dan nyaman. Baru deh, produk skincare nya ditambah, seperti essence, produk eksfoliasi, masker wajah, atau obat jerawat.

Kalau Sahabat Desi's Corner skincare favorit ramah kantongnya apa?


No comments:

Post a Comment