Tuesday, June 28, 2022

Resep Camilan Bola Susu Kelapa, Cuma Dua Bahan, No Oven, No Kukus, No Kompor, Enak!


bola-susu-kelapa

Ceritanya aku punya ampas kelapa sisa pembuatan Maja Blanca (camilan khas Philipina). Dibuang sayang, akhirnya hunting resep camilan yang menggunakan bahan dasar kelapa parut ini.

Nemu dong, resep camilan yang bahan utamanya kelapa parut ini. Buatnya gampang, nggak ribet, dan yang paling penting, bahan-bahan pendukung lainnya juga ada di rumah. Secara cuma dua bahan aja, kan, yang dibutuhkan. 

Alat yang dipakai untuk membuat camilan ini juga nggak butuh mixer, blender, kukusan, atau oven. Cuma pakai teflon, mangkuk besar, sama sodet kayu. Jadi, deh. Tapi buat yang malas main api, tinggal aduk-aduk aja juga bisa, kok.

Penasaran kan, ada model resep kue yang nggak pakai kompor?   

Sebetulnya ada dua resep dan dua cara untuk membuat bola susu kelapa yang bisa dipilih. Semua diserahkan kepada keputusan Sahabat Desi's Corner. Cuma soal selera, kok. Mau pakai kompor atau nggak, ya, up to you, deh.

Bagiku, entah itu camilan berat atau ringan, penilaiannya cuma ada dua. Enak dan enak banget. Wkwk.

Aku suka trial resep-resep yang nggak ribet, nggak butuh bahan banyak, waktu bikinnya ekspres, dan perabotan yang digunakan juga sedikit. Biar cucian dan beberesnya cepat. Jadi dapur nggak berantakan banget.

Ya udah, yuk ah, kita cuz lihat resep dan cara membuatnya si bola-bola susu kelapa ini.

Baca Juga: Resep Kuih Tako Sagu Mutiara Takir Pandan

Resep Camilan Bola Susu Kelapa

Resep 1:

Bahan yang dibutuhkan:

- 200 gr kelapa sangrai - kalau aku di oven sampai kering gitu. Jadi teksturnya kayak coconut flake. Beli jadi juga ada kok, di toko bahan kue.
- 150 ml susu kental manis - aku pakai SKM Gold Bendera dari Frisian Flag

Cara membuat:

- Masukkan dalam wadah kelapa dan SKM
- Aduk rata
- Balur telapak tangan dengan minyak sayur, supaya nggak lengket pas lagi bulet-buletin adonan
- Ambil adonan secukupnya atau sesuai selera. Bentuk bulat sebesar bakso (kalau aku, ya)
- Balut bola susu kelapa dengan coconut flake
- Simpan di lemari pendingin dua hingga tiga jam
- Siap disantap

Bola-susu-kelapa

Resep 2:

Bahan yang dibutuhkan:

- 397 ml SKM Gold Bendera
- 150 gr coconut flake
- 1 sdm salted butter atau margarin (aku pakai palmia butter and cookies)

Cara membuat:

- Siapkan teflon di atas kompor
- Masukkan butter, SKM, aduk sebentar dengan api kecil sampai tercampur rata
- Masukkan coconut flake
- Aduk rata sampai tekstur mengental
- Matikan kompor
- Pindahkan ke wadah, dinginkan
- Bentuk bulat-bulat adonan susu kelapa sebesar bakso atau sesuai selera.
Kalau aku lebih kecil sedikit dari bakso. Biar pas dimakannya sekali hap masuk ke mulut. Kan, dia kayak permen tuh, jadi nggak terlalu giyung (bahasa Sunda).
- Dinginkan beberapa jam di dalam kulkas. Rasanya lebih enak kalau dingin.

Baca Juga: Resep Sarikaya Nangka No Kukus No Oven  

Seriusan resep camilan bola susu kelapa di atas gampang banget, kan? Nggak sampai setengah jam udah bisa langsung dinikmati.

Cocok nih, buat menikmati waktu sore dengan teh hangat tanpa gula. Ngobrol santai sama pasangan. Kalau aku mah, menikmatinya sambil nonton drakor di tv.

Kalau aku suka resep camilan bola susu kelapanya pakai resep yang kedua. Selain manis dari susunya, ada rasa gurih yang berasal dari butter atau margarinnya. 

Pokoknya mah, dijamin berhasil deh, kalau bikin camilan bola susu kelapa ini.  Kalau ragu, boleh bikin setengah resep dulu. 

Just for information, ternyata dari satu buah kelapa parut, kalau sudah dikeringkan, jadinya nggak sampai 200 gr. Kurang lebih kemarin itu, dapatnya 165 gr gitu. Soalnya kan dipisahin juga buat proses pelapisan terakhir.

Akhirnya ampas kelapa bisa bermanfaat juga. Jadi camilan malah. Aku beneran seneng banget. Hatiku bahagia, tiada terkira (nada boneka India), soalnya bisa memanfaatkan sesuatu yang biasanya dibuang jadi bisa dimakan. 

Eh,  Aku juga punya resep yang berbahan ampas jus buah. Nanti aku tulis juga, ya. Pas lah, buat Ibu-ibu rumah tangga yang kudu serba cepat kerjanya. Selain proses bikin camilan untuk keluarga ini nggak makan waktu lama, rasanya juga oke. 

So, Sahabat Desi's Corner, kalau punya bahan sisa makanan. Jangan langsung dibuang, ya. Coba hunting dulu di Google atau YouTube. Siapa tahu bisa digunakan lagi atau bisa dibuat camilan. Kayak resep camilan bola susu kelapa yang dibahas di atas.

Selamatkan bumi dari sampah yang bisa digunakan kembali, ya. Kalau bukan kita yang menjaga alam. Terus siapa lagi, dong?









7 comments:

  1. Eh asli, simple banget cara buatnya. Bahan-bahan yang disediakannya pun gak ribet. kayanya bapak-bapak bisa juga bikin sama bocil-bocil di rumah. Recommended banget nih

    ReplyDelete
  2. Ini mah, bapack-bapack juga bisa deh buat bola-bola susu kelapa. Simple banget sih...
    Fixed, harus dicoba ini...
    Makasih ya mbak Desi.

    ReplyDelete
  3. Bisa nih jadi referensi, apalagi dinikmati bareng anak dan istri di kala hujan turun. Pastinya akan menambah kehangatan keseharian bareng keluarga

    ReplyDelete
  4. Duh aku yang malas masak pun kayaknya wajib nyobain ini ya. Aku jarang punya ampas kelapa mbak. Kebanyakan Pakai yang instan hohooo.
    Kalau kelapa patut bisa juga kali ya mbak wkwk. Biar masih ada Santan ya gitu

    ReplyDelete
  5. Resepnya praktis bgt ya, cocok nih buat bekal anak2 skolah jdi ga rempong pagi2

    ReplyDelete
  6. wah aku juga beli kelapa tadi pagi dan berasa kebanyakan, karena mau bikin serundeng. ide bola susu ini bisa nih aku coba ya cukup simple cara buatnya

    ReplyDelete
  7. Kreatif banget sih mbak Desi. Coba deket aku mampir ke rumah deh, hehe.. enak beud kayanya..

    ReplyDelete