Sunday, February 26, 2023

Resep Puding Roti Tawar Santan Kukus Dua Telur, Camilan yang Bikin Nagih


Resep puding roti tawar santan simple

Banyak resep berseliweran di TikTok, Reels Instagram, dan YouTube. Salah satunya adalah resep puding roti tawar santan kukus.

Biasa cuma tulis resep untuk portal berita di urbanjabar. Nah, kali ini nggak sekadar cuma buat ditulis tapi juga mau prakti resep dengan bahan dasar roti tawar dan santan.

Jujurly, bahan-bahan tuh, udah nongkrong di dapur dari awal Februari. Apalagi roti tawar udah jadi penghuni kulkas dua minggu lebih sedikit.

Bikin camilan dari roti tawar memang nggak ngebosenin. Selain harganya murah, bahan tambahannya juga nggak banyak, cara buatnya juga simple.

Tanpa mixer, oven, blender, cukup menggunakan whisk atau garpu. Resep roti tawar santan kukus siap dieksekusi.

Biasa memang roti tawar dijadikan srikaya santan gula merah. Nah, resep puding roti tawar santan ini belum pernah dicoba. Dua jenis resep olahan roti tawar ini memang mirip-mirip.

Ya, cuma ada beberapa bahan tambahan yang membuat aku mengumpulkan niat eksekusinya agak lama aja. Seperti margarin yang harus dicairkan dulu dan tambahan tepung maizena yang harus kutimbang. Nggak penting banget, sih alasannya? Wkwk.

Baca Juga: Resep dessert pisang raja berendam vla keju

Perbedaan Puding, Agar-agar, Dan Jeli

Penampakan agar, jeli, dan puding yang hampir sama

Tahu dong, kalau puding, agar-agar, dan jeli itu saudaraan alias mirip-mirip. Kadang masih suka salah sebut antara puding dan agar-agar. Kalau jeli mah, kan ketahuan bahan dasarnya beda, ya.

Biar tidak salah penyebutan lagi dan kebenaran tetap pada jalannya. Berikut perbedaan antara puding, agar-agar, dan jeli:

Agar-agar

Bahan agar-agar terbuat dari ekstrak rumput laut atau ganggang merah. Di pasaran, kita biasa menemukan agar-agar dalam bentuk bubuk dengan berbagai merk. Kalau aku biasa beli yang merk Swallow berlambang burung.

Pembuatan agar-agar dilakukan dengan cara melarutkan bubuk agar-agar dan gula dalam air biasa, masak hingga mendidih lalu dinginkan hingga padat.

Tekstur agar-agar lebih renyah dan padat jika dibandingkan dengan jeli dan puding. Agar-agar biasanya dipadukan dengan perisa buah atau buah segar.

Baca Juga: Resep kuih tako sagu mutiara pandan

Jeli

Jeli terbuat dari karaginan yang dicampur dengan bubuk konjac. Konjac adalah sejenis umbi-umbian yang banyak ditemukan di Asia, terutama di Jepang.

Di Indonesia konjac dikenal dengan nama iles-iles atau porang. Fungsi konjac yaitu untuk pengental makanan, sering digunakan sebagai pengganti gelatin.

Jeli memiliki tekstur yang kenyal dan elastis dibandingkan puding dan agar-agar. Kita dapat menemui banyak produk jeli yang beredar di pasaran dalam bentuk bubuk.

Cara buatnya juga sama dengan agar-agar. Dimasak dengan tambahan air sampai mendidih kemudian didinginkan.

Baca Juga: Resep puding roti tawar anti ribet

Puding

Nah, ini dia resep yang aku coba yaitu puding. Jadi, puding itu merupakan salah satu variasi pengolahan antara jeli dan agar. Dengan menambahkan susu atau santan, telur dan lainnya.

Penambahan susu atau santan pada puding akan menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan rasa yang lebih kaya jika dibandingkan dengan jeli dan agar-agar.

Hasil akhirnya juga lebih padat. Proses masaknya juga bisa dikukus atau dipanggang. Rasanya juga lebih enak dibanding agar-agar dan jeli.

Sebut saja puding roti santan, puding kentang, puding ubi, puding marmer, tape, dan masih banyak puding lainnya.

Resep Puding Roti Tawar Santan

Kenapa aku pilih resep puding menggunakan roti tawar? Karena roti tawar mengandung karbohidrat. Pastinya sih, harganya juga murah. Dekat rumah ada toko roti yang jual roti tawar cuma Rp 5.000,-/pak isi 10 pcs.

Berharapnya sih, camilan dengan bahan roti tawar bakal jadiin perut agak kenyang. Secara aku tuh, suka malas makan. Tapi apa daya, tahu lah, ya kenyataannya.

Aku seleksi resep puding roti ini dari beberapa channel YouTube Lis Achmady yang aku rasa pas dan cocok dengan selera aku. Pastinya juga yang videonya mudah diikut dan akunya paham juga.

Baca Juga: Resep puding pisang kepok simple

Berikut resep puding roti santan tawar kukus dengan topping keju:

Puding roti tawar kukus tanpa mixer dan oven

Bahan yang digunakan:

  1. 8 lembar Roti tawar
  2. 750 ml Santan kekentalan sedang (330 ml Santan instan ditambah air. Kalau aku 265 ml santan instan ditambah air. Ngabisin stok lama)
  3. 2 butir Telur
  4. 120 gram Gula pasir
  5. ½ sdt Pasta vanila (aku ½ sdt vanili bubuk)
  6. ¼ sdt Garam
  7. 40 ml Kental manis
  8. 100 gram Tepung maizena
  9. 50 gram Margarin dicairkan
  10. Topping: 1 sdm Kismis (aku pakai keju parut secukupnya atau sesuai selera

Cara membuat puding:

  1. Potong dadu roti tawar. Tapi kalau aku cuma disobek kecil-kecil
  2. Tuang santan 500 ml kedalamnya. Tekan-tekan roti agar terendam santan. Sisihkan
  3. Dalam wadah terpisah, kocok telur dan gula pasir. Bisa menggunakan whisk atau garpu. Kocok dan aduk sampai gula larut
  4. Tambahkan garam, vanilli bubuk, dan kental manis, dan sisa santan tadi. Aduk rata lagi
  5. Sekarang kita masukan tepung maizena. Aduk sampai benar-benar tercampur rata. Pastikan jangan ada bahan kering menempel didasar wadah, ya. Mengaduknya boleh dibantu menggunakan spatula atau sendok agar lebih maksimal
  6. Kalau sudah tercampur rata, masukkan deh margarin cairnya. Terus diaduk rata lag
  7. Nah, sekarang kita tuang larutan ini kedalam rendaman roti tawar tadi. Aduk sampai semua bahan tercampur rata
  8. Tuang adonan kedalam loyang. Ukuran loyangnya sesuai selera. Aku malas mengeluarkan kukusan besar. Jadinya aku tuang ke dalam dua loyang yang otomatis dua kali kukus
  9. Saatnya mengukus puding roti dengan air yang sudah mendidih selama 30-40 menit atau sampai matang. Tahu kan, buat tes matang atau tidaknya puding dengan tusuk sate atau garpu? Kalau ditusuk, tidak ada adonan yang menempel. Itu pertanda puding roti sudah matang
  10. Oh iya, jangan lupa tutup kukusan dilapisi dengan serbet bersih, ya, supaya air uap panasnya nggak menetes diatas adonan selama proses masak
Baca Juga: Resep camilan bola susu kelapa dua bahan

Selesai deh, langkah-langkah membuat puding roti tawarnya. Setelah matang dan uap panasnya hilang. Keluarkan dari dalam loyang terus dipotong-potong, terus dibagi-bagi ke tetangga,  terus baru dimakan sendiri, terus akhirnya puas, deh. 

Puding roti ini dapat disimpan di kulkas selama tiga hari. Tapi kalau aku, hari keempat rasanya masih enak aja, tuh. Malah makin enak karena teksturnya jadi lebih padat dan dingin. 

Yuk, dicoba resepnya. Nggak janji kalau bikin nagih, ya. 

Hmm, sekarang mau coba resep apalagi ya? Aku baru titip tetangga beli fermipan, nih. Tapi, di kulkas ada stok pisang uli sama strawberry.

Yuk, ah aku melipir dulu. Bentaran hunting resep lagi di YouTube buat dua stok bahan yang ada dikulkas. 

Bye-bye Sahabat Desi's Corner. Ntar balik lagi kalau udah kelar eksekusi resep baru, ya.





No comments:

Post a Comment