Saturday, March 11, 2023

Review iPhone 14 Pro Max, Layar Lebar Pas Buat Menulis


iPhone 14 Pro Max 2l


Tahun lalu aku ada mampir ke booth iBox di Summarecon Mall Bekasi (SMB). Itu juga ngumpulin PD, soalnya sadar diri belum bisa beli.

Saat itu aku menyentuh dan melihat secara langsung IPad. Duh, asli mupeng. Mulai ngayal seandainya menulis menggunakan IPad yang harganya saat itu kurang lebih 15 juta rupiah.

Mengkalkulasi berapa jumlah tulisan yang dihasilkan per bulan untuk bisa membeli IPad. Tapi, sayang mungkin hampir lima bulan. Target menulis dan pendapatan tidak tercapai.

Tidak lama, pada tahun yang sama aku melihat IPad. IPhone 14 keluar pada November 2022, yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp 15,999-30,999 juta tergantung tipe dan model.

Model iPhone yang dimaksud adalah:

iPhone 14
128GB = 15,999 juta Rupiah
256GB = 18,999 juta Rupiah
512GB = 22,999 juta Rupiah

iPhone 14 Plus
128GB = 17,999 juta Rupiah
256GB = 20,999 juta Rupiah
512GB = 24,999 juta Rupiah

iPhone 14 Pro
128GB = 19,999 juta Rupiah
256GB = 22,999 juta Rupiah
512GB = 26,999 juta Rupiah
1TB = 30,999 juta Rupiah

iPhone 14 Pro Max
128GB = 21,999 juta Rupiah
256GB = 24,999 juta Rupiah
512GB = 28,999 juta Rupiah
1TB = 32,999 juta Rupiah

Setelah kupikir-pikir, apa mungkin sebaiknya aku minta sama Alloh nya iPhone saja, ya? Kayaknya kalau buat nulis yang model kayak aku mobile terus, cocok, nih.

Mobile versi aku, tuh, dapur, ruang tamu, kamar, teras, rebahan. Jadi bisa menulis kapan saja dan dimana saja aku berada.

Kalau pakai iPhone, rasanya kan, pas tuh. Bantu Aamiiin kan ya, Sahabat Desi's Corner.

Kenapa Harus iPhone 14 Max?

Jadi, IPhone 14 itu ada IPhone plus, IPhone 14 Pro, IPhone 14 Pro Max, dan IPhone 14 sendiri. Dan aku naksir IPhone 14 Pro Max.

Karena IPhone 14 Pro Max tidak diragukan lagi merupakan karya terbaik dari teknologi Apple dengan fitur-fitur seperti Dynamic Island dan teknologi tampilan selalu Apple.

Memang harganya mahal. Tapi buat Sahabat yang tertarik mau memiliki iPhone 14 Pro Max tapi budgetnya kurang. Maka, iPhone 14 Plus bisa menjadi alternatif karena layarnya sama-sama lebar.

Menurut review dari techadvisor.com bahwa iPhone 14 Pro Max mungkin tidak terlihat jauh berbeda dengan pendahulunya, ada banyak hal yang membuat para pembeli bersemangat untuk membelinya.

Dengan fitur utama termasuk kamera belakang 48Mp, layar selalu aktif, A16 Bionic Apple akan menjadikan para penggunanya menikmati pengalaman iOS ini.


Desain Dan Bangun iPhone Pro Max

Desain iPhone Pro Max sama dengan pendahulunya. IPhone 14 Pro Max memiliki apa yang beberapa orang mungkin gambarkan sebagai desain berulang, maksudnya adalah praktis tidak ada yang berubah dibandingkan dengan iPhone 13 Pro Max.

iPhone 14 Pro Max memang agak berat dengan dimensi 160,7 x 77,6 x 7,9 mm dan berat 240g. Kalau mau main hape tangan sebelah, ini mah berat banget. Secara beratnya hampir ¼ kg.

Buat yang belum tahu, ponsel iPhone ini menggunakan rangka baja tahan karat dan kaca belakang, menawarkan peningkatan bahan dibandingkan dengan iPhone 14 berbingkai aluminium, meski hasilnya, bobotnya bertambah.

Kalau Sahabat Desi's Corner mau yang beratnya lebih ringan dan tidak memerlukan fitur-fitur seperti yang ada di iPhone 14 Pro Max.

Maka iPhone 14 Plus 6,7 inci, 203g bisa menjadi alternatif selain iPhone 14 Pro Max. Karena sama-sama memiliki layar lebar tapi beratnya lebih ringan.

Tampilan Dan Audio

Pengalaman audio yang mengesankan
IPhone 14 Pro Max menampilkan layar Super Retina XDR 6,7 inci yang sama seperti pendahulunya, lengkap dengan dukungan untuk konten Dolby Vision HDR dan pengalaman visual yang sangat mendetail.

Lebarnya layar iPhone (meskipun ada juga iPhone 14 Plus non-Pro untuk dipertimbangkan) iPhone Pro Max yang dimensinya cukupbesar sangat cocok untuk menonton film TikToks dan Netflix.

Perubahan yang paling jelas terlihat dibandingkan dengan pendahulunya adalah notch yang didesain ulang, yang sekarang dijuluki 'Dynamic Island' oleh Apple. Eksklusif untuk model Pro, potongan berbentuk lonjong sebenarnya menambah pengalaman iOS daripada menguranginya seperti kebanyakan kamera cut-out yang bersaing.

Layar Kunci iPhone 14 Pro Max

Tidak seperti smartphone Android yang menampilkan layar hitam dengan waktu dasar dan informasi notifikasi, Apple memberi kepada kita seluruh pengalaman layar kunci lengkap dengan widget, notifikasi, dan bahkan wallpaper yang kita pilih sendiri

Seperti yang sebelumnya disampaikan diatas bahwa iPhone Pro Max berkapasitas penyimpanan sebanyak 1TB. Tetapi juga tersedia dalam 128GB, 256GB, dan 512GB jika Anda tidak membutuhkan sebanyak itu.

Dolby Vision HDR

Kemampuan kamera dan fotografi iPhone 14 Pro juga berlaku untuk iPhone 14 Pro Max, karena keduanya mempunyai sistem kamera yang sama.

Buat aku yang suka foto-foto produk atau foto spontan ketika melihat sesuatu yang menarik ketika sedang berada diluar rumah.

Maka, selamat datang iPhone Pro Max yang mempunyai kamera belakang sebesar 48Mp, dengan aperture f/1.8 dan OIS yang oke punya.

Dengan menggunakan teknologi pixel binning untuk mengolah gambar menjadi ukuran yang lebih mudah diatur – sekitar resolusi yang sama dengan sensor 12Mp standar – yang menghasilkan lebih banyak detail dan cahaya.

Untuk kamera depan yang TrueDepth sebesar 12Mp akan memberikan selfie yang lebih baik terlepas dari apakah yang memotret dalam mode Potret atau tidak.

Alhasil buat yang suka pepotoan kayak aku jadi lebih diuntungkan. Yaitu, semua objek yang diinginkan di foto akan terbawa semua.

Apple sangat yakin dengan kemampuannya, juga memungkinkan kita memotret dalam format ProRAW Apple untuk pasca-pemrosesan tingkat profesional.

Performa video juga jangan diragukan lagi. iPhone 14 Pro Max dapat merekam pada 4K@60fps dalam Dolby Vision HDR, lebih tinggi 30fps dari pendahulunya.

Ada juga Mode Aksi baru yang selanjutnya akan membantu menstabilkan rekaman video, dan seperti biasa, fitur ini juga memiliki Mode Sinema Apple yang memungkinkan kita untuk menghasilkan video seperti film-film Hollywood.

Kemampuan pengisian daya iPhone 14 Pro Max terbilang cepat. Yaitu mampu mengisi daya 22% dalam waktu 15 menit, 52% dalam setengah jam, dan daya penuh dalam waktu sekitar 90 menit.

Memang sih, standar pengisian cepat iPhone ini bukan standarnya Android, tapi untuk iPhone, ini sudah terbilang cepat.

Selain itu juga mendapatkan opsi pengisian nirkabel 7,5W Qi dan pengisian nirkabel 15W oleh sistem MagSafe Apple.

Pembaruan Perangkat Lunak iPhone 14 Pro Max


iOS 16 memberikan pengalaman yang menarik sebagai bagian dari ekosistem Apple yang lebih besar.

Verdict

IPhone 14 Pro Max adalah teknologi terbaru dan terhebat Apple, menawarkan pengalaman visual premium dengan layar Super Retina XDR 6,7 inci, teknologi Dynamic Islands, dan teknologi ProMotion yang memungkinkan kita akan mempunyai pengalaman pertama untuk iPhone dimana layar akan selalu aktif, juga kamera belakang sebesar 48Mp yang telah disempurnakan dan fitur-fitur seperti Car Crash Detection.

Layar yang besar sangat cocok untuk aku yang suka nonton TikTok untuk mencari berita, atau nonton serial TV di Netflix, bisa juga untuk bermain game di Apple Arkade, dan A16 Bionic, yang dijamin mulus dan lancar. Nggak pakai acara nge-hank atau nge-lag.

Spesifikasi iPhone 14 Max

160,7 x 77,6 x 7,9 mm
240g
Layar Super Retina XDR 6,7 inci
Layar selalu aktif
IP68 tahan debu dan air
A16 Bionik
Kamera utama 48Mp, f/1.78, sensor-shift OIS
120 derajat 12Mp ultrawide, f/2.2
Telefoto 12Mp 2x, f/2.8
4K@60fps dengan dukungan Dolby Vision HDR
Kamera depan 12Mp f/1.9 dengan fokus otomatis
Bluetooth 5.3
Wi-Fi 6 dengan 2xMIMO
NFC
Konektivitas satelit
Deteksi Tabrakan Mobil


Semoga yang lagi mengincar iPhone 14 Pro Max cepat terealisasi. Aku juga berharap punya. Semoga kesampaian, ya.





No comments:

Post a Comment