Tuesday, March 14, 2023

10 Cara Melestarikan Kehidupan Bawah Laut


10 cara melestarikan alam bawah laut

Sebagian besar bumi ditutupi oleh 71% air atau laut. Di laut banyak terdapat spesies dan ekosistem kunci yang membuat planet kita terus berjalan.

Setiap makhluk dan benda di bumi bergantung pada lautan untuk bertahan hidup. Sayangnya, lautan dalam bahaya akibat hal-hal seperti perubahan iklim, penangkapan ikan berlebihan, dan polusi.

Seram, kan seandainya kerusakan laut terus berlanjut? Padahal, kalau satu orang saja sadar dan melakukan aksi kecil. Pasti laut akan selamat.

Selama kita semua melakukan bagian kita untuk kelestarian laut, kita akan menuju laut dan planet yang lebih sehat.

Berikut adalah cara melestarikan alam bawah laut:

1. Kurangi Jejak Karbon

Tahu dong, 3 R (Reduce, Reuse, Recycle)? Dengan melakukan 3R, kita dapat membantu mengelola limbah dengan cara yang berkelanjutan.

Seperti tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai, atau produk kertas apa pun. Pilihlah produk yang memiliki kemasan yang dapat digunakan kembali.

Dengan begitu, akan ada lebih sedikit barang yang harus dibuang ke TPA, dan pada akhirnya berarti ada lebih sedikit sampah.

Jejak karbon disini termasuk menggunakan transportasi umum dibanding bawa kendaraan sendiri. Mematikan peralatan apapun saat tidak digunakan, menggunakan pengaturan termostat yang lebih rendah, dan menggunakan bola lampu neon yang ramah lingkungan di rumah.

2. Penggunaan Air Berkelanjutan

Air sangat berharga, dan kita harus mencoba menghindari penggunaan air secara berlebih alias gunakanlah seperlunya.

Kalau aku biasanya, akan mematikan keran kalau tidak dipakai. Bahkan, air cucian beras, sayuran, air bilasan mencuci, aku gunakan kembali untuk menyiram tanaman atau membersihkan lantai setelah mencuci.

3. Batasi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Mengurangi jumlah plastik sekali pakai yang kita gunakan adalah cara yang bagus untuk memulai hidup yang lebih berkelanjutan.

Pernah aku melihat berita, gimana seekor penyu besar hidungnya kemasukan sedotan plastik. Belum lagi sirip ikan yang tersangkut kantong plastik.

Lautan penuh dengan plastik, dan itu masalah nyata. Ribuan hewan mati setiap tahun karena plastik yang dibuang, entah itu karena mereka menelan plastik atau karena terjerat di dalamnya.

Dengan membawa botol air minum sendiri. Selain hemat, juga ikut andil dalam pelestarian alam bawah laut.

3. Beli Produk Ramah Laut

Jujur, aku belum memperhatikan saat membeli produk untuk memeriksa apakah produk tersebut dibuat ramah laut.

Seperti misalnya, tabir Surya tertentu yang mungkin mengandung bahan berbahaya yang tidak baik untuk kehidupan laut atau ekosistem laut.

Hal-hal seperti mikroplastik dari berbagai barang seperti sabun mandi, pakaian, dan pasta gigi dapat masuk ke laut melalui air limbah yang kita pakai.

4. Ingat Terumbu Karang

Pastikan saat kita mengunjungi terumbu karang bahwa kita bertanggung jawab dan aman saat snorkeling.

Pastikan kita tidak menyentuh karang apapun saat menyelam, dan pastikan juga kalau kita tidak melabuhkan perahu kita di karang.

Seandainya saja kita menyentuh karang, mungkin saja kita akan merusak hewan karang, dan jangkar dapat membunuh mereka.

Jika memungkinkan, parkirlah perahu menggunakan dasar berpasir atau gunakan tambatan jika memungkinkan.

5. Pertimbangkan Metode Perjalanan

Kalau Sahabat merencanakan perjalanan lalu menggunakan jasa perjalanan yang berkomitmen untuk melindungi satwa liar di lautan. Selamat, itu tandanya Sahabat sudah ikut andil dalam pelestarian laut.

6. Jadilah Pemilik Hewan Peliharaan yang Bertanggung Jawab

Aku mempunyai peliharaan beberapa ekor kucing. Dan aku tidak membuang kotorannya di toilet. Tapi membungkusnya menggunakan plastik bekas makanannya.

Jika kotoran kucing dibuang ke toilet. Maka kotoran itu dapat masuk ke laut bersama sisa air limbah tersebut.


7. Konsumsi Kehidupan Laut yang Berkelanjutan

Memahami cara mengonsumsi kehidupan laut secara berkelanjutan adalah langkah pertama untuk memastikan bahwa kita melindungi makhluk di laut.

Itu sering dimulai dengan penangkapan ikan yang berkelanjutan dan pemilihan produk dari nelayan yang mempraktikkan penangkapan ikan yang berkelanjutan.

Penangkapan ikan yang berkelanjutan dirancang untuk memastikan bahwa akan ada banyak satwa liar laut yang masih tersisa di masa depan.

Penangkapan ikan berkelanjutan memiliki sejumlah keunggulan. Keuntungan yang paling jelas adalah penangkapan ikan yang berkelanjutan membantu melindungi kehidupan laut dengan mencegah penangkapan ikan berlebihan.

Penangkapan ikan yang berkelanjutan memiliki metode khusus untuk memastikan tidak ada hewan yang dirugikan, dan juga tidak ada limbah. Ini juga menghasilkan lebih sedikit limbah.

8. Buang Sampah di Dekat Pantai

Buat Sahabat yang suka pergi ke pantai. Buanglah sampah pada tempatnya bukan ke pantai. Bahkan kalau bisa, seandainya dijumpai sampah. Ambil lalu buat pada tempatnya.

9. Bergabunglah dengan Para Relawan Pembersihan Pantai

Berpartisipasi dalam pembersihan pantai atau sungai dapat sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa lautan kita tetap bagus dan bersih.

Banyak sekarang aku lihat anak-anak milenial menjadikan kegiatan membersihkan sungai dan lingkungan sekitar dijadikan konten media sosial.

Nah, Sahabat bisa ikut bergabung dengan komunitas pembersihan pantai. Dan itu berarti Sahabat sudah ikut andil dalam pelestarian alam bawah laut.

10. Menambah Ilmu Pengetahuan Tentang Pelestarian Laut

Semakin banyak informasi yang kita ketahui tentang lautan, semakin banyak perubahan yang dapat kita lakukan.

Kita hidup di era informasi, jadi ada banyak pilihan bagaimana mendidik diri sendiri tentang kehidupan laut dan lautan atau pelestarian laut.

Misalnya, melihat situs web dokumenter dan konservasi satwa liar, buku, pameran seni, museum, dan banyak lagi.

Kalau aku suka nonton channel geographic atau wild animal untuk mengedukasi diri.

Kesimpulan

Sebagai manusia yang hidup dan menikmati keajaiban bumi, kita memiliki kewajiban untuk melindunginya.

Bukan hanya untuk diri kita hari ini, tetapi juga untuk generasi mendatang, dan untuk makhluk lain yang ada di sekitar kita.

Seperti yang telah dibahas atas bahwa lautan bertanggung jawab atas sebagian besar kehidupan kita sehari-hari, kita harus melindunginya.

Dengan cara seperti apa? Sahabat bisa memulainya dengan mengambil tindakan kecil, seperti mengubah cara menggunakan utilitas, menggunakan lebih sedikit plastik sekali pakai jika memungkinkan, dan umumnya menggunakan lebih sedikit sumber daya yang sudah terbatas.

Pada skala yang lebih besar dan lebih langsung, Sahabat juga dapat membantu upaya penyelamatan laut secara langsung.

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal seperti membeli hasil laut yang berasal dari sumber yang berkelanjutan, menghindari spesies yang terancam punah, mengadakan pembersihan pantai atau sekadar mendukung organisasi penyelamatan laut.

Dengan bekal pengetahuan yang benar dan upaya bersama yang besar, kita semua mampu membuat planet kita menjadi tempat yang lebih baik untuk masa depan. Satu kebiasaan atau tindakan benar-benar dapat membuat perbedaan.

No comments:

Post a Comment