Tuesday, February 22, 2022

11 Makanan dan Minuman Terbaik Untuk Dikonsumsi Saat Mengalami Gejala Omicron


Makanan dan minuman terbaik melawan omicron

Makanan dan minuman terbaik untuk dikonsumsi saat mengalami gejala Omicron harus diperhatikan betul. Tahu kan, kalau yang namanya lagi sakit, nafsu makan berkurang.

Apalagi gejala Omicron hampir mirip dengan gejala flu biasa. Sakit tenggorokan, hidung tersumbat, badan sakit, kepala berat. Akhirnya makan jadi malas, yang ada kepenginnya tiduran terus.

"Orang yang terkena kondisi ini, orang yang terkena Omicron, Delta, atau Influenza, sebenarnya tidak memiliki selera makan yang besar," kata Robert G. Lahita MD, Ph.D. ("Dr. Bob"), Direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health, New Jersey dan penulis Immunity Strong. "Omicron menyebabkan tenggorokan akan sangat sakit, seolah-olah kamu menderita radang tenggorokan. Bahkan menelan cairan pun sakit."

Bukan maksud pilih-pilih makanan atau minuman selama sakit ini sih, ya. Tapi karena lagi sakit dan nggak enak makan, makanya asupan yang mau dimakan kalau bisa dimaksimalkan. Jangan asal makanan masuk ke dalam tubuh. Ya, biar hasilnya maksimal gitu, deh.

Baca Juga: 10 Tips Isoman Ala Desi's Corner  

Berikut 11 makanan dan minuman terbaik untuk dikonsumsi saat mengalami gejala Omicron:

1. Sayuran

Kalau nafsu makan nggak terganggu, Dr. Bob bilang makanan yang mudah dan bergizi untuk disimpan adalah semua jenis sayuran.

"Kalau kamu bisa makan makanan biasa, lakukanlah," kata Dr. Bob. "Sayuran itu benar-benar enak, seperti brokoli dan kubis, kubis Brussel enak, dan sayuran yang dimasak dengan saus lobak atau mustard benar-benar enak. Semua sayuran itu akan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kamu."

Baca Juga: Oseng Tempe Kacang Panjang Pedas Manis

2. Pasta dengan bolognese

Daftar makanan dan minuman untuk orang gejala omicron

Saran yang ini enak banget, yak? Wkwk. Omicron pemilih banget. Kalau lagi sakit, dikasih pasta saus bolognese, kayaknya bakal cepat sehat, deh.

Sarannya ini valid, lho. Secara Dr. Bob yang bilang kalau pasta termasuk makanan kaya glukosa yang bikin perut kenyang dan meningkatkan protein dalam tubuh.

3. Telur

Telur mengandung selenium, vitamin A, B, K, asam amino, dan antioksidan yang dapat membantu pasien COVID-19 membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat. Selain itu, telur juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin D, zinc, dan vitamin E yang dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan.

4. Makanan Tinggi Vitamin C

Vitamin lainnya yang bertanggung jawab untuk sistem kekebalan tubuh adalah vitamin C. Vitamin yang larut dalam air ini kaya akan antioksidan sehingga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Jadi, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi makanan seperti, sayuran berdaun gelap, jambu biji, buah kiwi, brokoli, stroberi, dan pepaya.

Baca Juga: Resep Masak Tumis Bunga Genjer

Bagaimana dengan jeruk?

Tahun lalu saat mengalami COVID-19, dapat kiriman jeruk lumayan banyak. Ya, kan, jeruk mengandung vitamin C yang berfungsi menambah kekebalan tubuh secara alami tanpa harus minum dalam bentuk pil atau tablet.

Tapi untuk Omicron menurut Dr. Bob, mengonsumsi jeruk, baik itu dimakan langsung atau dalam bentuk jus, sebaiknya dihindari.

"Buah seperti jeruk dan makanan yang sedikit asam, akan sangat-sangat sulit untuk ditelan," kata Dr. Bob. "Ini semua karena varian Omicron - mempunyai gejala sakit tenggorokan yang ekstrim. Jenis makanan asam akan sulit ditelan, jadi itu sebabnya saya menyarankan untuk memulai dengan makanan yang sangat lembut dan lunak seperti yoghurt dan probiotik lainnya."

5. Makanan Tinggi Vitamin D

Berikutnya makanan dan minuman terbaik untuk dikonsumsi saat mengalami gejala Omicron adalah dengan dibuktikan dari sebuah studi yang menunjukkan bahwa menambahkan vitamin D dalam pengobatan pasien positif Corona, dapat meningkatkan pemulihan.

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi jamur, kuning telur, dan susu dalam diet, dapat memenuhi nutrisi dalam tubuh. Jangan lupa untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berjemur di bawah sinar matahari juga, ya.

Vitamin D baik untuk penderita gejala Omicron

6. Makanan Tinggi Protein

Protein adalah nutrisi terpenting untuk membantu memperbaiki kerusakan sel sekaligus berguna untuk membangun otot. Efek lanjutannya, sistem kekebalan tubuh akan semakin menguat.

Hal inilah yang membuat protein dipercaya dapat membantu penyembuhan kerusakan sel yang disebabkan oleh virus Corona.

Untuk alasan yang sama, orang yang telah pulih dari COVID-19 harus mengonsumsi makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, lentil, produk olahan susu, ayam, telur, dan ikan karena semua makanan tersebut tinggi protein.

Baca Juga: Resep.Ayam Lada Hitam Paprika

7. Es krim

Waktu baca bagian makanan dan minuman terbaik untuk dikonsumsi saat mengalami gejala omicron adalah es krim.

Aku langsung ngomong dalam hati, "Mengada-ada, nih artikel. Bukannya kalau lagi flu dan radang, justru es krim nggak boleh, ya?"

Tapi ini pendapat seorang dokter, lho. Dan aku percaya, secara es krim kan, enak. wkwk.

Dr. Bob bilang bahwa es krim sebenarnya bisa menjadi pengisi perut yang mudah ditelan ketika kita sedang mengalami sakit tenggorokan yang parah.

"Hal lain, jika kita tidak menderita diabetes, es krim - adalah sesuatu yang akan melewati [tenggorokan] kita dengan cara yang mudah," kata Dr. Bob. 

"Es krim mengandung glukosa juga protein, jadi setidaknya kita bisa menjaga berat badan. Banyak orang yang menderita Omicron atau Delta kadang-kadang mereka akan kehilangan berat badan 20 hingga 30 pon, dan itu masalah besar," kata Dr. Bob lagi.

Es krim dan yoghurt untuk meredam gejala Omicron

Waktu aku ngalamin Covid-19, berat badan turun sampai 5 kg. Setelah 6 bulan, baru balik lagi nih, timbangan. 

8. Minuman yang mengandung elektrolit

Kata Dr. Bob, cairan itu penting, terlebih bila gejala COVID-19 nya disertai dengan diare dan muntah. Jadi untuk menjaga kecukupan kalium dan natrium dalam tubuh agar tetap normal. Maka, minumlah minuman yang mengandung elektrolit, seperti air kelapa.

9. Sup dan kaldu

"Makanan" yang mudah ditelan dan enak di tenggorokan adalah semangkuk sup atau kaldu.

"Sup dan kaldu benar-benar dapat menjadi pengganti elektrolit yang luar biasa," kata Dr. Bob.

Meski nafsu makan kita terganggu saat tubuh terinfeksi virus Corona. Tapi sup sangat mudah untuk dikonsumsi, apalagi sup banyak mengandung protein yang berasal dari sayuran. Sup juga akan memberi beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita saat melawan infeksi.

10. Protein dari shake

Sama seperti es krim, aku pun nggak sangka kalau milkshake masuk ke dalam makanan dan minuman terbaik untuk dikonsumsi saat mengalami gejala omicron. Jadi ngebayangin wkwk.

"Milkshake vanila, milkshake coklat, apa pun yang mudah diminum sangat penting. Saya telah berbicara dengan begitu banyak pasien Omicron dan mereka semua mengatakan hal yang sama —'oh kita membutuhkan makanan ringan,'"kata Dr. Bob. 

Dan memang, minum protein dari shake lebih ringan di perut dibandingkan dengan smoothie. Campurkan bubuk protein favorit dengan es dan susu (atau alternatif susu) untuk meningkatkan protein tubuh dan setidaknya shake juga dapat memberi beberapa zat yang dibutuhkan tubuh saat kita mengalami gejala omicron.

11. Yoghurt

Yoghurt yo'qta minuman terbaik untuk gejala omicron

Poin terakhir adalah kesukaanku dari sekian banyak makanan dan minuman terbaik untuk dikonsumsi saat mengalami gejala Omicron yang sudah disebutkan diatas. Yoghurt adalah salah satu makanan terbaik yang bisa dimakan ketika kita terjangkit Omicron. Teksturnya lembut, dingin, terasa enak di tenggorokan, dan dikemas dengan protein yang membuat perut kita kenyang.

"Saya telah menyarankan bahwa hal terbaik yang harus dilakukan adalah mungkin makan yoghurt dan untuk tambahan bisa diberi beberapa granola di yoghurt," kata Dr. Bob. 

"Potong juga beberapa pisang untuk potasium, dan campurkan. Tapi pisangnya harus kecil-kecil karena ingat, akan sangat sulit bagi penderita Omicron untuk menelannya," sambungnya lagi. 

Yo'Qta

Untuk yoghurt ini kebetulan aku baru mulai aktif jualan lagi bulan lalu. Setelah tiga tahun vakum jualan karena adanya pandemi dan beberapa alasan lainnya.

Yo'Qta adalah yoghurt yang terbuat dari susu sapi segar asli dengan buah potong asli didalamnya. Yo'Qta diproduksi di Bandung tepatnya Kota Padalarang yang masuk ke dalam Kabupaten Bandung.

Alhamdulillah, sampai hari ini, yoghurt Yo'Qta sudah terjual hampir mencapai 300 botol dalam kurang lebih satu bulan ini dengan area pengiriman Jakarta, Tangerang, Depok. 

Buat penyuka minuman fermentasi ini, mereka bakal langsung jatuh hati dengan tekstur Yo'Qta yang kental, topping buah potong asli didalamnya, dan tersedia 14 varian sebagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera kamu. 

14 varian Yo'Qta itu adalah:

1. Strawberry
2. Blueberry
3. Leci
4. Anggur
5. Moca
6. Melon
7. Sirsak
8. Durian
9. Vanila
10. Plain
11. Rainbow
12. Alpukat
13. Buah naga
14. Mangga

Baca Juga: Ini 5 Sebab Kalau Nekat Mencoba Yo'Qta

Promo Untuk Wilayah Jadetabek

Ada promo tidak terbatas waktu selama biaya ongkir dan harga dasar yoghurt dari Bandung tidak mengalami perubahan. Promo yang berlaku khusus untuk pembeli langsung bukan reseller.

Kamu bisa merasakan fresh yoghurt setelah selesai produksi dengan pengiriman langsung dari Bandung.

Yoghurt Yo'Qta minuman terbaik untuk penderita gejala Omicron

Begini ketentuan promonya:

1. Gratis ongkir pengiriman langsung dari Bandung untuk pembelian minimal 10 botol
2. Subsidi ongkir Rp 10,000 dengan pembelian minimal 5 botol
3. Tidak ada minimal order tapi ongkirnya nggak free, ya

Mau jadi reseller? Bisa banget. Ada harga khusus yang diberikan untuk reseller dibanding harga jual langsung ke pembeli yang berada di angka Rp 15,000/botol.

Mau tanya-tanya dulu juga boleh atau mau langsung icip Yo'Qta nya juga silakan. Oh, iya, sekadar informasi, ongkir dari Bandung ke wilayah Jadetabek untuk 1-10 botol, Rp 18,000.

Semoga artikel informasi mengenai makanan dan minuman terbaik untuk dikonsumsi saat mengalami gejala Omicron dan iklannya bermanfaat, ya.

Salam sehat selalu dari Yo'Qta, The Real Premium Yoghurt and we always wish you a happy life with Yo'Qta.

Oh, iya, kelupaan, kalau Sahabat Desi's Corner tertarik untuk mencoba atau ingin bergabung menjadi reseller. Silakan untuk menghubungi nomor di bawah ini, ya. 

Desi (WA): 08176489977

Terima kasih :)

13 comments:

  1. Dulu waktu kena Covid, saya tahunya hanya memperbanyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung sumber vitamin C, ternyata banyak juga ya makanan varian lain yang baik dikonsumsi untuk yang terkena covid, eh salah satunya es krim ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, Pak. Sekarang turunan COVID-19 alias Omicron pengennya di alem sama makanan dan minuman enak. Untung saya nyetok yoghurt. Wkwkw malah promosi

      Delete
  2. Aku gagal paham dengan nama-nama makanan yang terengar asing kaya pasta saus bolognese, kudet banget ya. ahaha maklum penikmat masakan jawa.
    Btw itu yoghurt produksi sendirikah? sukses terus ya mbak untuk bisnisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, Mbak. Namanya aneh, tapi anak saya beli mentahannya di supermarket. Trus ngerebus sendiri. Ya, gitu deh rasanya,kurang lebih rasanya kayak mie ayam ayam.

      Yoghurtnya boleh ambil dari produksinya langsung di Bandung.
      Terima kasih buat doanya, Mbak.

      Delete
  3. Intinya kalau terinfeksi covid-19, harus banyak makan ya... Makanan apa pun pokoknya bisa masuk ke pencernaan.
    Btw, aku penasaran dengan Yo'qta". Sepertinya enak segar dan bikin sehat ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul, Dok. Judulnya menggemukan badan wkwk. Waktu itu pas kena Covid sampe beli obat nafsu makan.
      Enak, Dok, Yoghurtnya, ada potongan buah aslinya di dalem #ngiklandeh :)

      Delete
  4. Enak banget ya makanannya, hehe. Tapi kalau kena omicron nafsu makannya ngaruh nggak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak enak nelen kayaknya, Bun. Kan, sakit tenggorokan. Itulah Dokter saranin yang gampang ditelen. Kayak makanan di atas. Tapi,jangan sampe disediain makanan enak pas lagi sakit, yaa.

      Delete
  5. Aku agak amazed lho pasta bolognese sama es krim bisa naikin imun yg gejala omi. Hahahah sunggu saran yang aku suka. Btw, aku baru denger merk yogurt yo'qta, bisa kirim juga ya ke penjuru jadetabek ^^ anak-anakku suka yogurt hhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama, Mbak. Kalau bukan dokter yang ngomong juga kayak "bercanda", nih wkwk.
      Iya, Mbak. Lagi promo, nih. Beli 10 btl gratis ongkir ke seluruh Jadetabek. Yuk, yuk, coba #ngiklandeh wkwk

      Delete
  6. Kalau makanan untuk yg bergejala enak-enak kayak gini jadi gak mau nolak dong nih aku.. Wkwkkk
    Tapi gak usah pakai omicron aja deh ya, langsung makan aja biar tetap ngenyangin.. Hihii,,

    ReplyDelete
  7. Baru tau lho klo yg enak2 sprti pasta bolognese bagus buat yg lgi kena omicron, yg penting happy imun naik jadinya yaa

    ReplyDelete
  8. Waaah, boleh ya makan es krim? Biasanya kalau sakit tuh nggak boleh makan es krim, apalagi sakit tenggorokan gitu hehe

    ReplyDelete