Tuesday, August 31, 2021

Sendiri Bukan Berarti Kesepian. Simak 4 Perbedaannya Berikut Ini


Perbedaan sendiri dan kesepian

Sendiri bukan berarti kesepian. Pernahkah Sahabat Desi's Corner mengalami salah satu dari rasa itu? Sendiri dan kesepian?

Ketika diri merasa sepi padahal sedang berada di tempat ramai. Entah itu sedang berkumpul dengan teman, di kantor, kumpul arisan, atau mungkin ketika sedang di mall. Tapi diri kita seperti tidak merasakan adanya kehadiran orang-orang di sekeliling kita. Diri kita seperti berada di gunung, hutan, atau pulau berpantai. Sendiri. Sepi.

Sebaliknya, ketika kesibukkan di kantor membuat stres dan terkadang menjenuhkan. Lalu merasa perlu waktu untuk mendinginkan diri sementara. Maka menghindar atau menyendiri akan menjadi pilihan.

Atau seorang ibu rumah tangga yang pekerjaan rumahnya tidak pernah berhenti kecuali waktu tidur malam. Maka waktu untuk sendiri akan sangat dirindukan. Berdiam dengan diri sendirinya bagi seorang ibu rumah tangga dapat mengisi tenaga baik itu hati dan tenaga.

Seperti hasil dari penelitian Washington University, St. Louis, Amerika Serikat, bahwa menyendiri (me time) dapat membuat pikiran menjadi lebih jernih, menurunkan tingkat stres, bahkan bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22% (tambahan penelitian dari European Heart Journal).

Kalau aku sih, sepertinya masuk di antara keduanya. Kadang merasa sendiri tapi bukan kesepian. Tapi terkadang aku juga benar-benar merasa kesepian.

Di zaman pandemi kayak begini. Aku harus bisa mengontrol diri antara rasa sepi dan ingin menyendiri. Terlebih di rumah aku hanya seorang diri kalau siang hari. Maka yang aku alami sekarang adalah meski di rumah sendiri tapi notifikasi gawai dari berbagai macam komunitas, kelas daring, atau nge-YouTube (aku mah, nonton bukan YouTuber yaa). Maka aktivitas tersebut tidaklah masuk ke kategori menyendiri atau kesepian. Itu namanya masih terkoneksi dengan dunia luar. Jadi aku masih sehat 😊😁

Tapi nggak bohong juga, sih, aku sering kok, mengalami saat-saat kesepian. Tapi balik lagi ke diri. Aku harus mengendalikan rasa kesepian agar tidak merusak mental dan fisik. Nanti deh, tips mengatasi kesepian ditulis terpisah.

Baca Juga: Ulasan Wokshop Detox Emosi  

Perbedaan Antara Sendiri dan Kesepian

Perbedaan berikut mungkin akan membuat Sahabat lebih memahami bahwa sendiri bukan berarti kesepian.

Berikut 4 Perbedaan Bahwa Sendiri Bukan Berarti Kesepian:

1. Kesepian itu keadaan dimana seseorang merasa sendiri tapi kesendirian adalah seseorang yang ingin Sendiri

Kesepian adalah jika seseorang tersebut merasa dirinya terisolasi secara sosial. Merasa kehadirannya tidak diinginkan, atau merasa dirinya tidak diinginkan oleh lingkungan.

Sedangkan jika seseorang itu memilih untuk sendiri atau menghindar dari lingkungan sekitar. Itu berarti orang tersebut memang butuh waktu untuk sendiri. Atau mungkin orang itu introvert. Jadi mereka lebih nyaman kalau nggak terlalu bersosialisasi.

Sendiri tak selalu sepi

2. Kesepian disebabkan hati dan jiwa yang hampa, sedangkan menyendiri membuat hati jiwa tenang

Sakitnya hati tidak dapat dilihat dari penampilan seseorang. Kita tidak pernah tahu wajah seseorang yang terlihat gembira dan bahagia itu kompak dengan hatinya juga.

Penelitian dari psikolog University of Chicago di Amerika Serikat yang dilakukan oleh profesor John Cacioppo, kesepian berkaitan erat dengan genetik. Menurutnya penyebab kesepian adalah pengucilan, perceraian, dan kematian orang terdekat.

Ditengah kegalauan atau bila sedang menghadapi emosi yang tidak stabil. Biasa seseorang akan lebih menarik diri dari dunia luar. Memilih tenggelam dengan dunianya sendiri. Menyelami emosi dan kegalauan yang sedang melanda hati dan jiwa. Self-talk membuat diri seseorang menemukan kedamaian hati. Tidak jarang pula malah menemukan solusi. Inilah yang dinamakan menyendiri, introspeksi atau muhasabah.

Baca Juga: 5 Manfaat Self Talk Bikin Mental Sehat

3. Kesepian membuat tubuh jatuh sakit, sedangkan menyendiri membuat tubuh sehat

Bila kesepian yang dihadapi biasa saja, wajar, dan tidak berlebihan, tidak perlu dikhawatirkan. Tapi bila rasa kesepian berlanjut hingga merasa putus asa, cemas, takut, hingga akhirnya berdampak pada pola makan dan tidur. Maka inilah yang menyebabkan tubuh menjadi sakit.

Sedangkan menarik diri dari keramaian atau menyendiri akan membuat emosi seseorang tersebut terkendali. Emosi yang terkendali membuat seseorang tetap berpikir positif apapun masalah yang dihadapi. Sehingga pola makan dan tidur tidak terganggu.

4. Kesepian berdampak negatif sedangkan menyendiri berdampak positif

Seseorang yang merasa kesepian akan memengaruhi kesehatan fisik dan mentalnya. Kesepian menyebabkan depresi yang bila berkelanjutan maka diperlukan tenaga ahli untuk menanganinya.

Sedangkan menyendiri seperti halnya muhasabah. Seseorang tersebut akan mendapatkan ketenangan jiwa karena refleksi diri yang dilakukannya.

Bagaimana Sahabat Desi's Corner? Sekarang tahu dong, perbedaan antara kesepian dan kesendirian? Jadi kalau Sahabat sedang sendirian di rumah, itu belum tentu Sahabat benar-benar sendirian, karena sendiri bukan berarti kesepian. 


Referensi bacaan:

https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/mental/gangguan-mood/merasa-kesepian-depresi/%3famp=1

https://www.google.com/amp/s/id.theasianparent.com/me-time-untuk-ibu/amp

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/talking-about-men/202010/the-pain-loneliness-and-the-pleasure-solitude

https://www.healthline.com/health/loneliness-and-depression

https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/life/inspiration/amp/klara-livia-1/5-perbedaan-kesendirian-dan-kesepian-kamu-yang-mana







8 comments:

  1. Aku typical yang suka menyendiri kalau pas kerja. Makanya kalau kerjanya pas udah pada tidur semua tuh produktif banget wkwk.

    ReplyDelete
  2. Sebagai orang yang nggak sadar introvert. Aku biasa banget dengan kesendirian, biasanya kalau lagi sendiri tiba-tiba ngorok :p

    ReplyDelete
  3. kalau lagi sendiri kayanya suka merasa damai tanpa gangguan apapun. Sebenernya ramaipun saya tak masalah, asalh dengan teman-teman satu server, jika tidak, menyendiri so much better

    ReplyDelete
  4. Saya senang sendiri, tapi senang juga ramai.
    Tapi jarang sih kesepian, soalnya biar sendiri juga enjoy aja heheheh

    ReplyDelete
  5. Aku tuh tipe yang lebih memilih sendiri dari pada rame-rame, hehehhe
    Untuk keadaan rame ada saat2 tertentu yang mau nggak mau dihadapi juga, seperti pas acara nikahan misalnya wkwkwkkw
    Kadang untuk menikmati waktu sendiri kan bisa lebih menenangkan juga yaa.

    ReplyDelete
  6. Tiap selesai jam sekolah, aku lebih suka sendiri. Rebahan atau cuma main hape. Ngajar menguras banyak energi dan aku butuh sendiri untuk bisa ngisi energi lagi

    ReplyDelete
  7. Berati beda banget ya mbak. Aku termasuk yang suka kesendirian si suatu waktu. Saat suami ke kantor dan anak satu-satunya bermain ke luar. Sendiri membuatku bisa mengerjakan banyak hal.

    ReplyDelete