Sunday, September 26, 2021

PTM Terbatas TK Bunga Bangsa Islamic School Bekasi, Orang Tua Murid: Saya Lega


PTM terbatas TK dan Paud

Ada apa, nih, aku mengangkat tema Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas? Jarang-jarang lagi gaya tulisannya straight news begini. 

Sebenarnya tulisan di bawah adalah tugas akhir ikut kelas jurnalis. Kepingin tahu aja kalau gaya menulis berita itu kayak gimana.

Judul di atas kalau buat media online maksimal 100 karakter. Tapi karena posting di blog, dikurangin, deh. Waktu ikut kelas Blogspedia, kan, Coach Marita bilang judul jangan lebih dari 70 karakter. 


Menurut Sahabat Desi's Corner gimana penulisan gaya jurnalisku? 

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas TK Bunga Bangsa Islamic School Bekasi, Orang Tua Murid: Saya Lega

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di TK Bunga Bangsa, Bekasi, baru saja dilaksanakan pada, 20 September 2021.

PTM Terbatas ini sesuai dengan Surat Edaran Wali Kota Bekasi Pada Nomor: 420/6378/Setda.Tu tentang PTM Terbatas masa pandemi Covid-19 pada Satuan Pendidikan Paud, SD/MI, dan SMP/MTS se-Kota Bekasi Tahun Ajaran 2021/2022.

Penjelasan PTM Terbatas seperti dikutip oleh reporter dari Disdik Kota Bekasi, 31 Agustus 2020 bahwa pada, 1 September 2021 telah dilakukan pembelajaran tatap muka untuk tingkat SMP terlebih dahulu. Kemudian tanggal 6 September 2021 untuk tingkat SD dan 20 September 2021 PTM Terbatas diberlakukan untuk TK dan PAUD.

Keputusan dilakukannya PTM Terbatas di Kota Bekasi dikarenakan Kota Patriot ini sudah berstatus level 3 pada masa PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat).

Baca Juga : 5 Tips Ibu Bahagia Selama Pandemi

Berdasarkan tabulasi data pengendalian covid-19, kondisi existing per tanggal 29 Agustus 2021 wilayah Kota Bekasi dari RT yang sudah zona Hijau ada 6.886 (96,51%), untuk yang masih zona Kuning ada 249 RT (3,49%), dan angka kesembuhan (98%).

Meski begitu pihak sekolah harus membatasi jumlah peserta didik maksimal 50 persen dari total siswa di tiap satuan pendidikan pada saat melakukan PTM Terbatas.

Tiap kelas atau rombongan belajar hanya diperbolehkan diisi maksimal 18 siswa agar dapat menerapkan jaga jarak minimal 1,5 meter.

Salah satu orang tua murid dari TK Sekolah Bunga Bangsa, Rika, sangat bersyukur anaknya bisa belajar tatap muka meski terbatas.

"Saya lega sekolah sudah tatap muka lagi. Nggak apa seminggu tiga kali ke sekolahnya. Kasian anak saya. Bete katanya kalau belajarnya lewat laptop terus," ucap Rika ketika ditanya oleh reporter tentang tanggapan PTM Terbatas di kediamannya yang berlokasi tidak jauh dari reporter tinggal.

TK Bunga Bangsa Islamic School adalah sekolah Islam yang berlokasi di komplek kavling Masjid Jami Bunga Bangsa Bekasi yang beralamat di Jl.KH. Agus Salim No 206 RT 001 RW 08 Kelurahan Bekasi Jaya kecamatan Bekasi Timur.

KB & TK Bunga Bangsa Islamic School  mempunyai misi, menjadi pusat pengembangan anak usia dini yang berbasis pada pengembangan kecerdasan jamak untuk menghasilkan generasi Islam yang unggul sebagai penerus bangsa. (***)


Gimana menurut Sahabat gaya penulisan jurnalisku di atas tadi? 

Menurutku, sih, kalau disimak penulisan gaya berita di atas. Kayaknya nggak jauh beda sama artikelku yang lain, yak? 

Kalau di blog kan, suka-suka mau menulis pakai gaya apa aja. Entah itu gaya menulis yang dipakai, lugas, kaku, model ngobrol, atau yang lainnya.

Ya, seenggaknya aku tahu lah ya, gaya jurnalis menulis berita itu kayak gimana. Seperti judul tugas liputan lapangan, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas TK Bunga Bangsa Islamic School Bekasi, Orang Tua Murid: Saya Lega.

Coba belajar menulis straight news lagi, ah. 


No comments:

Post a Comment