Tuesday, April 20, 2021

3 Tips Membeli Cokelat Batangan Terbaik Agar Hasil Olahan Kue Oke

Quote cokelat inspiratif

Ada yang sudah ancang-ancang menyambut lebaran? Nggak apa, kan, kalau cuma tanya meski puasa baru masuk minggu kedua. 😁

Secara Mamak-Mamak macam aku mah, bulan puasa belum masuk aja suka bikin rencana duluan. Seperti, mau jualan apa buat ngabuburit atau mau bikin kue apa buat menyambut lebaran. Meski sering kali realisasinya mah, ke laut aja tuh, rencana. 😅

Malah sebelum pandemi, puasa belum mulai, udah beli baju lebaran. Nggak usah dijelasin, Sahabat Desi's Corner tahulah ya, sebabnya. Terutama sesama Mamak-mamak. Tahu sama tahulah kita, ya.

Nah, berdasar prolog diatas. Jadi, ceritanya, adik perempuanku kan, puasa tahun lalu jualan kue kering. Terus pas aku dapat jawaban dia mau jualan kue lebaran lagi tahun ini. Aku bilang sama dia, kalau aku mau nebeng kue bikinan aku untuk barengan dijual. Gayung bersambut, dia oke-in penawaranku.

Baca Juga: Tetap Produktif Meski Diam Di Rumah

Antara Kue Cokelat dan Bola Keju Krispi

Ramadan sebelumnya, aku mencoba membuat kue bola keju krispi. Buat konsumsi pribadi, sih. Selain ovennya aja boleh pinjam Ibu Mertua. Itu juga cuma trial resep hasil googling. Jadi, ya bikinnya juga cuma dua toples.

Eeh, tetanggaku bilang, temanku bilang, anakku juga bilang, kalau kuenya enak. Malah ada yang pesan dua toples. Rencana nggak ada niat jualan. Ya, masa rezeki ditolak. Cuz lah langsung diterima dengan tangan terbuka.

Itulah sebabnya dalam menyambut lebaran tahun ini. Aku ingin berjualan kue bola keju krispi lewat adikku. Tapi ada kendala nih, oven tangkringnya udah dikembalikan ke Ibu mertua. Mau pinjam, takut adik iparku mau pakai untuk bikin kue juga. Secara pandemi belum kelar tahun ini. Bikin kue lebaran sendiri pastinya lebih hemat.

Ya sudah, aku putuskan untuk membuat kue yang lain. Dan pilihanku dari sekian banyak resep, sepertinya bola kurma kacang cokelat, oke juga. Selain bahan yang digunakan cuma sedikit. Membuatnya juga nggak perlu pakai oven. Nggak ribet, nggak butuh perabotan masak banyak, dan nggak butuh waktu lama buat bikinnya.

Coba ikutan bikin yuk, Sahabat Desi's Corner. Ini resepnya yang kudapat dari YouTube:

Bahan yang dibutuhkan:
1. Kurma - 150 gram
2. Kacang tanah atau jenis kacang lainnya) - 100gr
3. Cokelat batangan - 100 gram

Cara membuat:
1. Potong kurma menjadi ukuran kecil
2. Sangrai kacang
3. Lelehkan cokelat batangan selama sepuluh menit (proses akhir)

Proses selanjutnya:
1. Masukkan kurma dan kacang ke dalam chopper. Setelah selesai penyatuan kurma dan kacang. Bentuk bulat adonan yang besar bulatannya sesuai selera Sahabat Desi's Corner. Sisihkan.
2. Lelehkan cokelat selama sepuluh menit.
3. Celupkan bola-bola kacang dan kurma ke dalam cokelat. Tutupi dengan sempurna. Letakkan diatas piring atau wadah lainnya. Biarkan dingin dan cokelat mengeras. Lalu masukkan ke dalam kulkas untuk hasil yang sempurna. Terus, tata cantik di toples, deh. Tara! Jadi, deh, bola kurma kacang cokelatnya buat suguhan lebaran.

Bola cokelat kurma kacang
Foto: Unsplash


Baca Juga: Lebaran 50:50

Cokelat Batangan

Cokelat yang digunakan nanti, kan, cokelat batangan, tuh. Sahabat Desi's Corner tahu dong, cokelat batangan itu apa. Iya, cokelat blok atau batangan yang buat kue itu. Yang bisa dibuat minuman atau dimakan langsung. 

Sekarang kan, banyak banget, tuh cokelat yang beredar di pasaran. Jadi kita gampang ngedapetinnyaUdah gitu harganya juga ngikutin kantong. Mau hasil akhir rasa yang kayak gimana. Ya, tergantung budget dan target pasar yang dituju.

Itulah kenapa aku pilih cokelat. Selain tentunya semua kalangan usia banyak yang suka sama makanan jenis cokelat ini.

Ngomongin target pasar. Rencananya aku mau bikin kue bola kurma kacang cokelat ini dengan kualitas dan rasa yang oke. Selain mencari untung, kepuasan pelanggan juga nggak boleh diremehin. Karena kepuasan pelanggan nggak bisa dinilai dengan materi.

Kualitas cokelat dan harga, pastinya harus berimbang. Agar hasil olahan kue berbahan cokelat ini nantinya memuaskan. Nah, mau tahu kan, bagaimana cara mendapatkan cokelat yang oke ini.

Tips memilih cokelat blok yang harus diperhatikan:

1. Merek

Tips pertama yang bisa kita gunakan adalah dengan melihat merek cokelat blok yang bakal kita beli. Tahu kan, kalau di pasaran itu banyak banget merek cokelat yang bikin kita bingung buat memilih.

Soalnya nanti, merek yang dipilih ini, bakal memengaruhi kualitas dari proses akhir kue yang akan dibuat. Entah itu rasa atau bahkan tekstur yang kurang sesuai dengan keinginan. Oleh sebab itulah, penting bagi kita untuk memilih merek cokelat dengan membandingkan komposisi dan rasa yang ditawarkan untuk mendapatkan cokelat batangan yang sesuai keinginan kita.

2. Ukuran yang dibutuhkan

Tips mudah selanjutnya untuk memilih cokelat blok adalah dari ukuran yang dibutuhkan. Di pasar nanti, kita bakal menemukan ukuran cokelat blok yang beragam. Baik yang ukurannya kecil, sedang, hingga yang besar. So, pilihlah cokelat sesuai dengan kebutuhan.

Misal, bagi yang menggunakannya untuk keperluan pribadi, maka pilihlah ukuran kecil yang ditawarkan di minimarket. Sedangkan untuk kebutuhan usaha, baiknya memilih yang ukuran besar, supaya lebih hemat. Persis mottonya Mamak, hemat is the most important thing to buy something. 😁

3. Tempat membelinya


Cokelat batangan


Tips terakhir untuk membeli cokelat blok adalah dari tempat membelinya. Kalau untuk usaha, sebaiknya sih, pilih cokelat bloknya yang ukuran besar. Dan itu bisa ditemui di toko bahan kue, seperti di TokoWahab. Di sini kita bisa membelinya secara online dengan banyak pilihan cokelat blok yang dapat dipilih. Mulai dari merek Colatta dan Tulip dengan harga 300 hingga 700 ribu rupiah.

Cocok banget, kan, di musim pandemi kayak gini. Sambil rebahan, bisa order cokelat. Pas di dapur, cokelatnya datang, deh.

Jadi, bagaimana? Kita coba bareng yuk, resep kue bola kurma kacang cokelatnya! Kali aja rezeki buat lebaran memang lewat usaha ini. Jangan lupa memilih cokelat bloknya pakai tips yang di atas tadi, ya. 

Selamat menjalankan ibadah puasa dan mencoba resep. 







12 comments:

  1. Hmmm, enak bangeeet. Mau simpan resepnya aah, tapi bikinnya kapan-kapan. Segala olahan coklat memang nggak bisa ditolak ya mbak. Bikin lebih bahagia hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaap, ini juga simpenan resep udah banyak. Eksekusinya satu². Tunggu kesempatan kalau senggang #gayaguweh 😅

      Delete
  2. Waaah senang banget dapet resep, tapi aku tipikal yang suka gagal kalau bikin kue-kue gini bu :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja dulu yuk, yuk. Ini juga baru mau coba. Cuma dibulet². Kayaknya gampang 😋

      Delete
  3. Perpaduan kurma dan coklat... mmm, looked yummy. recomended nih buat istri persiapan lebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh, bener Pak. Buat suguhan lebaran keluarga khususnya anak² yang suka banget sama cokelat. Liat fotonya aja udah ngeces ini.

      Delete
  4. aku suka gagal ih kalau buat yang manis-manis seperti ini. Tapi mau coba resepnya, kayaknya mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nih, resepnya mudah. Semoga percobaan manis kali ini berhasil ya Kak Via. Semangat!

      Delete
  5. Kelihatan mudah dan sederhana banget ini resepnya.
    Pengen coba, semoga bisa segera terealisasi, heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin. Mari kita mencoba terus kita abadikan lewat tulisan di blog. Sebagai salah satu sejarah sukses menaklukan resep 😋

      Delete
  6. Resepnya bakal aku simpan nih mba. Resepnya gampang, ga ribet juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, Mbak. Saya juga resepnya hasil koleksi alias simpanan. Semoga bermanfaat dan nggak cuma jadi simpanan resep kayak aku 😅

      Delete