Sunday, January 10, 2021

Film Balada Si Roy dari IDN Pictures Tayang Tahun Ini


Novel Balada Si Roy

Ada yang seangkatan dengan Si Roy? Aku ngaku, nih. Waktu Balada Si Roy pertama kali tayang di Majalah Hai tahun '88. Aku duduk di kelas dua SMP, lho (antara bangga dan tengsin ketahuan lama tinggalnya di dunia).

Nggak lama cerita Si Roy ditayangkan secara berkala di Majalah Hai. Pada awal tahun 90-an, terbitlah Balada Si Roy dalam bentuk novel.

Tokoh laki-laki tampan, cool, cuek tapi penuh kasih sayang yang diciptakan oleh Gol A Gong, seakan mencerminkan kisah para pemuda pada zamannya. Meski tidak dipungkiri, kisah petualangan yang dijalani Roy tetap masih berlaku hingga saat ini.

Duh ini, mah, kayak aku waktu masih SMA gitu. Paling seneng kalau cowok itu cool, cuek tapi sebenarnya care banget sama cewek. Semoga suami nggak baca tulisanku ini. Kalau baca, bisa geer dia. Soalnya doi dulu itu termasuk cowok yang cool, bandel (tapi banyakkan Roy bandelnya), dan lumayan cakep lah, ya.

Komunitas Balada Si Roy


Pemain utama terpilih IDN pictures

Saking kerennya karya yang ditulis oleh Gol A Gong ini. Sampai-sampai terbentuklah komunitas yang dikenal dengan sebutan SBSR (Sahabat Balada Si Roy).

Komunitas SBSR yang salah satu inisiatornya adalah Daniel Mahendra menyebutkan bahwa anggotanya sudah mencapai angka 1982. Jumlah amazing untuk cerita lawas yang ngetop pada tiga puluh tahun lalu ini.

Bahkan sekarang, para penggemar karya penulis yang berasal dari Banten ini semakin excited, kala IDN Pictures secara resmi pada November tahun 2019 lalu, memublikasikan judul proyek perdananya itu.

Tanpa struktur organisasi, membuat kedekatan para anggota komunitas ini semakin kuat karena tidak ada hierarki. Sehingga kemanapun anggota SBRS ini pergi dan bertemu dengan sesama anggota di berbagai kota. Mereka tetap bisa berbagi cerita.

Buat menghilangkan penasaran, meski IDN Pictures sudah secara resmi mengumumkan deretan nama pemain film Balada Si Roy melalui sebuah konferensi pers virtual Desember 2020 lalu. Aku tetap pingin intip lebih detail lagi lewat IG nya IDN Media tentang Si Roy ini.

Wuish, pemeran utama cowoknya Abidzar Al Ghifari 'bo. Film perdana buat anaknya Uje, nih. Posternya keren. Abidzar berpose dengan tas ransel ditemani seekor anjing herder. Rel kereta api sebagai latar foto, seakan menggambarkan sosoknya memang seorang backpacker traveller gitu.

Aku suka film petualangan kayak gini. Apalagi backpacker-an, jadi ada tantangannya gitu untuk sampai di tujuan. Minimnya dana untuk berpetualang menjadi sensasi tersendiri ketika harus mencari tebengan kendaraan. You know what I mean la, ya. 😋

Film Perdana IDN Pictures


Konferensi pers pengumuman pemain

Meski film perdana, IDN pictures nggak tanggung-tanggung buat memilih para tokoh untuk bermain di film yang akan syuting di sekitar Banten, Serang, dan Rangkasbitung ini. 

Seru nih, kalau filmnya bertabur bintang seperti, Feby Rastanti sebagai Ani yaitu lawan main Abidzar. Ditambah Bio One, Zulfa Maharani, Sitha Marino, Maudi Koesnaedi, dan masih banyak lagi.

Ah, yakinlah aku mah, kalau anak milenial Gen Z pasti kenal dengan nama-nama di atas. Bukan kayak aku, yang tahunya cuma Maudy Koesnaedi aja (seangkatan soalnya).

Film kisah hidup perjalanan Si Roy ini bakal disutradarai oleh Fajar Nugros sekaligus Head of IDN Pictures. Tahu kan, Fajar Nugros? Itu lho, yang menyutradarai film Cinta Brontosaurus, Yowis Ben, Moammar Emka's Jakarta Undercover, dan beberapa film layar lebar lainnya.

Nugros begitu biasa disapa, juga merupakan seorang pembaca setia juga penggemar karya Gol A Gong semenjak dia masih duduk di bangku SMA.

kutipan Nugros

Tuh, kan, kebayang deh, senangnya Mas Nugros bisa menerjemahkan bacaan kesukaan zaman unyu-unyunya ke dalam film. Serasa mimpi menjadi nyata.

Dulu cuma penggemar yang belum kesampaian bertemu dengan Gol A Gong. Sekarang malah kerja bareng dengan penulis pujaannya untuk mewujudkan tokoh utama dalam visualisasi.

Film besutan IDN Pictures ini juga diproduseri oleh Susanti Dewi. Sosok wanita yang juga partner hidup dan partner kerja Nugros. What a kompaknya suami-istri ini. Mau dibilang pasangan yang tak terpisahkan. Tapi mereka kerja bareng menghasilkan karya.

Santi begitu dia disapa, menyukai film yang bercerita tentang hubungan. Baik itu hubungan dengan orangtua, dengan pasangan, atau cerita drama dan keluarga.

Dikarenakan itulah, Santi sebagai produser dari tokoh legendaris yang akan difilmkan ini, merasa tertantang untuk dapat merealisasikan ekspektasi penggemar, agar cerita dari buku tetap dapat ‘hidup’ di dalam film.

Kutipan Santi

Gimana, gimana, penasaran kayak apa filmnya? Tenang, bukan Sahabat Desi's corner aja yang kepingin nonton film ini. Aku juga nggak sabar pingin lihat visualisasi cowok cool kayak Si Roy ini.

Kata IDN Pictures, proses persiapannya sudah ada di tahap akhir. Dan bulan ini. Iya, Januari, syutingnya bakal dimulai. Artinya film Balada Si Roy ini bakal tayang di tahun ini juga.

Mari kita doakan, semoga proses syuting berjalan lancar dan selesai dengan mulus sampai siap tayang. Semua aktris, aktor, kru film, dan jajaran yang terlibat didalamnya diberikan kesehatan. Karena aku tahu, bukanlah hal mudah syuting di tengah pandemi gini.









No comments:

Post a Comment